6 Cara Mengobati Jerawat Batu Paling Ampuh, Muka Kembali Mulus dan Kinclong!

Indah Sari

Ngulasmerk.com – Bagaimana cara mengobati jerawat batu yang efektif? Muka berjerawat memang dapat merusak penampilan. Selain terasa gatal dan sakit, muka yang penuh jerawat juga dapat menurunkan rasa percaya diri. Ada beberapa jenis jerawat yang bisa tumbuh di muka, salah satunya adalah jerawat batu atau jerawat kistik.

Jenis jerawat ini memiliki ciri-ciri berupa benjolan berukuran besar yang berisi nanah dan meradang. Terasa sakit ketika Anda menyentuhnya dan akan mengeluarkan nanah saat matang atau pecah. Bukan hanya di muka saja, jerawat ini juga terkadang muncul di area tubuh yang lain. Seperti punggung, dada, bahkan di belakang telinga.

6 Cara Mengobati Jerawat Batu Paling Ampuh dan Efektif

Cara mengobati jerawat batu

Ada beberapa cara mengobati jerawat batu, baik secara alami maupun secara medis. Biasanya, jerawat akan sering muncul pada tipe wajah yang berminyak. Hal ini karena minyak berlebih pada wajah dapat menyumbat pori-pori kulit. Selain itu, kondisi wajah yang kotor dan banyaknya sel kulit mati di wajah juga dapat membuat wajah berjerawat.

Salah satu cara mengobati jerawat batu adalah dengan menjaga kebersihan kulit. Rajin-rajinlah membersihkan wajah pada pagi dan malam hari menjelang tidur. Agar minyak dan kotoran tidak menumpuk di wajah dan menyumbat pori-pori wajah. Selain itu, berikut ini adalah beberapa cara mengobati jerawat batu yang bisa Anda lakukan di rumah baik secara alami maupun medis.

Baca Juga :  Sesak Napas Tiba-Tiba? Jangan Panik, Ini 5 Cara Mengatasinya!

1. Menggunakan Minyak Daun Teh atau Tea Tree Oil

Cara mengobati jerawat batu yang pertama adalah dengan memakai minyak daun teh. Minyak ini mengandung terpinene yang memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi. Kandungan ini cukup ampuh mengempiskan jerawat, mencegah munculnya bakteri baru dan mengatasi inflamasi.

2. Menggunakan Pembersih Non-sabun

Cara mengobati jerawat batu

Selain minyak daun teh, Anda juga dapat mengempiskan dan mengobati jerawat batu dengan menggunakan pembersih muka yang tidak mengandung sabun. Pembersih non-sabun ini jauh lebih aman jika dibandingkan dengan pembersih wajah tradisional. Selain memiliki efek samping yang lebih rendah, juga dapat mencegah iritasi dan hal-hal lain yang dapat memperparah jerawat.

3. Menggunakan Kompres Air Hangat dan Kompres Dingin

Cara mengobati jerawat batu yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kompres air hangat dan dingin. Kompres hangat dapat membantu melunakkan benjolan jerawat. Sehingga nanah di jerawat dapat cepat keluar dan jerawat dapat cepat kempis.

Sedangkan kompres dingin atau kompres es dapat mengurangi rasa nyeri dan peradangan. Lakukan kompres hangat pada malam hari dan kompres dingin pada siang hari.

4. Krim Khusus untuk Jerawat

Jika jerawat batu Anda membandel dan dalam jumlah yang banyak, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter akan memberikan krim khusus jerawat batu. Gunakan krim ini sesuai anjuran agar jerawat batu Anda cepat sembuh.

5. Gunakan Antibiotik

Selain itu, untuk mengatasi infeksi jerawat dan peardangan biasanya dokter juga akan memberikan antibiotik. Baca aturan pakai dan dosis sesuai sarana dokter, agar obat bisa bekerja maksimal. Dan tidak menimbulkan efek samping yang serius.

6. Pakai Isotretinoin

Cara mengobati jerawat batu

Obat ini memiliki bentuk gel dan pil dengan dosis penggunaan satu hingga dua kali dalam satu hari sesuai resep dokter. Isotretinoin adalah obat dalam golongan retinoid yang terbuat dari sintetis vitamin A. Obat ini cukup efektif untuk mengempiskan dan mengatasi peradangan pada jerawat yang parah. Namun, obat ini tidak cocok bagi ibu hamil karena dapat mengakibatkan bayi cacat lahir.

Baca Juga :  Nyeri karena Cantengan? Jangan Panik, Inilah 5 Cara Mengobati Cantengan Paling Ampuh!

Demikian tadi 6 cara mengobati jerawat batu yang ampuh dan efektif. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Bagikan:

Indah Sari

Indah Sari

Seorang penulis dan blogger yang berdedikasi pada dunia kesehatan dan gaya hidup sehat. Membagikan wawasan dan informasi yang bermanfaat untuk membantu orang lain mencapai keseimbangan dan kesejahteraan dalam hidup.