5 Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan, Buah Favorit untuk Buka Puasa

Indah Sari

Ngulasmerk.com – Ternyata ada banyak manfaat timun suri, buah favorit untuk buka puasa. Berbuka puasa dengan buah memang sangat menyegarkan. Termasuk salah satunya dengan buah timun suri. Setiap menjelang dan selama bulan Ramadan, Anda akan dapat menemukan buah ini dengan mudah. Ada banyak minuman seperti es buah dan es teler yang menggunakan buah ini.

Selain rasanya yang segar, timun suri juga mengandung banyak serat dan air. Sehingga, sangat bagus untuk menyegarkan tubuh. Menjaga kelembaban tubuh dan juga mencegah sembelit. Timun suri juga dikenal dengan sebutan buah betik, bonteng sari atau barteh. Buah ini pada umumnya dijual secara musiman yaitu saat bulan puasa sebagai komponen minuman penyegar untuk berbuka puasa.

5 Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan

Manfaat timun suri untuk kesehatan

Lalu, apa saja manfaat timun suri untuk kesehatan? Buah timun suri mengandung banyak air dengan daging buah yang lembut. Dalam buah timun suri mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, kalium, kalsium, zat besi, serat, vitamin C, Fosfor dan Magnesium. Berbagai kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, antara lain berikut ini.

1. Mencukupi Kebutuhan Cairan dalam Tubuh

Manfaat timun suri yang pertama adalah dapat mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Timun suri mengandung banyak air, sehingga sangat cocok Anda gunakan sebagai bahan minuman penyegar untuk berbuka puasa.

Daging buahnya yang lembut dan rasanya yang hambar seperti alpukat sangat cocok jika ditambahkan susu dan sirup. Selama puasa, Anda tidak minum dari subuh hingga maghrib yang membuat Anda kehilangan banyak cairan. Maka, untuk memenuhi kebutuhan cairan ini, buah timun suri adalah solusinya.

Baca Juga :  Jangan Buang Biji Semangka! Ini Dia Manfaat Biji Semangka Untuk Kesehatan

Baca Juga :

8Manfaat dan Khasiat Buah Kurma untuk Kesehatan

2. Melegakan Tenggorokan

Kandungan air dalam timun suri yang melimpah juga sangat bagus untuk melegakan tenggorokan. Setelah satu hari menahan haus, dengan mengonsumsi timun suri bukan perut saja yang terasa puas. Namun, tenggorokan juga akan terasa segar dan sejuk.

3. Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Manfaat timun suri yang selanjutnya adalah dapat mencegah sekaligus mengatasi sembelit. Kandungan serta dalam timun suri sangat bagus untuk sistem pencernaan. Jadi, jika Anda sedang mengalami sembelit atau susah buang air besar. Solusinya adalah dengan minum banyak air putih dan juga makan makanan yang mengandung banyak serat, seperti timun suri.

4. Menurunkan Risiko Berbagai Macam Penyakit

Manfaat timun suri

Timun suri mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang sangat bagus untuk menjaga imunitas tubuh. Kandungan antioksidan dalam timun suri juga sangat bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Paparan radikal bebas dapat menimbulkan peradangan bagi tubuh yang dapat memicu berbagai macam penyakit.

Antara lain flu atau pilek, kanker usus, penyakit jantung dan juga gangguan pada mata. Dengan mengonsumsi timun suri secara teratur, maka tubuh Anda akan tetap fit dan kebal dari berbagai macam penyakit.

Baca Juga :

Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan dan Kecantikan

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Banyak orang yang beranggapan tulang yang sehat dan kuat hanya dapat diperoleh dari susu. Padahal, memenuhi asupan vitamin D saja tidak cukup. Tubuh juga memerlukan mineral lain seperti kalsium, fosfor dan zat besi untuk membuat tulang tetap sehat dan kuat. Maka, selain mengonsumsi susu secara teratur, Anda juga dapat mengonsumsi timun suri.

Karena dalam buah timun suri mengandung berbagai mineral seperti kalium, kalsium, fosfor dan juga zat besi yang sangat bagus untuk tulang.

Baca Juga :  Tak Sekadar Lezat, Inilah 9 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan yang Harus Anda Tahu

Demikian tadi 5 manfaat timun suri untuk kesehatan. Yuk konsumsi timun suri secara teartur selama bulan Ramadan ini, agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga. Sehingga, kita dapat berpuasa selama sebulan penuh.

Artikel Terkait

Bagikan:

Indah Sari

Indah Sari

Seorang penulis dan blogger yang berdedikasi pada dunia kesehatan dan gaya hidup sehat. Membagikan wawasan dan informasi yang bermanfaat untuk membantu orang lain mencapai keseimbangan dan kesejahteraan dalam hidup.