Inilah 5 Manfaat Buah Naga untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Indah Sari

Ngulasmerk.com – Selain bagi kesehatan tubuh, ada beragam manfaat buah naga untuk wajah. Mengonsumsi buah naga secara teratur sangat bagus untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Termasuk juga untuk kesehatan kulit wajah. Hal ini karena dalam buah naga memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Seperti antioksidan, magnesium, serta vitamin A, B, C, D dan E.

Kandungan yang kaya nutrisi tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Manfaat buah naga untuk wajah sebenarnya sudah dikenal sejak lama. Bahkan, sejak berabad-abad lalu, buah naga telah banyak digunakan sebagai bahan tradisional untuk merawat kulit wajah. Dan kini, buah naga banyak ditemukan pada krim wajah, serum dan masker wajah.

5 Manfaat Buah Naga untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Manfaat buah naga untuk wajah dan cara menggunakannya

Ada beragam manfaat buah naga untuk wajah, antara lain dapat melembabkan dan mencerahkan kulit wajah. Beragam manfaat diperoleh dari banyaknya kandungan nutrisi yang tersimpan dalam buah naga. Berikut ini ada beberapa manfaat buah naga untuk wajah yang perlu Anda ketahui.

1. Dapat Mengatasi Jerawat

Salah satu manfaat kulit wajah adalah dapat mengatasi jerawat. Buah naga mengandung antioksidan yang tinggi. Sehingga jika dikonsumsi secara rutin dapat membantu mengatasi masalah jerawat di wajah.

Selain itu, buah naga juga mengandung glikemik yang rendah. Sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Pasalnya salah satu makanan yang dapat memicu tumbulnya jerawat adalah yang memiliki kadar gula darah yang tinggi.

Baca Juga :  Ketahui Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Anda: Waktunya Tingkatkan Kualitas Hidup!

2. Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat buah naga untuk wajah selanjutnya adalah dapat mencerahkan kulit wajah. Hal ini dapat diperoleh dari kandungan vitamin C, antioksidan dan betakaroten yang tersimpan dalam buah naga. Vitamin C dan antioksidan berfungsi menghambat produksi melanin yaitu pigmen kulit yang membuat warna kulit pada bagian tertentu tampak lebih gelap.

Pada umumnya produksi melanin ini akan meningkat ketika kulit terpapar sinar matahari berlebih. Jika kadar melanin dalam tubuh sedikit, maka akan membuat warna kulit tampak lebih cerah dan putih.

3. Menjaga Kelembaban Wajah

Salah satu cara menjaga kelembaban kulit dan wajah adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang memiliki kadar air tinggi. Seperti salah satunya buah naga putih. Dengan mengonsumsi buah naga putih dapat membantu memperbaiki penampilan kulit. Serta dapat melindungi kulit dari pengaruh buruk paparan sinar UV.

4. Mengurangi Minyak Berlebih di Wajah

Manfaat buah naga untuk wajah selanjutnya adalah dapat mengurangi minyak berlebih di wajah. Minyak atau sebum di kulit wajah sebenarnya memiliki peran penting, yaitu menjaga kelembaban dan kebersihan kulit wajah. Namun, jika berlebihan akan menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat dan komedo di wajah.

Caranya sangat mudah, cukup haluskan buah naga dan campurkan dengan air mawar atau air lemon. Tambahkan dengan 1 sendok oatmeal dan campurkan seluruh bahan hingga merata. Oleskan masker tersebut ke seluruh permukaan wajah dan diamkan selama 20 hingga 30 menit. Lalu, bilas hingga bersih dan lanjutkan dengan menggunakan produk kecantikan yang Anda gunakan.

5. Menenangkan Kulit Wajah

Buah naga mengandung vitamin C yang tinggi, dengan menggunakan masker buah naga secara rutin akan memberikan banyak manfaat. Antara lain dapat memperbaiki kerusakan kulit, melembabkan dan memulihkan area kulit yang terbakar akibat paparan sinar UV atau sunburn.

Baca Juga :  Waktunya Mencoba! Mengungkap Manfaat Rebusan Daun Sambiloto untuk Kesehatan

Bukan hanya itu saja, manfaat vitamin B dalam buah naga juga ampuh mengatasi peradangan kulit. Kulit kemerahan dan rasa gatal akibat paparan sinar matahari berlebih.

Demikian tadi 5 manfaat buah naga untuk wajah dan cara menggunakannya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Bagikan:

Indah Sari

Indah Sari

Seorang penulis dan blogger yang berdedikasi pada dunia kesehatan dan gaya hidup sehat. Membagikan wawasan dan informasi yang bermanfaat untuk membantu orang lain mencapai keseimbangan dan kesejahteraan dalam hidup.