Inilah 7 Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan, Bikin Tulang Kuat dan Sehat

Indah Sari

Ngulasmerk.com – Selain nikmat dibuat jus, ternyata ada banyak manfaat buah melon untuk kesehatan. Buah melon merupakan jenis buah yang berasal dari keluarga labu-labuan. Dengan ciri khasnya berbentuk bulat dengan kulit berwarna hijau kekuningan dan dagingnya yang berwarna hijau terang.

Buah ini memiliki kandungan gizi yang beragam yang sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian dalam tubuh. Dengan mengonsumsi sepotong melon dengan berat 100 gram. Tubuh Anda akan mendapatkan kandungan gizi yang mencakup energi, protein, lemak, karbohidrat, serat dan thiamin. Vitamin C, kalsium, besi, fosfor, kalium, natrium dan zinc.

7 Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

Manfaat buah melon untuk kesehatan

Dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, tentunya ada beragam manfaat buah melon untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan jika mengonsumsi buah melon secara teratur.

1. Dapat Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Manfaat buah melon untuk kesehatan yang pertama adalah dapat memperkuat sistem imun tubuh. Hal ini dapat Anda rasakan dari kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah melon. Bukan hanya dapat mencegah flu, vitamin C juga membantu dalam mempercepat perpindahan sel-sel imun ke area infeksi. Dan dapat merangsang sel untuk melawan bakteri.

Maka, konsumsi buah melon secara teratur agar tubuh Anda mendapat perlindungan ekstra untuk melawan berbagai infeksi yang masuk dalam tubuh.

2. Mencegah Dehidrasi

Buah melon mengandung 90% air dan dari dua potong buah melon seberat 100 gram setara dengan setengah gelas air. Kandungan air yang tinggi dan juga berbagai mineral yang terkandung dalam buah ini. Mampu membantu mengembalikan elektrolit dalam tubuh, sehingga dapat menjadi camilan pilihan harian keluarga Anda yang menyehatkan.

Baca Juga :  Sayang untuk Dilewatkan, Kenali 8 Manfaat Daun Saga untuk Kesehatan Lambung Anda

3. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat buah lemon untuk kesehatan yang selanjutnya adalah dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini dapat terjadi karena kandungan Natrium dan Kalium dalam buah melon yang bekerja sama menurunkan tekanan darah. Natrium berfungsi menambah volume darah, sedangkan Kalium membantu menyeimbangkan volume darah bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Bukan hanya buahnya saja, kulit buah melon juga mengandung manfaat untuk kesehatan. Yaitu dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Kandungan antioksidan dan prebiotik dalam buah melon menjadi teman terbaik untuk saluran pencernaan Anda.

5. Menurunkan Risiko Peradangan

Selain memanjakan lidah Anda, ada beragam manfaat buah melon untuk kesehatan. Kandungan vitamin C dalam buah melon dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu memerangi peradangan. Anda dapat menjadikan buah melon ini sebagai obat anti radang alami saat Anda mengalami peradangan.

6. Manfaat Buah Melon untuk Ibu Hamil

Manfaat buah melon untuk ibu hamil

Selanjutnya adalah manfaat buah melon untuk kesehatan ibu hamil. Buah melon sangat cocok dikonsumsi ibu hamil sebagai camilan sehat setiap harinya. Kandungan kalium dalam buah amelon sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah ini juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu hamil.

7. Menyehatkan Tulang

Buah melon mengandung folat, vitamin K dan magnesium yang sangat baik untuk memelihara dan menyehatkan tulang. Folat memiliki peranan penting dalam mengatur homosistein, yang dapat mempengaruhi kepadatan mineral tulang dari waktu ke waktu.

Demikian tadi 7 manfaat buah melon untuk kesehatan. Dengan mengonsumsi buah melon secara teratur, sebagai camilan buah yang sehat dapat membantu memelihara kesehatan Anda dengan baik.

Baca Juga :  6 Manfaat Air Beras untuk Wajah, Bikin Glowing dan Awet Muda

Artikel Terkait

Bagikan:

[addtoany]

Indah Sari

Indah Sari

Seorang penulis dan blogger yang berdedikasi pada dunia kesehatan dan gaya hidup sehat. Membagikan wawasan dan informasi yang bermanfaat untuk membantu orang lain mencapai keseimbangan dan kesejahteraan dalam hidup.