Inilah 3 Manfaat Vitamin C untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Indah Sari

Ngulasmerk.com – Apa saja manfaat vitamin C untuk wajah? Vitamin C merupakan senyawa yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Bukan itu saja, keberadaan vitamin C saat ini juga banyak digunakan untuk wajah. Terutama untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Salah satunya dapat mencerahkan wajah dan memudarkan noda hitam di wajah. Hingga tak heran, jika saat ini banyak produk skincare mulai dari pembersih wajah hingga krim wajah yang banyak mengandung vitamin C. Lantas, apa saja manfaat vitamin C untuk wajah? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Manfaat Vitamin C untuk Wajah

Manfaat vitamin C untuk wajah

Konsistensi merupakan salah satu kunci untuk berhasil mendapatkan manfaat vitamin C untuk wajah. Dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin C. Dan juga menggunakan produk skincare yang mengandung vitamin C secara rutin, konsisten dan teratur. Maka, tidak membutuhkan waktu yang lama bagi Anda untuk bisa merasakan manfaatnya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat vitamin C untuk wajah yang perlu Anda ketahui.

1. Dapat Memudarkan Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi kerap terjadi di wajah dan sangat mengganggu penampilan wajah. Kondisi ini terjadi akibat produksi melanin yang terlalu berlebihan di kulit wajah. Mengaplikasikan serum yang mengandung vitamin C tinggi pada wajah dapat menghambat sintesis melanin.

Dengan menurunkan regulasi aktivitas enzim bernama tirosinase. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengurangi pigmentasi bintik dan hiperpigmentasi di kulit wajah.

2. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Manfaat vitamin C untuk wajah selanjutnya adalah dapat melindungi wajah dari paparan sinar UV. Oleh karena itu, banyak produk sunblock atau sunscreen yang mengandung vitamin C tinggi. Kandungan antioksidan dalam vitamin C mampu menangkal radikal bebas yang dapat merusak lapisan kulit wajah.

Baca Juga :  Bongkar Rahasia Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Maka, dengan mengonsumsi vitamin C baik dalam bentuk suplemen maupun dari berbagai makanan dan minuman. Serta dibarengi dengan menggunakan tabir surya yang mengandung vitamin C. Akan memberikan perlindungan ganda pada wajah dan dapat mencegah terjadinya kanker kulit.

3. Membantu Pembentukan Kolagen

Manfaat vitamin C untuk wajah berikutnya adalah dapat mengoptimalkan pembentukan kolagen alami pada kulit. Dengan rutin menggunakan produk kecantikan yang mengandung vitamin C, maka akan menjaga elastisitas kulit. Dan mencegah tanda-tanda penuaan dini di wajah seperti garis halus, keriput dan flek hitam.

Cara Menggunakan Vitamin C untuk Wajah

Manfaat vitamin C untuk wajah

Setelah mengetahui berbagai manfaat vitamin C untuk wajah, maka berikut ini adalah cara menggunakan vitamin C yang benar.

  • Bersihkan wajah dengan menggunakan sabun pencuci wajah sesuai tipe kulit Anda.
  • Keringkan wajah dengan kain atau handuk yang bersih.
  • Gunakan toner untuk membersihkan pori-pori dan melembabkan kulit wajah, agar serum dapat meresap sempurna.
  • Tuangkan serum vitamin vitamin C pada ujung jari, dan usapkan secara merata ke seluruh permukaan wajah.
  • Tepuk-tepuk wajah perlahan agar serum dapat terserap sempurna.
  • Selanjutnya, oleskan tabir surya yang mengandung SPF minimal 30++ dan pelembab pada siang hari. Sedangkan pada malam hari, gunakan krim malam.
  • Pakai secara rutin dan teratur untuk hasil yang maksimal.

Selain menggunakan serum, Anda juga dapat menggunakan produk vitamin C yang berbentuk bahan aktif seperti L-Ascorbic Acid. Senyawa ini dipercaya dapat memberikan hasil yang optimal pada kulit. Selain itu, hindari menggunakan produk kecantikan yang mengandung alkohol untuk mencegah terjadinya iritasi kulit.

Demikian tadi manfaat vitamin C untuk wajah dan cara menggunakannya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Bagikan:

Indah Sari

Indah Sari

Seorang penulis dan blogger yang berdedikasi pada dunia kesehatan dan gaya hidup sehat. Membagikan wawasan dan informasi yang bermanfaat untuk membantu orang lain mencapai keseimbangan dan kesejahteraan dalam hidup.