Cara Menghilangkan Milia Instan dalam 1 Jam! Dijamin Gak Balik Lagi!

Indah Sari

Ngulasmerk.com – Cara menghilangkan milia di wajah sebenarnya tidak terlalu sulit, bahkan Anda dapat melakukannya dengan perawatan alami di rumah. Milia adalah kista kecil yang terbentuk saat sel-sel kulit mati terperangkap di bawah kulit. Meskipun bukan sebuah kondisi yang berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan khusus.

Namun, kehadirannya dapat merusak penampilan dan dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Milia yang terbentuk secara spontan biasa disebut dengan milia primer. Dan biasanya ditemukan pada kelopak mata, pipi, dahi dan alat kelamin. Kondisi ini tidak berbahaya dan biasanya akan hilang sendiri dalam beberapa bulan. Dan milia yang terbentuk karena kerusakan kulit disebut milia sekunder.

5 Cara Menghilangkan Milia di Wajah Paling Efektif

Ada beberapa cara menghilangkan milia di wajah, baik milia primer maupun milia sekunder. Jika milia primer dapat sembuh dengan sendirinya, milia sekunder memerlukan beberapa cara untuk menghilangkannya. Antara lain dengan menggunakan skincare, obat-obatan, atau pun dengan menjalani prosedur medis dari dokter.

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan milia di wajah yang mudah dan efektif.

1. Rutin Memakai Tabir Surya

Jika wajah terpapar sinar matahari secara terus menerus, maka akan membuat milia bertambah banyak di wajah kita. Terlebih lagi jika kita tidak pernah menggunakan produk tabir surya atau sunscreen wajah. Maka, salah satu cara menghilangkan milia di wajah adalah dengan rutin menggunakan tabir surya setiap hari. Meskipun Anda beraktivitas di dalam ruangan.

Baca Juga :  Nyeri karena Cantengan? Jangan Panik, Inilah 5 Cara Mengobati Cantengan Paling Ampuh!

Pilihlan produk tabir surya yang memiliki kandungan minimal SPF 30 dan juga mengandung bahan berbasis mineral (physical sunscreen). Jenis tabir surya ini lebih ramah terhadap kulit dan tidak menyumbat pori-pori wajah. Sehingga, tidak akan membuat milia bertambah banyak.

2. Lakukan Eksfoilasi Kulit Wajah

Cara menghilangkan milia di wajah berikutnya adalah dengan rutin melakukan eksfoliasi kulit wajah secara rutin, minimal 1 kali seminggu. Eksfoliasi kulit bertujuan mengangkat sel-sel kulit mati, sekaligus mengangkat keratin yang terperangkap di bawah kulit. Caranya adalah dengan menggunakan produk kecantikan yang mengandung bahan eksfoilasi wajah.

Seperti retinol, atau produk kecantikan yang mengandung asam salisilat atau asam glikolat. Pertama, lakukan eksfoliasi wajah seminggu sekali. Selanjutnya, jika tidak ada tanda-tanda iritasi lakukan 2 kali seminggu pada minggu berikutnya.

3. Melakukan Penguapan atau Steam Wajah

Cara menghilangkan milia di wajah

Cara menghilangkan milia di wajah selanjutnya adalah dengan melakukan penguapan atau steam wajah. Prosedur penguapan wajah ini sangat mudah. Caranya, setelah membersihkan wajah lakukan penguapan untuk mencegah iritasi semakin bertambah parah.

  • Pertama, hangatkan wajah dengan uap dari air panas selama 5 hingga 8 menit. Uap ini bertujuan untuk membuka pori-pori wajah dan melepaskan kotoran yang terperangkap di pori-pori kulit.
  • Setelah diuap, silakan diamkan beberapa saat, kemudian keringkan wajah. Selanjutnya, bilas dengan air hangat hingga wajah benar-benar bersih.

4. Rutin Membersihkan Area Milia

Langkah yang paling penting untuk menghilangkan milia di wajah adalah dengan rutin membersihkan area milia di wajah. Pastikan Anda mencuci area milia tersebut dengan menggunakan sabun bebas paraben.

5. Gunakan Masker Madu

Madu mengandung sifat anti radang yang yang dapat membantu menghilangkan milia di wajah. Caranya sangat mudah, cukup oleskan masker madu di wajah secara teratur selama 10 menit dan bilas dengan menggunakan air hangat.

Baca Juga :  Gampang Banget! Inilah 3 Cara Membuat Masker Komedo dari Bahan Alami

Demikian tadi cara menghilangkan milia di wajah yang efektif dan dijamin ampuh. Lakukan secara teratur, dan jaga selalu kebersihan wajah agar milia tidak lagi balik lagi ke wajah Anda.

Artikel Terkait

Bagikan:

Indah Sari

Indah Sari

Seorang penulis dan blogger yang berdedikasi pada dunia kesehatan dan gaya hidup sehat. Membagikan wawasan dan informasi yang bermanfaat untuk membantu orang lain mencapai keseimbangan dan kesejahteraan dalam hidup.