Ini Dia! Penyebab Elco Meledak yang Perlu Diwaspadai

ngulasmerk

Kerusakan elco sering ditemukan pada bagian power supply dan speaker suatu perangkat elektronik. Perangkat yang digunakan dalam waktu lama dapat meningkatkan peluang kerusakan elco hingga elco meledak. Ada berbagai faktor yang dapat menjadi penyebab elco meledak pada sebuah rangkaian power supply. Pilihlah merk elco terbaik agar anda bisa memiliki elco yang berkualitas sehingga bisa meminimalisir terjadinya elco meledak.

Elco adalah kapasitor elektrolit yang merupakan komponen dengan kaki positif dan kaki negatif. Komponen ini memiliki peran penting untuk menyuplai arus DC dan menyimpan arus DC sementara.

Penyebab Elco Rusak, Kembuk, dan Meledak

Sumber: shopee.co.id

Lalu apa saja yang dapat menyebabkan elco rusak dan meledak? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Kualitas Elco

Kualitas elco sangat menentukan bagaimana kemampuan komponen ini untuk sistem elektronik. Jika akan digunakan untuk performa besar, maka dibutuhkan juga elco yang berukuran besar. Ini yang perlu diperhatikan ketika membeli elco.

Mungkin ada beberapa penjual yang menawarkan elco besar hanya tulisan saja. Bagi Anda yang akan merakit suatu rangkaian listrik khususnya power supply perlu berhati-hati. Sebaiknya beli di tempat yang bagus atau di penjual yang jujur agar mendapatkan elco dengan kualitas yang sesuai kebutuhan.

Penyebab elco meledak bisa karena Anda salah membelinya. Anda mungkin mengira elco yang dibeli mahal dan pasti berkualitas. Namun setelah dipasang ternyata kualitas elco di bawah standar yang dibutuhkan hingga akhirnya meledak.

Cara untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan mengukur elco menggunakan ESR meter atau AVO meter. Jadi ukuran elco dapat diketahui dengan secara pasti menggunakan alat pengukur tersebut.

Baca Juga :  10 Mesin Cuci untuk Bed Cover Ukuran Besar Terbaik

Jika ingin mengecek elco, Anda bisa memasang kaki elco yang pendek ke probe hitam (-) dan kaki elco yang panjang ke probe merah (+). Nanti jarum pada alat pengukur akan menunjukkan skala sesuai dengan tegangan elco. Apabila pada pengukuran ini menunjukkan skala nol, berarti elco sudah perlu diganti.

Berhati-hati membeli elco palsu yang ukurannya besar tetapi di dalamnya ternyata ada material-material aneh seperti elco kecil atau bahkan semen. Jika tidak waspada, mungkin Anda akan membeli elco yang salah dan langsung memasangnya pada rangkaian power supply. Elco yang sebenarnya berukuran kecil tersebut dapat menjadi penyebab elco meledak.

2. Ukuran voltase elco

Penggunaan elco pada suatu power supply juga perlu memperhatikan ukuran voltase elco. Anda bisa melihat tegangan maksimal atau voltase pada body elco. Voltase elco yang dibutuhkan untuk setiap perangkat elektronik berbeda-beda tergantung tegangan yang akan distabilkan.

Namun kebanyakan teknisi biasanya akan menggunakan elco dengan voltase dua kali lipat dari kebutuhan supply yang sebenarnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah elco menjadi cepat panas sehingga lebih awet.

Beberapa kasus ditemukan penyebab elco meledak adalah karena tegangan yang berlebih pada kapasitor. Jika tegangan yang melewati elco terlalu tinggi, isolasi dielektrik pada komponen ini dapat rusak hingga mengakibatkan elco meledak.

Jika Anda membutuhkan elco untuk tegangan 12 volt, biasanya ukuran minimal elco yang dibutuhkan adalah 16 volt. Namun ini tidak menjamin untuk perangkat seperti power suplai 12 volt AC dari trafo. Mungkin dibutuhkan elco yang lebih besar karena tegangan yang dikeluarkan pada perangkat tersebut bisa sampai 15 volt DC.

Berbeda lagi untuk rangkaian elektronik yang memang sudah jelas berapa kebutuhan kapasitas dan tegangannya. Teknisi harus menggunakan elco yang sesuai dengan standar tersebut jika ingin menggantinya untuk mencegah komponen meledak. Penyebab elco meledak karena masalah voltase ini menjadi yang paling sering ditemukan.

