Gampang Banget! Inilah 3 Cara Membuat Masker Komedo dari Bahan Alami

Indah Sari

Ngulasmerk.com – Bikin penampilan wajah terganggu, begini cara membuat masker komedo dari bahan alami. Komedo termasuk salah satu masalah kulit yang sering dialami orang. Masalah kulit ini dapat terjadi karena folikel rambut tersumbat kotoran.

Komedo adalah kotoran yang berasal dari sel kulit mati dan minyak yang menempel pada permukaan kulit. Bentuknya seperti benjolan yang muncul di pori-pori kulit, dapat berwarna putih hingga kehitaman. Komedo juga termasuk salah satu jenis jerawat ringan yang bukan hanya muncul di wajah saja, namun juga dapat muncul pada bagian tubuh yang lain.

3 Cara Membuat Masker Komedo dari Bahan Alami

Cara membuat masker komedo dari bahan alami

Ada beberapa cara membuat masker komedo dari bahan alami. Anda dapat menghilangkan komedo dengan menggunakan scrub atau masker yang terbuat dari bahan alami. Metode ini cukup efektif membersihkan kotoran dan minyak yang menyumbat permukaan kulit penyebab komedo. Berikut ini adalah beberapa cara membuat masker komedo dari bahan alami.

1. Putih Telur dan Air Lemon

Cara membuat masker komedo dari bahan alami yang pertama adalah dari putih telur dan air perasan buah lemon. Putih telur dipercaya dapat memberikan efek mengencangkan kulit dan menyerap minyak berlebih di wajah. Sementara kandungan vitamin C dan asam sitrat dalam air lemon memiliki sifat astringen yang dapat membantu membersihkan kulit.

Berikut ini langkah-langkah membuatnya.

  • Pertama, siapkan bahan 1 buah telur ambil putihnya saja, air lemon secukupnya, air secukupnya dan tisu.
  • Lalu, campurkan putih telur dan air lemon lalu aduk hingga merata, lalu tambahkan 1 sendok teh air.
  • Oleskan masker tersebut ke seluruh permukaan wajah secara merata.
  • Ambil tisu, lumuri dengan putih telur dan air lemon lalu tempelkan ke wajah Anda.
  • Anda dapat melakukan hingga 3 lapisan tisu, maka lakukan cara yang sama pada tisu kedua dan ketiga.
  • Diamkan beberapa saat hingga mengering, lalu bilas dengan menggunakan air dingin.
  • Gunakan pelembab untuk menghidrasi kulit Anda.
Baca Juga :  Ubah Gaya Hidup Anda dengan Manfaat Rebusan Daun Singkong: Langkah Sederhana untuk Kesehatan Lebih Baik

2. Susu dan Gelatin

Cara membuat masker komedo dari bahan alami

Selanjutnya adalah cara membuat masker komedo dari susu dan gelatin. Gelatin adalah protein yang berasal dari kolagen hewan. Sebagian besar penggunaan gelatin adalah untuk produk-produk makanan seperti puding dan permen. Dan gelatin ini sangat ampuh mengangkat komedo. Terlebih lagi jika dikombinasikan dengan susu yang mengandung asam laktat.

Kombinasi kedua bahan ini, bukan hanya efektif mengangkat komedo, namun juga mampu mencerahkan dan melembutkan kulit wajah. Berikut ini langkah-langkah membuatnya.

  • Siapkan bahan-bahan 1 sendok teh gelatin dan 1 sendok teh susu.
  • Campurkan semua bahan hingga gelatin larut sempurna, Anda juga dapat memasukkannya ke dalam microwave selama 5 hingga 10 menit. Agar bahan ini dapat larut sempurna.
  • Selanjutnya, oleskan masker ini ke bagian wajah yang terdapat komedo seperti di hidung.
  • Biarkan masker mengering, jika sudah kering kelupas masker secara perlahan-lahan agar komedo dapat terangkat sempurna.
  • Bilas wajah dengan air bersih dan keringkan dengan menggunakan handuk lembut.

3. Masker Oatmeal

Cara membuat masker selanjutnya adalah dengan menggunakanoatmeal. Masker ini bermanfaat menenangkan kulit sekaligus dapat mengurangi iritasi pada wajah. Manfaat lainnya adalah dapat membantu mengelola masalah kulit, termasuk komedo dan jerawat.

Cara membuatnya cukup mudah, campurkan 2 sendok makan oatmeal, 3 sendok makan yoghurt dan 1 sendok makan minyak zaitun. Oleskan ke seluruh permukaan wajah, biarkan mengering lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

Demikian tadi cara membuat masker komedo dari bahan alami yang ampuh menghilangkan komedo. Lakukan secara teratur, dan senantiasa jaga kebersihan wajah agar komedo dapat hilang dan tidak kembali lagi.

Artikel Terkait

Bagikan:

Indah Sari

Indah Sari

Seorang penulis dan blogger yang berdedikasi pada dunia kesehatan dan gaya hidup sehat. Membagikan wawasan dan informasi yang bermanfaat untuk membantu orang lain mencapai keseimbangan dan kesejahteraan dalam hidup.