Wajib Tahu! Rekomendasi Merk DLMS Yang Bagus

ngulasmerk

DLMS atau Digital Loudspeaker Management System atau yang dikenal juga dengan sebutan Driverack atau Management merupakan alat yang sangat penting dimiliki oleh seseorang dengan profesi pemilik sound system. Alat ini juga tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda yang berprofesi sebagai teknisi

DLMS ini punya harga yang cukup mahal sehingga Anda harus memilih merk DLMS yang bagus sehingga mendapatkan hasil dan kualitas terbaik. Sebelum mengulas lebih lanjut terkait dengan rekomendasi merk DLMS yang bisa Anda jadikan referensi, Anda juga perlu paham terkait fungsi dari DLMS dan bagaimana cara kerjanya.

Fungsi Digital Loudspeaker Management System (DLMS)

Tugas dari DLMS sendiri yaitu sebagai crossover Active digital yang mana crossover Active digital ini punya peranan dalam pembagian frekuensi jaringan audio dari mixer sebelum diteruskan ke power amplifier yang selanjutnya akan berakhir ke loudspeaker.

Hal tersebut bertujuan untuk dapat memastikan bahwa loudspeaker akan bekerja dalam rentang optimalnya dan untuk dapat hasilkan suara yang enak untuk didengar oleh telinga. Selain itu juga untuk mencegah kerusakan speaker atau juga untuk mencegah risiko kerusakan power amplifier.

Merk DLMS yang bagus ini juga punya fungsi penting lainnya yang tentunya akan sangat dibutuhkan oleh sound engineering yang diantara berfungsi sebagai limiter, equalizer compresor dan juga sebagai crossover.

Cara Kerja Digital Loudspeaker Management System (DLMS)

Pengelolaan suara yang dilakukan secara digital atau menggunakan peralatan suara digital ini tentu saja akan sangat membantu terutama dalam hal efisiensi tempat. Saat belum mengalami proses digitalisasi ini tentu saja akan terdapat banyak kabel di peralatan audio. Kini keberadaan kabel bisa diminimalkan dengan alat audio digital ini.

Setelah DLMS diaktifkan maka semua sistem yang ada pada DLMS ini akan melakukan sistem kerjanya secara otomatis dan juga dapat diatur sesuai dengan keinginan dari soundman. Semua fungsi yang dimiliki oleh DLMS seperti equalizer compresor, crossover, limiter EQ sudah otomatis aktif disini.

Baca Juga :  Resistor Avometer Terbakar? Ini Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Rekomendasi Merk DLMS Yang Bagus

Setelah paham terkait dengan fungsi dan cara kerja dari DLMS ini yang akan dibahas selanjutnya yaitu rekomendasi dari merk DLMS yang bagus yang dapat Anda pilih dan gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Memilih merk DLMS yang tepat memang suatu keharusan karena harganya yang tidak murah dan fungsinya yang memang dibutuhkan. Jika dalam pemilihan merk DLMS ini tidak tepat dan tidak disesuaikan dengan kebutuhan maka akan sulit untuk Anda sendiri.

Lalu apa sajakah merk DLMS yang bisa dijadikan pilihan atau bahan referensi bagi yang akan melakukan pembelian DLMS? Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi dari merk DLMS yang wajib untuk Anda jadikan referensi sebelum melakukan pembelian DLMS ini.

1. DLMS DBX DriveRack 260

Sumber: shopee.co.id

Rekomendasi merk DLMS pertama yang bisa Anda pilih yaitu DBX DriveRack 260 yang tentunya dilengkapi dengan fitur canggih di dalamnya.

FiturKegunaan
Feedback eliminationMemiliki fungsi untuk mengurangi feedback
2.7 Second of Alignment & Zone DelayUntuk delay proses
RS – 232 PC GUI ControlFitur yang dapat dihubungkan dengan laptop
Classic dbx compression and limitingBerfungsi untuk kompresi dan limitasi
Graphic dan parametic EQMemiliki fungsi untuk equalisasi dan pemerataan frekuensi
Auto – EQ functionMemiliki fungsi yang otomatis dari equalizer atau default

Selain kelima fitur di atas ada juga fitur full bandpass, routing configurations dan juga crossover, auto gain control yang punya fungsi untuk melakukan kontrol gain secara otomatis. Selain itu, ada juga pink noise generator dan fulltime RTA yang memiliki fungsi untuk melakukan pengecekan respons dari speaker.

Fitur setup wizard with JBL speaker dan crown power amplifier tunings, security lockout dan juga wall panel control input. Alat yang dikeluarkan oleh perusahaan Harman ini bahkan memungkinkan untuk dikombinasikan bersama dengan alat yang berbeda sehingga konfigurasinya tak terbatas.

DLMS dengan merk ini dibanderol dengan harga 699 US$ atau dapat setara dengan Rp10,2 jutaan. Harga DLMS merk ini dimulai dari 10 jutaan hingga mencapai 13 jutaan. Bagi Anda yang ingin mencoba produk ini second maka harganya ada di 6,25 juta hingga 7,5 juta tergantung dari kondisi barang yang akan dibeli.

