Mudah, Inilah 5 Cara Mengobati Anyang-Anyangan di Rumah

Indah Sari

Ngulasmerk.com – Jika Anda mengalami anyang-anyangan jangan panik, karena ada beberapa cara mengobati anyang-anyangan yang mudah dan ampuh. Anyang-anyangan atau dalam istilah medisnya disebut disuria adalah gangguan berupa munculnya nyeri atau perih ketika sedan buang air kecil (BAK) atau setelahnya.

Hal ini akan membuat penderitanya merasa sangat tidak nyaman, karena harus bolak balik ke kamar mandi dalam waktu singkat. Ada beberapa penyakit yang membuat seseorang mengalami anyang-anyangan. Antara lain karena terkena infeksi saluran kemih (ISK), batu ginjal, radang prostat, kram otot kandung kemih. Hingga penyakit menular seksual, seperti gonore atau klamidia.

5 Cara Mengobati Anyang-Anyangan di Rumah

Cara mengobati anyang-anyangan

Ada beberapa cara mengobati anyang-anyangan yang mudah dan ampuh, bahkan Anda bisa mengobatinya di rumah. Menderita anyang-anyangan memang sangat mengganggu dan tidak nyaman. Selain rasa nyeri, Anda juga harus bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Karena ada dorongan untuk buang air kecil, meskipun urine yang keluar hanya sedikit.

Namun, jangan khawatir untuk meringankan keluhan anyang-anyangan, Anda dapat mencoba mengatasinya di rumah. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Banyak Minum Air Putih

Cara mengobati anyang-anyangan yang pertama adalah dengan memperbanyak minum air putih, setidaknya 8 gelas per hari. Selain mencegah dehidrasi, banyak minum air putih juga akan membuat urine bertambah banyak saat BAK. Semakin banyak jumlah urine yang dikeluarkan. Maka, bakteri penyebab anyang-anyangan dalam saluran kemih akan ikut terbuang bersama urine.

Baca Juga :  Nyeri Kepala karena Migrain? Inilah 5 Cara Mengatasi Migrain Tanpa Obat

2. Hindari Menahan Buang Air Kecil

Meskipun nyeri saat BAK dan lelah karena harus bolak-balik ke kamar mandi. Saat Anda terasa ingin buang air kecil jangan Anda tahan. Karena jika Anda menahannya, maka bakteri justru akan lebih mudah berkembang biak dan akan membuat penyakit anyang-anayangan semakin parah. Dengan buang air kecil, maka bakteri dalam saluran kemih akan ikut keluar bersama urine.

3. Perhatikan Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi

Cara mengobati anyang-anyangan di rumah selanjutnya adalah dengan memperhatikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya perlu Anda hindari terlebih dahulu ketika sedang anyang-anyangan. Antara lain makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh dan coklat.

Makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan, dan rasanya asam. Selain itu, juga hindari makanan pedas dan minuman yang mengandung alkohol.

4. Kompres Hangat

Cara mengobati anyang-anyangan

Cara mengobati anyang-anyangan di rumah selanjutnya adalah dengan memberikan kompres hangat pada area perut bagian bawah. Caranya adalah dengan merendam handuk ke dalam air hangat.

Lalu, kompres area perut bawah dengan menggunakan handuk hangat. Lakukan selama 15 menit dalam 3 hingga 4 kali sehari hingga gejala anyang-anyangan membaik.

5. Memakai Pakaian yang Longgar dan Nyaman

Bakteri akan tumbuh subur pada area yang hangat dan lembab. Maka, jika Anda anyang-anyangan sebaiknya hindari dulu untuk mengenakan pakaian ketat seperti skinny jeans. Setidaknya hingga anyang-anyangan Anda hilang. Sebagai gantinya, Anda dapat mengenakan rok atau celana yang longgar dan berbahan katun.

Agar sirkulasi udara di araea sensitif dapat terjaga dan pertumbuhan bakteri penyebab anyang-anyangan dapat berkurang. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi cranberry baik secara langsung maupun Anda olah menjadi jus. Jika semua cara tersebut sudah Anda lakukan, maka sebaiknya Anda memeriksakan ke dokter urologi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga :  Ingin Wajah Putih Alami? Inilah 5 Cara Memutihkan Wajah dengan Lidah Buaya

Demikian tadi 5 cara mengobati anyang-anyangan di rumah yang mudah dan ampuh. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Bagikan:

Indah Sari

Indah Sari

Seorang penulis dan blogger yang berdedikasi pada dunia kesehatan dan gaya hidup sehat. Membagikan wawasan dan informasi yang bermanfaat untuk membantu orang lain mencapai keseimbangan dan kesejahteraan dalam hidup.