Intip 6 Merk Avometer Terbaik, Digital dan Analog

ngulasmerk

Avometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur tegangan arus listrik, tegangan listrik AC / DC, dan juga resistensi. Nama avometer sendiri adalah singkatan dari ampere, volt, dan ohm yang merupakan satuan untuk arus listrik, tegangan listrik, dan hambatan.

Avometer juga biasa disebut multimeter atau multitester karena memiliki banyak kegunaan dalam hal kelistrikan, sebagaimana kita sehari hari tidak bisa terlepas dari alat alat yang menggunakan listrik.

Berikut adalah beberapa merk avometer / multitester yang sering digunakan oleh para ahli maupun penghobi elektro.

6 Rekomendasi Merk Avometer Terbaik

1. SANWA

Sanwa adalah salah satu merk avometer yang sudah cukup populer di kalangan penggemar elektronika. Sanwa sendiri adalah pabrikan elektronika dan instrumennya yang berdiri sejak tahun 1959 di Jepang. Avometer keluaran Sanwa pun terkenal karena kualitasnya yang bagus dan inovasi baru yang terus ditampilkan sehingga mampu mempermudah pekerjaan teknis elektronika.

Untuk produk Avometer, Sanwa memiliki dua model pilihan yaitu avometer analog dan avometer digital. Masing masing model ini pun memiliki beragam pilihan type yang menawarkan fitur keunggulan masing masing.

Salah satu produk avometer Sanwa yang paling populer untuk model digital adalah type CD 800A, sedangkan untuk model analog adalah type YX – 360 TRF.

Type CD 800A memiliki display yang mampu membaca hingga digit 4000, dengan tingkat akurasi 0.7 % yang mana bisa dibilang cukup maksimal untuk melakukan pengukuran. Tingkat pengambilan sampel nya 2 kali per detik. Konsumsi daya nya 7mW pada DCV dan mampu digunakan secara terus menerus selama 150 jam di DCV. Untuk harga, avometer ini dibanderol dengan harga Rp 400.000.

KelebihanKekurangan
– Memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi.
– Bisa digunakan sampai dengan 150 jam secara terus menerus.
– Berat body masih terbilang cukup berat yaitu 340 g.
– Belum dilengkapi dengan backlight.

Type YX – 360TRF dengan model analog, avometer ini terbilang memiliki sensitivitas yang cukup baik dan mudah dibaca. Avometer ini memiliki dimensi 15.9 x 12.9 x 4.15 cm. Untuk perlindungan maksimal avometer ini memiliki fitur utama Drop Shock Proof Meter yang mampu melindungi avometer ini agar tidak rusak saat terjatuh. Avometer ini dibanderol dengan harga dikisaran Rp 388.000.

KelebihanKekurangan
– Memiliki fitur drop shock proof meter.
– Dilengkapi hook untuk berdiri miring.
– Memiliki dimensi yang cukup lebar sehingga tidak mudah disimpan atau dibawa kemana mana.
– Harga masih cukup mahal untuk avometer analog.

2. HELES

Heles memiliki beberapa produk Avometer berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau dan fitur yang cukup bagus. Diantara produk avometer dar Heles yang cukup populer adalah UX-838TR untuk model digital dan YX-360TRD untuk model analog.

UX-838TR sendiri memiliki fitur short circuit buzzer dan Ampere volt ohm meter. Selain itu avometer ini memiliki display yang mampu membaca hingga digit 1999. Body UX-0838TR ini memiliki dimensi 96 x 138 x 31 mm dengan berat 170 g. Avometer ini dibanderol dengan harga Rp 264.000.

KelebihanKekurangan
Memiliki berat yang cukup ringanKemampuan display yang belum begitu banyak.

Untuk model analog Heles YX-360TRD memiliki perlindungan fuse & diode yang dilengkapi led atau buzzer. Selain itu teknologi Heles YX-360TRD sudah memungkinkan untuk mengukur resistensi tinggi hingga maksimum 200 M dengan tegangan rendah. Avometer ini dibanderol dengan harga Rp 160.000.

KelebihanKekurangan
– Memiliki penutup pelindung panel.
– Menyediakan sirkuit perlindungan kelebihan beban maksimum 230 V.
– Memiliki band meter dengan sensitivitas yang tinggi.
– Model standar avometer analog pada umumnya.
– Ukuran dan berat body yang masih cukup besar.

3. DEKKO

Dekko adalah salah satu merk Avometer yang direkomendasikan. Merk dekko sendiri sudah ada sejak tahun 1952, yang mana sudah tidak diragukan lagi untuk kualitas produk nya.

