8 Manfaat Buah Ceplukan untuk Kesehatan, dapat Mengatasi Asma!

Indah Sari

Ngulasmerk.com – Apa saja manfaat buah ceplukan untuk kesehatan? Buah ceplukan atau banyak yang mengenalnya dengan buah ciplukan merupakan salah satu buah yang cukup populer di Indonesia. Buah ini memiliki bentuk yang kecil menggelembung terbungkus kelopak. Dan berwarna kuning jika sudah matang, memiliki rasa asam manis yang khas yang banyak disukai orang.

Tanaman ini biasanya tumbuh subur di area sawah, kebun atau perkampungan. Buah ini memilki bentuk yang mini dengan diameter sekitar 1,25 hingga 2 cm saja. Menariknya, bukan hanya buahnya saja, namun daun ceplukan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

8 Manfaat Buah Ceplukan untuk Kesehatan

Manfaat buah ceplukan

Ada banyak manfaat buah ceplukan untuk kesehatan, salah satunya dapat mengatasi asma. Buah ceplukan mengandung beberapa senyawa dan vitamin yang sangat mujarab sebagai obat herbal. Antara lain ada polifenol, fisalin, asam sitrat, saponin, flavonoid, asam malat, tanin, alkaloid, cryptoxanthin dan vitamin C.

Berbagai kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah ceplukan untuk mengatasi berbagai penyakit yang harus Anda ketahui.

1. Dapat Mengatasi Asma

Salah satu manfaat buah ceplukan adalah dapat mengobati asma. Cara membuat obat asma dari buah ceplukan juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengambil daun dan batang dari buah ceplukan dan merebusnya. Selanjutnya, Anda minum air rebusan tersebut. Dan untuk sebagai obat luar, silakan Anda ambil daun ceplukan dan campur dengan kapur sirih.

Baca Juga :  Kendalikan Asam Lambung Anda dengan Manfaat Daun Kumis Kucing

Hancurkan dengan menggunakan tangan hingga keluar air dan berbuih berwarna hijau keputihan. Lalu, oleskan pada bagian perut, dada dan punggung.

2. Dapat Mengatasi Penyebaran Kanker

Buah ceplukan mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat menetralkan tubuh dari radikal bebas. Selain itu, juga mengandung senyawa karetonoid dan polifenol yang memiliki kemampuan mencegah penyebaran berbagai jenis kanker. Bahkan, di beberapa negara buah ini dijadikan sebagai makanan anti kanker dan sebagai dukungan menjaga kekuatan sistem kekebalan tubuh.

3. Dapat Mengatasi Peradangan

Kandungan anti inflamasi dan analgesik pada daun ceplukan ternyata sangat ampuh mengatasi berbagai peradangan. Seperti wasir, radang sendi dan asam urat, bahkan bisa mempercepat penyembuhannya. Selain itu, daun ceplukan juga mampu mengatasi penyakit jantung koroner.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah

Buah ceplukan kaya akan asam oleat dan linoleat yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi buah ceplukan secara teratur. Maka, kadar kolesterol jahat dalam darah akan turun dan kadar kolesterol baik dalam tubuh Anda akan naik.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain kolesterol, ceplukan juga ampun menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu merebus daun ceplukan dengan akarnya. Dan minum air rebusan tersebut selama tiga minggu berturut-turut.

6. Dapat Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah ceplukan

Bagi Anda yang sedang diet, buah ceplukan sangat bagus untuk menu makanan diet Anda. Hal ini karena buah ceplukan mengandung 53 kalori per 100 gramnya. Selain itu, kandungan nutrisi dalam buah ceplukan juga sudah memenuhi kebutuhan nutrisi Anda.

7. Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun ceplukan juga terbukti mampu menurunkan kadar gula darah melalui sifat hiperglikemia. Beberapa senyawa tersebut mampu memperlambat proses pemecahan dan penyerapan karbohidrat dalam tubuh.

Baca Juga :  Dapat Menurunkan Tekanan Darah, Ini Dia Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan yang Wajib Anda Tahu

8. Menurunkan Demam

Bukan hanya daun, buah ceplukan juga dapat dikonsumsi untuk menurunkan demam, terutama untuk anak-anak.

Demikian tadi 8 manfaat buah ceplukan sebagai tanaman obat yang memiliki banyak khasiat mengobati berbagai penyakit. Namun, ceplukan merupakan tanaman yang tumbuh secara liar dan dapat mengandung racun. Jika Anda mengonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan kram perut dan diare.

Artikel Terkait

Bagikan:

Indah Sari

Indah Sari

Seorang penulis dan blogger yang berdedikasi pada dunia kesehatan dan gaya hidup sehat. Membagikan wawasan dan informasi yang bermanfaat untuk membantu orang lain mencapai keseimbangan dan kesejahteraan dalam hidup.