8 Manfaat dan Khasiat Buah Kurma untuk Kesehatan, Bikin Otot dan Tulang Kuat

Indah Sari

Ngulasmerk.com – Ada banyak manfaat buah kurma bagi kesehatan, antara lain dapat mencegah dan mengatasi berbagai macam penyakit. Antara lain dapat mengatasi gangguan pencernaan, konstipasi, diare, masalah jantung, disfungsi seksual, anemia. Bahkan dapat mencegah kanker. Dalam buah kurma mengandung berbagai macam vitamin, mineral, serat, zat besi, kalsium, sulfur, fosfor, pottasium.

Selain itu juga mengandung mangan, tembaga, dan magnesium yang sangat bermanfaat kesehatan. Rasanya yang manis dan khas, membuat banyak orang menyukai buah ini. Dan saat bulan puasa, buah kurma banyak diburu orang sebagai menu berbuka puasa yang wajib ada. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk mencukupi vitamin dan nutrisi setelah seharian berpuasa.

8 Manfaat Buah Kurma untuk Pengobatan

Manfaat buah kurma

Manfaat buah kurma untuk kesehatan adalah sebagai bahan baku terbaik untuk perkembangan otot. Selain menikmati buah kurma secara langsung, Anda juga dapat mencampurkan buah ini ke dalam minuman susu, yogurt. Atau juga dapat sebagai pelengkap campuran kue dan mentega agar rasanya lebih nikmat. Adonan kurma ini sangat bermanfaat bagi anak-anak maupun orang dewasa.

Khususnya pada masa pemulihan saat sakit atau cedera. Berbuka puasa dengan kurma dapat menghindari makan berlebihan. Hal ini karena buah kurma mengandung pottasium yang tinggi yang dapat menghilangkan rasa lapar. Berikut ini beberapa manfaat buah kurma bagi kesehatan yang wajib Anda ketahui.

Baca Juga :  Inilah 5 Manfaat Buah Plum Merah untuk Kecantikan, Bikin Awet Muda!

1. Menjaga Kesehatan Kulit dan Mata

Salah satu manfaat buah kurma adalah dapat menjaga kesehatan kulit dan mata. Buah kurma mengandung vitamin A yang sangat bagus untuk mata. Dan zat asam pantotenat yang dapat membuat kulit menjadi halus dan elastis.

2. Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot

Buah kurma mengandung mineral yang tinggi, selenium, mangan, tembaga dan magnesium. Semua kandungan tersebut merupakan komponen penting untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Serta dapat melawan penyakit osteoporosis.

Baca Juga : Yuk Kenali Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

3. Mencegah Anemia

Kandungan mineral dan zat besi yang tinggi dalam buah kurma dapat menyeimbangkan zat besi pada penderita anemia. Dapat meningkatkan energi dan tenaga dan dapat mengurangi rasa lelah dan lesu.

4. Manfaat Buah Kurma untuk Lambung

Manfaat buah kurma

Buah kurma mengandung serat yang tinggi, jadi bagi Anda yang mengalami gejala konstipasi atau susah buang air besar. Manfaat buah kurma untuk lambung adalah dapat memelihara muklosa lambung ketika sedang berpuasa. Sifat Anti radang dalam buah ini juga dapat menjaga lambung tetap sehat selama berpuasa.

5. Meningkatkan Berat Badan

Kurma mengandung gula, protein dan vitamin dan kalori yang berguna untuk meningkatkan berat badan. Caranya adalah dengan mengonsumsi buah kurma dengan mentimun, tentunya dibarengi dengan makanan yang mencukupi kebutuhan gizi seimbang lainnya.

6. Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Meskipun mengandung gula, kurma aman dikonsumsi penderita diabetes. Buah kurma mengandung indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak menyebabkan kadar gula melonjak. Bahkan kandungan antioksidan di dalamnya dapat membantu mengontrol kadar gula darah normal dan mencegah resistensi insulin.

Baca Juga : 8 Manfaat Buah Ceplukan Untuk Kesehatan

Baca Juga :  Ternyata Tidak Banyak Orang Tahu, Inilah Manfaat Daun Pepaya bagi Kesehatan Lambung Anda

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah kurma mengandung magnesium dan kalium yang berguna menjaga tekanan darah normal dalam tubuh. Kandungan serat dalam kurma juga mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang dapat memicu penyakit jantung.

8. Manfaat Kurma untuk Wanita

Manfaat kurma untuk ibu hamil adalah dapat memenuhi kebutuhan nutrisi janin dalam kandungan. Sehingga, dapat menurunkan berbagai risiko kesehatan ibu hamil seperti kelahiran bayi prematur atau bayi dengan berat badan rendah.

Demikian tadi 8 manfaat buah kurma untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Dengan mengonsumsi 3 biji buah kurma setiap hari dapat mencegah berbagai macam penyakit berbahaya dalam tubuh. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Bagikan:

Indah Sari

Indah Sari

Seorang penulis dan blogger yang berdedikasi pada dunia kesehatan dan gaya hidup sehat. Membagikan wawasan dan informasi yang bermanfaat untuk membantu orang lain mencapai keseimbangan dan kesejahteraan dalam hidup.