Nyeri karena Cantengan? Jangan Panik, Inilah 5 Cara Mengobati Cantengan Paling Ampuh!

Indah Sari

Ngulasmerk.com – Cara mengobati cantengan di jempol kaki juga bisa Anda lakukan sendiri di rumah loh. Hal ini perlu Anda lakukan sebagai langkah pertolongan pertama agar kaki yang cantengan tidak terkena infeksi. Cantengan adalah kondisi kuku yang tumbuh ke dalam, sehingga menimbulkan rasa nyeri, kemerahan, bengkak bahkan juga bernanah.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan jempol kaki terkena cantengan. Antara lain karena jari kaki tersandung, sehingga menimbulkan trauma di kuku kaki. Memakai sepatu yang terlalu ketat atau terlalu sempit, memotong kuku kaki terlalu pendek atau miring. Berkeringat berlebihan (hiperhidrosis), penggunaan obat-obatan tertentu atau pun pertumbuhan epidermal.

5 Cara Mengobati Cantengan di Jempol Kaki secara Alami

Cara mengobati cantengan di jempol kaki secara alami

Ada beberapa cara mengobati cantengan di jempol kaki secara alami. Dan Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Sebenarnya, cantengan adalah merupakan sebuah hal yang wajar. Bahkan hampir 20% orang didunia ini sudah pernah mengalami cantengan.

Hal ini bisa terjadi karena mengenakan sepatu yang sempit, sehingga membuat kaki sulit bernapas dan menghambat pertumbuhan kuku. Jangan khawatir, berikut ini ada beberapa cara mengobati cantengan di jempol kaki secara alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Rendam dengan Cuka Apel

Cara mengobati cantengan di jempol kaki yang pertama adalah dengan merendam kaki yang terkena cantengan dengan cuka apel. Kandungan antiseptik dan anti inflamasi dalam cuka apel dipercaya dapat meredakan rasa nyeri pada cantengan.

Baca Juga :  6 Cara Mengobati Jerawat Batu Paling Ampuh, Muka Kembali Mulus dan Kinclong!

Caranya sangat mudah cukup tambahkan seperempat cuka sari apel ke dalam sebaskom air hangat. Lalu, rendam kaki yang terkena cantengan selama 20 menit, kemudian angkat dan keringkan jika sudah selesai.

2. Rendam Kaki dalam Air Hangat

Selanjutnya adalah cara mengobati cantengan di jempol kaki dengan merendamnya di air hangat. Merendam kaki yang terkena cantengan ke dalam air hangat dapat membantu meredakan rasa nyeri dan mengurangi pembengkakan.

Lalu, tambahkan sabun dan bersihkan kaki yang terkena cantengan dengan sabun. Jika perlu gunakan cairan antiseptik untuk mencegah kemungkinan adanya infeksi. Selain itu, Anda juga dapat memberikan garam Epsom untuk memberi relaksasi pada kaki. Lakukan perendaman ini selama 20 menit.

3. Minum Obat Pereda Nyeri

Beberapa kondisi cantengan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Maka, untuk mengatasinya, Anda dapat minum obat pereda nyeri yang sudah dijual bebas di apotek. Namun, konsumsi obat tersebut sesuai dosis yang tertera dalam kemasan atau konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

4. Oleskan Salep Antiseptik

Cara mengobati cantengan di jempol kaki

Cara mengobati centengan di jempol kaki secara alami yang selanjutnya adalah dengan mengoleskan salep antiseptik. Salep antiseptik memiliki manfaat mempercepat proses penyembuhan luka dan dapat mencegah infeksi. Setelah mengoleskan salep, bungkus bagian kaki yang sudah Anda kasih salep tadi dengan kain agar salep dapat terserap secara maksimal.

5. Oleskan Minyak Herbal

Berdasarkan pengalaman, Anda dapat mengobati jari kaki yang terkena cantengan ini dengan mengoleskan minyak herbal. Saat ini sudah ada banyak minyak herbal yang memiliki banyak khasiat, termasuk menyembuhkan memar, meredakan rasa gatal. Bahkan dapat menyembuhkan cantengan hanya dalam waktu 2 menit saja.

Salah satu minyak herbal yang memiliki banyak khasiat tersebut adalah minyak herbal dari HNI. Oleskan minyak herbal ini di bagian kaki yang terkena cantengan. Jangan lupa untuk membersihkan kaki Anda terlebih dahulu. Maka, dalam hitungan menit kaki Anda yang cantengan sudah tidak sakit lagi.

Baca Juga :  5 Cara Mengobati Panu, Penyakit Kulit yang Bikin Malu

Demikian tadi, 5 cara mengobati cantengan di jempol kaki secara alami dengan obat rumahan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Bagikan:

Indah Sari

Indah Sari

Seorang penulis dan blogger yang berdedikasi pada dunia kesehatan dan gaya hidup sehat. Membagikan wawasan dan informasi yang bermanfaat untuk membantu orang lain mencapai keseimbangan dan kesejahteraan dalam hidup.