Baca Juga :  Mengenal Mesin Pengemas Granule dan Manfaatnya

3. Kesalahan merakit

Penyebab lainnya adalah karena faktor human error atau kesalahan dalam merakit komponen. Ini dapat terjadi pada siapa saja terutama untuk pemula yang belum paham mengenai polaritas elco. Komponen ini memiliki kaki positif dan kaki negatif yang harus dipasang dengan benar.

Apabila pemasangannya terbalik, maka arus DC akan mengalami kerusakan yang menyebabkan elco menjadi panas. Gejala ini bisa bertambah parah dengan elco yang berasap dan kemudian meledak.

Bagi Anda yang akan merakit rangkaian power supply terutama yang menggunakan sistem bridge positif dan negatif serta ct, harus teliti dan berhati-hati ketika memasang komponen. Pemasangan yang salah dapat menjadi penyebab elco meledak dan kerusakan lainnya seperti elco yang kembung, retak, atau gosong.

Elco dapat menyimpan arus DC yang di-searahkan dari dioda. Penyimpanan arus DC ini juga harus sesuai dengan kapasitas elco.

4. Umur pemakaian

Penyebab berikutnya adalah faktor umur pemakaian komponen. Elco yang sudah digunakan dalam waktu terlalu lama, mudah mengalami kerusakan seperti kaki elco yang keropos, elco cepat kering, hingga elco meledak.

Namun biasanya untuk umur pemakaian ini tidak terlalu berisiko pada elco meledak jika memang digunakan dengan benar. Elco pada suatu perangkat yang sudah berumur, mungkin hanya akan menjadi kering sehingga tidak dapat bekerja secara normal.

Selain itu, seiring penggunaan perangkat, elco juga dapat mengalami keropos pada bagian kakinya. Hal ini dapat menyebabkan elco tidak mampu berfungsi dengan normal.

5. Perangkat yang terlalu lama digunakan

Tahukah Anda bahwa elco memiliki daya tahan tertentu untuk dapat menahan suhu panas. Ketika Anda menggunakan perangkat terlalu lama, maka perangkat elektronik tersebut dapat mengalami over heat atau suhu panas yang berlebih.

Baca Juga :  Ciri-ciri dan Penyebab Kapasitor AC Rusak

Apabila sistem pendingin tidak bekerja dengan baik, maka suhu panas pada perangkat elektronik akan merusak komponen di dalamnya. Salah satunya adalah elco yang dapat mengalami kerusakan hingga meledak.

Penyebab elco meledak karena perangkat yang terlalu lama digunakan ini banyak ditemui pada kasus receiver tv dan parabola. Sebenarnya pada perangkat tersebut sudah memiliki ruang yang berfungsi untuk membuang suhu panas.

Namun terkadang perangkat elco lupa untuk dimatikan yang menyebabkan komponen ini harus bekerja sepanjang waktu. Jika hal ini terjadi berulang-ulang, komponen dapat mengalami kerusakan seperti menggelembung, kebocoran, hingga meledak.

Apabila elco rusak, suplai tenaga untuk perangkat elektronik juga akan drop. Hal ini dapat ditandai dengan posisi standby dan perangkat Anda tidak bisa digunakan.

6. Korsleting jalur

Pada suatu perangkat elektronik, terdapat arus pendek yang dapat berpengaruh terhadap elco. Komponen ini dapat bekerja lebih panas menyesuaikan arus listrik dan tegangan di dalam perangkat elektronik.

Apabila di dalam rangkaian power supply terjadi lonjakan tegangan yang melewati elco, maka komponen ini dapat rusak seperti menggelembung atau bahkan meledak. Naik turunnya tegangan arus listrik pada perangkat elektronik ini menjadi salah satu penyebab elco meledak dan rusak.

Pada kasus elco yang menggelembung atau meledak, sebaiknya cek dulu tegangannya sebelum mengganti elco. Jika tegangannya dicek normal, berarti kualitas elco memang sudah menurun. Komponen ini perlu diganti sesuai kebutuhan dari rangkaian power supply tersebut.

Itulah beberapa penyebab elco meledak yang perlu Anda perhatikan. Selalu perhatikan kualitas elco dan voltase sesuai dengan kebutuhan. Pasang dengan benar sesuai jalur agar tidak terjadi korslet atau elco meledak.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.

Tags