Nyeri Kepala karena Migrain? Inilah 5 Cara Mengatasi Migrain Tanpa Obat

Indah Sari

Ngulasmerk.com – Bagaimana cara mengobati migrain tanpa obat? Migrain adalah suatu kondisi sakit kepala berdenyut dengan intensitas sedang hingga berat. Biasanya kondisi ini disertai dengan beberapa keluhan lain seperti mual, muntah atau sensitif terhadap suara atau cahaya. Penyakit ini umumnya menyerang satu sisi kepala saja, namun dapat juga menyerang kedua sisi kepala.

Beberapa penderita migrain ini biasanya mengalami beberapa gejala gangguan saraf, seperti sensitif melihat kilatan cahaya. Atau pun mencium bau tertentu. Jika Anda mengalami beberapa gejala migrain, ada beberapa cara mengobati migrain tanpa menggunakan obat untuk meredakannya.

5 Cara Mengobati Migrain Tanpa Obat Paling Efektif

Cara mengobati migrain tanpa obat

Meskipun hingga saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan secara total, namun ada beberapa cara mengobati migrain tanpa obat. Cara ini bisa Anda terapkan sebagai pertolongan pertama, saat Anda mengalami sakit migrain secara tiba-tiba. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati migrain tanpa obat yang bisa Anda lakukan sebagai pertolongan pertama.

1. Kompres Dingin atau Hangat

Cara mengobati migrain yang pertama adalah dengan melakukan kompres hangat atau dingin. Jika Anda terkena migrain secara tiba-tiba, Anda dapat menggunakan es batu yang dibalut dengan kain. Kemudian, tempelkan kain yang berisi es batu tersebut di dahi atau belakang leher untuk mengurangi rasa nyeri saat migrain.

Jika Anda merasa kurang nyaman dengan kompres dingin, Anda dapat menggunakan kompres air hangat. Kompres hangat ini berkhasiat untuk mengendurkan otot-otot yang tegang di sekitar leher. Selain itu, Anda juga dapat mandi dengan air hangat agar tubuh Anda terasa lebih nyaman.

Baca Juga :  4 Cara Membuat Masker dari Susu Dancow, Bikin Wajah Glowing dan Kenyal

2. Melakukan Relaksasi dan Tidur

Cara mengobati migrain selanjutnya adalah dengan melakukan relaksasi pada tubuh dan tidur. Saat Anda terkena migrain, Anda akan semakin merasa sensitif terhadap suara dan cahaya. Maka, menghentikan semua aktivitas dan beristirahat di dalam ruangan yang hening dan gelap. Adalah menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan mengatasi migrain tanpa obat.

Jika memungkinkan, cobalah untuk tidur karena senyawa kimia yang dihasilkan saat tidur dapat meringankan rasa sakit. Selain itu, menerapkan kebiasaan tidur secara teratur pada jam yang sama setiap hari juga dapat mencegah sakit migrain.

3. Konsumsi Kafein

Mengonsumsi kafein dalam jumlah sedikit dan tidak berlebihan ternyata dapat menghilangkan rasa nyeri. Termasuk nyeri kepala akibat migrain. Namun meskipun begitu, Anda harus waspada dan berhati-hati jangan mengonsumsi kafein secara berlebihan. Karena kafein yang berlebihan justru dapat memperburuk sakit migrain Anda.

4. Melakukan Pijatan

Cara mengobati migrain tanpa obat

Cara mengobati migrain tanpa obat yang selanjutnya adalah dengan melakukan pijatan ringan di sekitar dahi, belakang leher dan bahu. Pijatan lembut ini terbukti dapat melancarkan sirkulasi darah dan membantu relaksasi.

Namun, penderita migrain biasanya ada yang memiliki gejala merasa sensitif terhadap sentuhan. Jadi, kemungkinan cara ini kurang cocok dilakukan pada sebagian orang. Selain pemijatan, akupuntur juga dapat menjadi salah satu cara yang bisa Anda coba untuk mengobati migrain.

5. Menghirup Aromaterapi

Menghirup aromaterapi termasuk aroma lavender dapat menjadi salah satu cara mengobati migrain tanpa obat. Menurut penelitian, orang yang menghirup aroma lavender selama 15 menit dapat mengalami penurunan gejala nyeri akibat migrain. Selain lavender, Anda juga dapat menggunakan aromaterapi lain seperti citrus, lemon atau jeruk, rosemary, chamomile, dan eucalyptus.

Baca Juga :  Sesak Napas Tiba-Tiba? Jangan Panik, Ini 5 Cara Mengatasinya!

Demikian tadi 5 cara mengobati migrain tanpa obat. Saat migrain menyerang, sebaiknya Anda menghindari makanan dan minuman yang dapat memperburuk penyakit migrain. Seperti keju, daging olahan, coklat dan berbagai makanan yang mengandung MSG, hindari juga minuman beralkohol.

Artikel Terkait

Bagikan:

Indah Sari

Indah Sari

Seorang penulis dan blogger yang berdedikasi pada dunia kesehatan dan gaya hidup sehat. Membagikan wawasan dan informasi yang bermanfaat untuk membantu orang lain mencapai keseimbangan dan kesejahteraan dalam hidup.