Baca Juga :  10 Mesin Cuci untuk Bed Cover Ukuran Besar Terbaik

Untuk avometer, Dekko memiliki dua model berbagai type yang menjadi favorit banyak orang. Diantaranya untuk model digital ada type DM-148C dan Analog dengan type AM 22.

Untuk model digital dengan type DM 148-C memiliki display yang mampu membaca hingga digit 1999 dengan update range 2-3 kali per detik, voltase baterai nya lebih lebih rendah  dan memiliki ukuran body 143mm x 74mm x 35mm yang memudahkan untuk dibawa kemana mana. Avometer ini juga dilengkapi dengan backlight manual yang dapat mati secara otomatis saat tidak digunakan. Harga untuk avometer ini ada di kisaran Rp 280.000.

KelebihanKekurangan
– Desain ergonomis.
– Memiliki fitur Auto Range.
– Dilengkapi kabel temperature.
– Sudah dilengkapi dengan backlight.
– Suara buzzer kecil.
– Tidak bisa cek lampu LED merah.
– Tidak bisa cek capacitor.

Untuk model analog Dekko AM 22 termasuk salah satu avometer analog yang banyak digunakan. Dekko AM 22 memiliki struktur taut-band yang diletakkan di bagian meteran sehingga mampu menahan goncangan. Selain itu sirkuit sudah dilindungi oleh sekering bahkan ketika tegangan mencapai AC 230V. Untuk suhu kalibrasi standar 23 +/- 2 derajat celcius. Harga Dekko AM 22 adalah Rp 205.000.

KelebihanKekurangan
– Drop shock proof.
– Memiliki perlindungan sirkuit.
– Body tidak terlalu berat sekitar 210 gram saja.
Harga masih terbilang cukup tinggi.

4. KYORITSU

Kyoritsu adalah salah satu merk avometer yang cukup inovatif, karena berusaha untuk selalu melakukan update terhadap fitur fitur avometer nya. Termasuk untuk salah satu avometer digitalnya KEW 1021R yang di desain dengan kesan elegan dan mudah untuk digunakan. Memiliki layar yang cukup besar sehingga display mencapai digit 6000 hitungan yang dilengkapi dengan backlight. Fungsi pengukuran arusnya pun juga ditingkatkan dengan ada nya penjepit eksternal. KEW 1021 R juga memiliki 2 holder yang dapat dilepas pasang dengan tipe wing dan flat. Selain itu avometer ini sudah safety standard IEC 61010-1 CAT IV 300V / CAT III 600V. Harga avometer ini dibanderol Rp 750.000.

KelebihanKekurangan
– Bentuk elegant.
– Display besar.
– Safety standard.
– Pengukuran kapasitor belum bisa lebih dari 1000 mikro farad.
– Probe bawaan memiliki ujung yang tumpul sehingga susah untuk mengukur komponen mikro.

Selain model digital, Avometer Kyoritsu dengan model analog juga bisa dijadikan pilihan pasalnya beragam fitur yang ditawarkan juga tidak kalah menarik dari avometer digital. Seperti halnya fitur yang disajikan pada Kyoritsu 1110. Avometer ini memiliki sensitivitas yang cukup tinggi DC20K/V. Serta dapat mengukur tegangan saluran hingga AC 600V karena dilindungi oleh sekering ceramic 600V dari kelebihan beban yang mungkin tidak sengaja. Kontinuitas buzzer yang dimiliki akan berbunyi di bawah 100. Selain itu avometer ini juga kuat dan tahan jatuh dari ketinggian 1 meter, dengan casing skeleton yang bersih dan kuat tentunya. Untuk harga, avometer Kyoritsu 1110 ini dibanderol dengan harga Rp 1.378.000.

KelebihanKekurangan
– Casing dilengkapi pegangan jinjing sehingga mudah dibawa.
– 1 m drop proof.
– Dapat mengukur tegangan hingga 600 V.
– Sensitivitas tinggi.
– Tidak terlalu berat saat dibawa karena berbobot 280 g.
Harganya cukup mahal.

5. PRO ‘SKIT

Ketika mendengar merk Pro ‘Skit, tentu kebanyakan orang akan tahu jika itu adalah salah satu merk manufaktur tools profesional yang sudah banyak digunakan oleh para ahli teknis elektronika.

Baca Juga :  Inilah Cara Menghitung Avometer dan Pengukurannya

Salah satu produk Pro ‘Skit yang mungkin sering kita temui adalah avometer. Pro ‘Skit sendiri memiliki produk avometer dengan model digital dan analog.

Produk avometer digital dari Pro ‘Skit yang cukup populer diantaranya adalah MT 1707. Memiliki LCD besar yang mampu membaca display hingga digit 5999 membuat avometer ini dapat diandalkan. Terlebih LCD sudah dilengkapi dengan backlight sehingga memudahkannya untuk dibaca walau dalam keadaan gelap sekalipun.

