Bulan Ramadan, Inilah 5 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

Indah Sari

Ngulasmerk.com – Selain sebagai ibadah, ternyata ada beberapa manfaat puasa bagi kesehatan. Pada bulan Ramadan, semua umat muslim menjalankan ibadah puasa. Bahkan di luar bulan ini, bahkan non muslim juga terkadang perlu menjalankan puasa dengan beberapa alasan. Seperti salah satunya untuk kepentingan medis, seperti ketika hendak melakukan operasi.

Meskipun tidak makan dan minum selama berjam-jam, namun puasa ternyata memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Dia antaranya adalah dapat menurunkan berat badan, sehingga Anda tidak perlu bersusah payah melakukan diet lagi. Selain itu, juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini tentunya sangat bermanfaat, terutama bagi penderita diabetes.

5 Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Manfaat puasa bagi kesehatan

Jika dilakukan dengan benar, ternyata ada banyak manfaat puasa bagi kesehatan. Bahkan, bukan hanya secara fisik namun juga dapat menjaga kesehatan mental juga. Berikut ini adalah beberapa manfaat puasa bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Dapat Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang menginginkan badan ideal, Anda tidak perlu menyiksa diri Anda dengan melakukan diet. Anda dapat menurunkan berat badan Anda dengan cara berpuasa. Puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga pembakaran kalori dan lemak akan meningkat.

Hal ini akan memicu penurunan berat badan dan dapat mengurangi risiko obesitas. Begitu juga dengan konsep puasa Ramadan yang kurang lebih memiliki kesamaan dengan intermittent fasting. Langkah ini terbukti dapat menurunkan berat badan, bahkan menghindari penuaan.

Baca Juga : 5 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Cepat

Baca Juga :  Ingin Hidup Lebih Sehat? Simak 7 Manfaat Daun Melinjo yang Wajib Anda Tahu

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat puasa bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Selama ini ada beberapa orang yang keliru beranggapan jika puasa dapat menurunkan metabolisme tubuh. Padahal sebaliknya, puasa sebenarnya dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Karena tubuh masih tetap mendapatkan asupan makanan dari sahur dan berbuka puasa.

Dengan berpuasa sepanjang hari, akan membuat metabolisme lebih efisien, karena ada pelepasan hormon adiponektin. Hormon ini membantu setiap sel organ dan otot tubuh menyerap lebih banyak nutrisi. Semakin banyak nutrisi yang diserap, maka semakin banyak juga tubuh menjalankan berbagai fungsinya.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat puasa bagi kesehatan

Bagi orang yang menjalankan puasa selama sebulan penuh hanya memiliki sedikit risiko terkena penyakit jantung, kolesterol dan diabetes. Jika dibandingkan dengan orang yang tidak berpuasa yang memiliki risiko lebih besar. Hal ini karena orang yang berpuasa dapat mengatur pola makannya dengan sehat.

Selain itu, jika Anda minum teh saat sahur dan berbuka puasa ternyata juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Teh mengandung jenis antioksidan falvonoid yang dapat membantu mencegah naiknya kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, juga dapat melancarkan peredaran darah serta dapat menurunkan risiko diabetes.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat puasa bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat meningkatkan fungsi otak. Puasa ternyata dapat mendorong produksi protein yang mendukung pembentukan dan perkembangan saraf. Protein tersebut dapat mendorong sel punca (induk) di otak untuk mengeluarkan sel-sel baru.

Sehingga, akan timbul berbagai reaksi kimia yang menimbulkan dampak positif pada sistem kerja otak. Manfaat protein lainnya juga dapat membantu melindungi sel otak dari kelainan, seperti Alzheimer.

Baca Juga : 5 Manfaat Timun Sari untuk Kesehatan

Baca Juga :  Ketahui Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Anda: Waktunya Tingkatkan Kualitas Hidup!

5. Mengendalikan Nafsu Makan

Salah satu manfaat puasa adalah untuk mengendalikan nafsu makan berlebih. Terutama pada penderita diabetes yang cenderung kesulitan mengontrol nafsu makan. Dengan rutin berpuasa, tubuh akan secara otomatis mengatur kembali produksi hormon pemicu rasa lapar. Dan hanya melepaskannya saat tubuh benar-benar membutuhkan asupan makanan.

Demikian tadi 5 manfaat puasa bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Bagikan:

Indah Sari

Indah Sari

Seorang penulis dan blogger yang berdedikasi pada dunia kesehatan dan gaya hidup sehat. Membagikan wawasan dan informasi yang bermanfaat untuk membantu orang lain mencapai keseimbangan dan kesejahteraan dalam hidup.