Mengenal Allantoin dan 7 Manfaatnya untuk Kulit Wajah

Indah Sari

Ngulasmerk.com Apa saja manfaat allantoin untuk wajah? Allantoin atau aluminium dihdroxy allantoinate adalah ekstra dari tanaman komprei. Tanaman ini berasal dari daerah yang memiliki iklim sedang seperti di Asia dan Eropa. Senyawa kimia ini juga ditemukan dalam banyak tanaman dan hewan. Saat ini ada banyak sekali produk kecantikan atau skincare yang menggunakan allantoin di dalamnya.

Hal ini karena ada beragam manfaat allantoin untuk wajah, antara lain dapat melembabkan kulit dan memudarkan bekas luka. Selain dari tanaman komprei, allantoin juga ditemukan pada buah bit, kamomil, kecambah gandum hingga biji tembakau. Allantoin memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan dan pelembab, sehingga sangat bagus untuk kulit wajah.

7 Manfaat Allantoin untuk wajah, Bikin Kulit Wajah Halus dan Mulus

Manfaat allantoin untuk wajah

Adanya beragam manfaat allantoin untuk wajah, membuat banyak pengusaha yang menambahkannya pada produk skincare mereka. Dengan menggunakan produk skincare yang mengandung allantoin secara teratu. Maka, muka Anda akan terlihat lebih cantik dan terbebas dari berbagai masalah kulit wajah.

Berikut ini adalah beberapa manfaat allantoin untuk wajah yang perlu Anda ketahui.

1. Sebagai Anti Inflamasi

Allantoin mengandung sifat anti inflamasi yang sangat bermanfaat untuk kulit wajah. Antara lain dapat mengatasi masalah peradangan, seperti jerawat, eksim dan rosacea. Sifat anti inflamasi ini juga dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat faktor lingkungan, seperti polusi dan sinar UV. Selain itu, kandungan antioksidan dalam allantoin juga mampu melindungi kulit dari radikal bebas.

Baca Juga :  Manfaat Rebusan Daun Mangga: Rahasia Sehat yang Perlu Anda Ketahui Sekarang

2. Melembabkan Kulit

Manfaat allantoin untuk wajah selanjutnya adalah dapat melembabkan kulit wajah. Hal ini karena allantoin mampu bertindak sebagai emolien yang dapat membuat kulit terjaga kelembabannya. Selain itu, juga mampu mencegah kekeringan serta iritasi di wajah.

3. Mengeksfoilasi Kulit Wajah

Manfaat allantoin untuk wajah selanjutnya mengeksfoliasi kulit atau mengelupas sel-sel kulit kering dan kulit mati di wajah. Hal ini dapat terjadi karena allantoin memiliki sifat keratolitik. Sehingga, skincare yang mengandung bahan ini sangat baik untuk membantu mencerahkan kulit wajah yang kering dan kusam. Selain itu, eksfoliasi ini juga bersifat lembut dan tidak kasar di wajah.

4. Menghilangkan Keriput

Pada usia 30 tahun ke atas, kulit kita akan mulai kehilangan kolagen, sehingga menyebabkan kulit menjadi kering dan mulai kurang elastis. Hingga akhirnya akan timbul kerutan dan garis-garis halus di wajah. Dengan menggunakan produk skincare yang berbahan dasar allantoin dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah ini.

5. Mampu Mengatasi Jerawat

Manfaat allantoin untuk wajah

Kulit kering akan menghasilkan lebih banyak sebum atau minyak berlebih pada wajah, yang dapat menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan jerawat. Maka, bagi yang memiliki kulit wajah yang rentan berjerawat. Gunakan produk skincare yang berbahan dasar allantoin secara teratur, agar kulit wajah Anda senantiasa lembab.

6. Memudarkan Bekas Luka

Selanjutnya manfaat allantoin untuk wajah adalah dapat memudarkan atau menyamarkan bekas luka. Maka, jika Anda yang tengah mengalami peradangan yang menyebabkan luka. Anda dapat menggunakan gel penghilang bekas luka yang berbahan dasar allantoin. Namun, meskipun begitu ada beberapa bekas luka yang memerlukan suntikan steroid untuk menghilangkannya.

7. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Agar luka cepat sembuh, Anda dapat menggunakan allantoin untuk mempercepat penyembuhannya. Gunakan salep yang menggunakan bahan dasar allantoin agar luka cepat sembuh dan Anda dapat beraktivitas dengan lebih nyaman lagi.

Baca Juga :  Coba Sekarang! Inilah 8 Manfaat Air Dingin untuk Kecantikan Wajah

Demikian tadi 7 manfaat allantoin untuk wajah agar kulit wajah mulus, sehat dan bebas jerawat. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Bagikan:

[addtoany]

Indah Sari

Indah Sari

Seorang penulis dan blogger yang berdedikasi pada dunia kesehatan dan gaya hidup sehat. Membagikan wawasan dan informasi yang bermanfaat untuk membantu orang lain mencapai keseimbangan dan kesejahteraan dalam hidup.