Jangan Dibuang! Inilah 4 Manfaat dan Cara Mengolah Kulit Manggis untuk Kecantikan

Indah Sari

Ngulasmerk.com – Bagaimana cara mengolah kulit manggis untuk kecantikan? Buah manggis merupakan salah satu buah yang cukup populer di Indonesia. Rasanya yang asam manis memang sangat menyegarkan. Buah ini kaya akan vitamin yang sangat bagus untuk tubuh kita. Namun, tahukah Anda jika kulit manggis juga mempunyai banyak manfaat?

Bukan hanya untuk kesehatan saja, namun juga untuk kecantikan wajah kita. Ekstrak kulit manggis mengandung antioksidan yang tinggi, hipoalergenik, anti-inflamasi, anti-bakteri, mangostin, fenolat, flavonoid dan tanin yang bisa bermanfaat sebagai masker untuk merawat kesehatan kulit.

Cara Mengolah Kulit Manggis untuk Kecantikan

cara mengolah kulit manggis untuk kecantikan

Bagi Anda yang menyukai buah manggis, jangan sekali-kali Anda membuang kulitnya. Anda dapat mengolah kulit manggis ini menjadi masker wajah yang sangat bagus untuk kecantikan wajah. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Pertama, kupas buah manggis lalu pisahkan isi buah dan kulitnya.
  • Selanjutnya, haluskan kulit manggis hingga benar-benar hancur dengan blender.
  • Jika sudah halus, ambil letakkan di atas wadah, baik mangkuk atau piring.
  • Selanjutnya, ambil masker kulit manggis tadi dengan tangan atau juga dapat menggunakan kuas masker.
  • Aplikasikan ke seluruh permukaan wajah secara merata.
  • Tunggu dan diamkan sekitar 15 hingga 20 menit sampai masker benar-benar kering.
  • Lalu, bilas wajah dengan menggunakan air bersih.
  • Lakukan secara teratur setiap malam 3 hingga 4 kali dalam seminggu sebelum tidur.

Baca Juga :Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Cepat dalam 1 Hari

4 Khasiat dan Manfaat Kulit Manggis untuk Kecantikan Wajah

cara mengolah kulit manggis

Setelah mengetahui cara mengolah kulit manggis untuk kecantikan wajah. Maka, Anda perlu mengetahui berbagai manfaat kulit manggis untuk kecantikan kulit wajah. Antara lain sebagai berikut.

Baca Juga :  Mengungkap 8 Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan Anda

1. Mencerahkan Wajah

Manfaat dari masker kulit manggis yang pertama adalah dapat mencerahkan wajah. Manggis memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi dan mengandung RDA sekitar 12% per 100 gram. Kedua kandungan ini sangat membantu untuk mencerahkan kulit wajah.

2. Mengatasi Jerawat

Bagi Anda yang mempunyai masalah jerawat di wajah, Anda dapat mencoba memakai masker kulit manggis. Ekstrak kulit manggis mengandung anti mikroba yang dapat mengatasi bakteri-bakteri pemicu jerawat di wajah. Menurut penelitian mengoleskan ekstrak kulit manggis secara rutin selama 12 minggu.

Dapat mengurangi jerawat sebanyak 67%, mengatasi iritasi kulit dan juga dapat membantu menyembuhkan bekas luka.

3. Mencegah Penuaan Dini

Cara mengolah kulit manggis sebagai masker juga dapat membuat Anda awet muda. Jumlah radikal bebas yang berlebihan dapat menghambat produksi kolagen. Kekurangan kolagen dapat membuat kulit wajah Anda lebih cepat keriput dan muncul garis halus.

Dengan memakai masker ekstrak kulit manggis secara teratur dapat mencegah penuaan dini. Hal ini karena ekstrak kulit manggis mengandung antioksidan yang tinggi yang bermanfaat melawan radikal bebas. Selain mencegah penuaan dini, kandungan antioksidan dalam kulit manggis juga dapat melembabkan wajah. Dan membuat kulit wajah menjadi kenyal.

Baca Juga :8 Manfaat Buah Ceplukan untuk Kesehatan

4. Membantu Mencegah Alergi Kulit

Cara mengolah kulit manggis menjadi masker juga dapat mencegah alergi kulit. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, dapat memanfaatkan kulit manggis untuk mengurangi reaksi alergi yang dihasilkan. Biasanya, alergi yang muncul merupakan bentuk pertahanan kekebalan tubuh terhadap zat asing yang menempel di permukaan kulit.

Demikian tadi 4 manfaat dan cara mengolah kulit manggis menjadi masker wajah. Dengan menggunakan masker ekstrak kulit manggis secara teratur dibarengi dengan menjaga pola makan yang sehat. Dan minum air putih minimal 2 liter per hari, maka kulit wajah Anda akan bersih dari jerawat, cerah dan awet muda.

Baca Juga :  Ketahui Manfaat Daun Talas untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Begini Cara Mengonsumsinya

Artikel Terkait

Bagikan:

Indah Sari

Indah Sari

Seorang penulis dan blogger yang berdedikasi pada dunia kesehatan dan gaya hidup sehat. Membagikan wawasan dan informasi yang bermanfaat untuk membantu orang lain mencapai keseimbangan dan kesejahteraan dalam hidup.