MT 1707 juga memiliki detektor tegangan non kontak dengan tes AC 90 – 1000 V. Avometer ini dibanderol dengan harga Rp 634.500 yang bisa dibilang cukup sebanding dengan berbagai fitur yang ditawarkan.

KelebihanKekurangan
– LCD besar
– Kemampuan membaca display hingga 5999
– Dilengkapi backlight
– True RMS
– Memiliki overload protection.
– Desain dan bahan casing yang kuat dan melindungi.
– Memiliki desain body yang cukup berat yaitu 340 g tanpa baterai.

Selain avometer model digital, Pro ‘Skit juga memiliki produk Avometer model analog yang cukup populer. Salah satunya adalah MT 2019, avometer analog yang didesain memiliki kualitas gerakan yang sensitif dan cukup akurat, serta sirkuit yang dirancang dengan warna warni yang membuat performanya menjadi lebih baik. Avometer ini juga dilengkapi dengan hook up di bagian belakang yang dapat disesuaikan. Untuk harga, perangkat ini dibanderol dengan harga Rp 290.500 yang masih cukup worth it dengan kualitas MT 2019.

KelebihanKekurangan
– Sensitif dan akurat.
– Dilengkapi fungsi perlindungan.
– Shortage Buzzer.
– Desain begitu menarik.
Belum memiliki fitur drop shock proof.

6. Visero

Visero adalah salah satu perusahan asli Indonesia yang menyediakan produk produk spareparts elektronik dan tools kit. Karya anak negeri ini pun terus di ekspansi agar dapat bersaing dengan produk asing seperti halnya produk avometer Visero yang kini menjadi favorit banyak ahli elektro di Indonesia. Tidak ketinggalan dengan merek asing, Visero juga mengeluarkan produk avometer dengan model analog dan digital. Yang cukup populer di antaranya adalah Visero DT-9205A NEW untuk avometer digital, dan Visero YX 360 TRN untuk produk avometer analog nya.

Visero DT-9205A NEW merupakan avometer digital terbaru dari Visero yang memiliki beberapa fitur utama yang cukup menarik seperti halnya tampilan layar yang cukup besar dengan ukuran 6.3mm x 3.2mm. Fitur pengukurannya juga bisa dibilang cukup lengkap karena dapat mengukur tegangan dan arus AC/DC, kapasitansi, diode, resistensi,transistor, dan masih banyak lagi. Selain itu avometer ini juga dilengkapi dengan overload protection serta dapat otomatis mati saat tidak digunakan karena memiliki fitur auto power off dan auto sleep. Harga perangkat ini pun sangat terjangkau karena dibanderol dengan harga Rp 73.000 saja. Tentu dengan adanya berbagai fitur yang ditawarkan, memilih avometer ini bisa dijadikan pertimbangan.

KelebihanKekurangan
– Display cukup besar.
– Memiliki overload protection.
– Memiliki fitur auto sleep.
– Memiliki fitur auto power off.
– Harga terjangkau.
– Beberapa reviewer menilai jika avometer ini sering mengalami error.
– Belum memiliki fitur drop shock proof.

Tidak hanya avometer digital, Visero juga memiliki produk avometer analog yang salah satunya adalah YX 360 TRN. untuk fitur, avometer ini bisa dibilang cukup standar untuk avometer analog dan ideal untuk melakukan tes circuit komponen. Avometer ini memiliki sensitivitas 2000 Ohms / Volt / DC / AC, memiliki terminal pengaman, dan ukuran serta berat yang tidak terlalu besar dan cukup ringan. Visero YX 360 TRN dibanderol dengan harga Rp 54.000.

KelebihanKekurangan
– Harga sangat terjangkau.
– Body ringan
– Sudah dilengkapi dengan terminal pengaman.
– Belum terlalu banyak fitur khusus.
– Belum dilengkapi fitur drop shock proof.

Nah, itu lah tadi beberapa merk avometer yang sudah cukup terkenal di kalangan elektronika. Semua merk dan model menawarkan fitur unggulannya masing masing, mulai dari fitur utama sampai dengan fitur tambahan. Pastikan Anda membeli avometer yang terbaik agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan misalnya resistor avometer terbakar, avometer tidak berjalan, dan lain-lain, untuk itu gunakan merk avometer terbaik.

Baca Juga :  10 Mesin Cuci untuk Bed Cover Ukuran Besar Terbaik

Untuk harga yang tertera bersifat rata rata, mungkin kamu akan menemukan harga yang lebih rendah atau bahkan lebih tinggi. Kamu bisa mendapatkan produk avometer yang kamu inginkan di toko toko tools kit elektronik terdekat atau di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dll.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.

Tags