Inilah 8 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan Pria dan Wanita

Indah Sari

Ngulasmerk.com – Ada beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan, antara lain dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kekebalan tubuh. Pisang merupakan salah satu buah yang sangat populer di Indonesia. Selain bisa dikonsumsi langsung, banyak orang yang mengolah pisang menjadi berbagai makanan. Antara lain keripik pisang, kolak, pisang goreng, pisang rebus dan lain sebagainya.

Di Indonesia, Anda dapat menemukan berbagai jenis pisang yang berbeda-beda. Antara lain ada pisang ambon, pisang mas, pisang raja, pisang nangka, pisang susu, pisang batu dan pisang barangan. Pisang ini tentunya memiliki bentuk dan kulit yang berbeda-beda. Selain itu, ada jenis pisang yang dikonsumsi sebagai buah dan ada yang khusus harus dimasak sebagai olahan makanan.

Kandungan Buah Pisang dan Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

Manfaat buah pisang untuk kesehatan

Ada berbagai kandungan buah pisang dan manfaatnya bagi kesehatan. Buah pisang mengandung sumber potasium, vitamin C, antioksidan, asam folat, niasin, magnesium, dopamin, catechin. Dan karbohidrat yang belum matang berupa pati. Yang dapat berubah menjadi serat yang dapat melancarkan pencernaan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat buah pisang untuk kesehatan yang pertama adalah meningkatkan kesehatan pencernaan. Buah pisang mengandung serat yang dapat melancarkan pencernaan. Maka, bagi Anda yang terkena sembelit atau susah buang air besar dapat mengonsumsi buah pisang. Memenuhi kebutuhan serat juga dapat membantu menurunkan risiko peradangan usus.

Baca Juga :  Benerkah Manfaat Buah Tomat Bisa Mencerahkan Wajah? Temukan Jawabannya

Baca Juga :

Jangan Dibuang! Inilah Manfaat dan Cara Mengolah Kulit Manggis untuk Kecantikan

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah pisang untuk kesehatan lainnya adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Seperti yang Anda ketahui, penyakit jantung merupakan salah satu penyakit penyebab kematian tertinggi di dunia. Agar jantung senantiasa bekerja dengan sehat, maka konsumsi makanan bergizi secara teratur. Salah satunya dengan mengonsumsi buah pisang secara rutin.

Kandungan potasium dan flavonoid dalam buah pisang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. Dan juga mampu menurunkan risiko terkena gangguan kesehatan jantung di kemudian hari.

3. Meningkatkan Kekebalan tubuh

Buah pisang mengandung vitamin A, C dan B6 yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Dengan mengonsumsi pisang secara teratur setiap hari akan membuat tubuh tetap segar dan tidak lemas.

4. Manfaat Makan Pisang Sebelum Tidur

Manfaat buah pisang untuk kesehatan

Rutinitas makan pisang sebelum tidur ternyata bisa memberikan manfaat psikologis. Melakukan rutinitas yang menenangkan ini, ternyata dapat memberi sinyal pada tubuh bahwa sudah waktunya untuk bersantai. Sehingga, Anda dapat mempersiapkan diri untuk tidur lebih nyenyak.

5. Manfaat Pisang untuk Pria

Pisang mengandung magnesium, potasium dan vitamin B6 yang dapat membantu kesehatan ginjal. Mengonsumsi pisang secara teratur dapat membantu pria menjaga fungsi ginjal dan mencegah pria terkena penyakit batu ginjal.

Baca Juga : Cara Membuat Masker dari Jeruk Nipis

6. Manfaat Pisang untuk Wanita

Sedangkan manfaat pisang untuk wanita adalah dapat membantu wanita saat melakukan diet. Dan membantu wanita menjaga berat badan idealnya, karena pisang kaya akan serat namun rendah kalori dan lemak.

Selain itu, manfaat pisang untuk wanita adalah dari kulitnya. Kulit pisang juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah, mengurangi kerutan mengurangi mata bengkak. Dapat melembabkan kulit, menyamarkan noda bekas jerawat, mengatasi psioriasis dan menghilangkan kutil. Caranya adalah dengan menjadikan kulit pisang sebagai masker wajah.

Baca Juga :  Ketahui 7 Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan Jantung Anda

Demikian tadi, 6 manfaat buah pisang untuk kesehatan bagi pria dan wanita. Dengan mengonsumsi buah pisang secara teratur, menerapkan pola hidup sehat dan berolahraga secara teratur. Maka, tubuh Anda akan sehat dan bebas dari berbagai macam penyakit. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Bagikan:

Indah Sari

Indah Sari

Seorang penulis dan blogger yang berdedikasi pada dunia kesehatan dan gaya hidup sehat. Membagikan wawasan dan informasi yang bermanfaat untuk membantu orang lain mencapai keseimbangan dan kesejahteraan dalam hidup.