7 Manfaat Buah Kolang-Kaling untuk Kesehatan, Buah yang Wajib Ada dalam Sop Buah

Indah Sari

Ngulasmerk.com – Manfaat buah kolang-kaling untuk kesehatan ternyata tidak kaleng-kaleng. Buah yang mudah Anda temukan saat bulan Ramadan ini ternyata kaya akan manfaat. Selain timun sari, buah yang sering ada dalam es buah adalah kolang-kaling. Sebagai salah satu penambah cita rasa pada kolak dan sop buah, kolang-kaling banyak menjadi favorit orang.

Teksturnya yang kenyal dengan rasa yang khas membuatnya pas jika dicampur dengan buah-buahan manis. Sehingga, banyak orang yang memilihnya sebagai salah satu sajian berbuka puasa. Kolang-kaling atau buah atap atau nama ilmiahnya adalah Arenga Pinnata merupakan buah dari pohon aren. Buah yang sudah tua direbus dan dibelah untuk menghasilkan kolang-kaling berwarna putih berbentuk lonjong.

7 Manfaat Buah Kolang-Kaling untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

manfaat buah kolang-kaling untuk kesehatan

Ada beberapa manfaat buah kolang-kaling untuk kesehatan, salah satunya dapat melancarkan pencernaan. Kolang-kaling memiliki kadar air yang tinggi yakni sebesar 93%. Selain itu, biji kolang-kaling juga mengandung protein sebesar 0,69 gram. Karbohidrat 4 gram dan berbagai nutrisi penting lainnya. Seperti potassium, besi, kalsium, gelatin, serta vitamin A,B dan C.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kolang-kaling untuk kesehatan.

1. Dapat Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam kolang-kaling dapat meningkatkan volume dan kekenyalan fases. Sehingga dapat mencegah sembelit dan dapat melancarkan sistem pencernaan. Selain dapat memperlancar pencernaan, kolang-kaling juga dapat membantu mengeluarkan zat beracun dalam tubuh.

2. Memelihara Kekuatan Tulang

Kolang-kaling memiliki kandungan kalsium yang sangat bagus untuk menyehatkan dan menguatkan tulang. Serta dapat mencegah osteoporosis yang ditandai dengan kepadatan tulang yang mengalami penurunan. Maka, untuk mencegahnya adalah dengan menjaga pola hidup sehat, makan yang tinggi kalsium dan olahraga secara teratur.

Baca Juga :  Ketahui Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Anda: Waktunya Tingkatkan Kualitas Hidup!

Baca Juga :Apa Saja Manfaat Semangka untuk Pria?

3. Mengusir Dehidrasi

Kandungan air yang tinggi dalam kolang-kaling dapat mengusir dehidrasi dan menyegarkan tubuh. Sehingga sangat cocok dikonsumsi saat bulan puasa. Setelah seharian tidak minum, tubuh tentunya akan kekurangan cairan dan dehidrasi. Maka, untuk menghidrasi kembali tubuh Anda adalah dengan cukup minum air putih dan mengonsumsi kolang-kaling yang kaya akan air ini.

4. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Manfaat buah kolang-kaling

Manfaat buah kolang-kaling yang selanjutnya adalah dapat mengendalikan kadar gula dalam darah. Terutama melalui kandungan senyawa polissakarida galactomannan, yang berfungsi memperlambat penyerapan glukosa di saluran pencernaan. Senyawa ini memiliki potensi membantu dalam pengelolaan diabetes atau pencegahan risiko diabetes tipe 2.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Selain dapat mencegah penyakit diabetes, kandungan polissakarida galactomannan dalam kolang-kaling juga dapat mencegah penyakit jantung. Senyawa ini mampu mengendalikan kadar kolesterol jahat dalam darah yang dapat memicu penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga : Manfaat Buah Plum Merah untuk Kecantikan, Bikin Awet Muda!

Buah kolang-kaling mengandung zat anti radang yang dapat memberikan manfaat meredakan nyeri sendi, terutama osteoarthritis. Yaitu kondisi yang umum terjadi ketika tulang rawan sendi megalami kerusakan dan penyusutan. Sehingga, terjadi gesekan yang membuat tulang terasa nyeri.

7. Menyehatkan Kulit

Selain untuk kesehatan, kolang-kaling juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Kandungan air yang tinggi dalam buah ini mampu menjaga kelembapan kulit. Dengan mengonsumsi kolang-kaling dan membuatnya sebagai perawatan kecantikan. Dan dibarengi dengan minum air putih yang cukup dan makan makanan yang bergizi. Maka, Anda akan memiliki kulit yang sehat alami.

Selain itu, berbagai kandungan mineral dan vitamin dalam tubuh ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga :  Kenali Lebih Jauh: 7 Manfaat Biji Pepaya bagi Kesehatan dan Cara Mengonsumsinya

Demikian tadi 7 manfaat buah kolang-kaling untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Rasanya yang khas dan manfaatnya yang banyak sangat bagus dikonsumsi setiap hari, terutama saat bulan puasa. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Bagikan:

Indah Sari

Indah Sari

Seorang penulis dan blogger yang berdedikasi pada dunia kesehatan dan gaya hidup sehat. Membagikan wawasan dan informasi yang bermanfaat untuk membantu orang lain mencapai keseimbangan dan kesejahteraan dalam hidup.