2. DLMS DBX DriveRack VeNU360

Sumber: shopee.co.id

Rekomendasi merk DLMS yang bagus kedua yaitu DBX DriveRack VeNU 360 dengan keunggulan diantaranya membuat pemrosesan dan juga fleksibilitas yang dibutuhkan antara amplifier dan juga mixer untuk dapat mengoptimalkan dan juga menjadi pelindung untuk pengeras suara yang Anda miliki.

Baca Juga :  Harus Tahu! 10 Pilihan Merk Kapasitor AC Terbaik
Fitur
Input ProcessingOutput Processing
Noise gateAutomatic gain control
Backline delayCrossover
Dbx compression12-band auto Eqs
31-band graphic EQDbx compression
Advandced feedback suppressionNoise gate
12-band parametic EQTower delays
Subharmonic synthetsis8-band parametric Eqs
 Dbx limiting
 Driver aligment delaiys
 Subharmonic synthesis

Harga yang ditawarkan oleh DBX tipe ini jika dilihat di shopee yaitu Rp 13.200.000. Untuk DBX tipe ini dengan seri BLU Link dibanderol dari harga 22 jutaan.

3. DLMS DBX DriveRack PA2

Sumber: shopee.co.id

Selanjutnya seri merk DLMS yang bagus dari DBX DriveRack PA2 ini punya kualitas yang juga tak kalah dengan seri lainnya dari DBX ini. Fitur yang dimilikinya juga beragam seperti memiliki algoritma autoEQ yang dapat digunakan secara otomatis untuk mengatur equalizer untuk penyesuaian di tiap ruangannya.

Seluruh fungsi dan juga fitur yang dimiliki oleh DBX seri ini dapat diatur melalui panel depan ataupun lewat perangkat pintar serta laptop yang Anda miliki lewat Ethernet dengan menggunakan router. Bisa juga dengan fitur advanced feedback suppression dan dapat digunakan untuk penentuan frekuensi kritis yang memiliki potensi terjadinya feedback.

DLMS DBX ini memiliki spesifikasi sebagai berikut.

Rack space1U
Output analog6 x XLR ada stereo, low, middle dan high
Konektivitas komputerMenggunakan USB Type B
Input analog2 x XLR
Feedback eliminatorAdvanced feedback suppression
CompressorYes
EQ8-band parametic
User presets75 user presets
Jumlah channels2

Seri ini juga dilengkapi dengan dynamic processor legendaris DBX yang dapat bekerja pada perangkat Android, iOS, Mac serta Windows dan dilengkapi dengan limiter, crossover, driver aligment delays. DLMS DBX dari seri ini dibanderol dengan harga Rp7.500.000 sampai dengan Rp 10.750.000.

4. DLMS DBX DriveRack Premium

Sumber: shopee.co.id

DLMS DBX DriveRack premium merupakan merk DLMS yang bagus yang bisa Anda jadikan referensi saat akan membeli DLMS. Fitur lengkap yang dimiliki oleh merk DLMS ini akan membantu untuk mempermudah konfigurasi dan juga penyeimbangan level, Advanced feedback suppression, autoEQ serta memiliki akses untuk penyempurnaan speaker bawaan dari perangkat ini.

5. DLMS DBX DriveRack 4820

Sumber: tokopedia.com

Merk DLMS yang bagus satu ini juga bisa Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk memberi DLMS. Tipe ini masih dari keluarga DriveRack yang juga punya beragam fitur menarik yang harus Anda ketahui.

Baca Juga :  Ciri-ciri dan Penyebab Kapasitor AC Rusak

DriveRack tipe ini punya engine DSP 96 KHz yang tentunya cukup kuat dengan I/O analog dan juga digital standar. DLMS ini juga memiliki panel depan tamper proof dan sudah menyediakan semua pemrosesan, kontrol yang diperlukan serta fleksibilitas.

Untuk bisa mendapatkan tipe ini Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp.46.400.000. Jika dibandingkan dengan tipe lain dari merk yang sama tentu saja harga ini termasuk yang paling mahal dan fantastis diantara yang lainnya.

6. DLMS Peavey VSX 26e

Sumber: shopee.co.id

DLMS Peavey VSX 26e ini merupakan merk DLMS yang bagus dan bisa Anda jadikan pilihan selanjutnya. DLMS Peavey punya fitur yang tidak jauh berbeda dengan merk lain dan dibanderol dengan harga yang terbilang murah untuk DLMS. Tahun 2022 ini jika dilihat di Shopee Anda dapat membeli merk dan tipe ini dengan harga Rp6.988.500

EQ filter: low shelf, PEQ, Hi ShelF, Low pass, high pass 1, all pass 2 crossover, dan lain sebagainya. Jika Anda membutuhkan DLMS dengan harga terjangkau maka bisa mencoba tipe ini.

7. DLMS Peavey CS 8000

Sumber: shopee.co.id

Peavey ini merupakan salah satu merk DLMS yang bagus dengan harga sangat terjangkau. Apabila Anda membutuhkan DLMS tetapi belum punya modal yang banyak maka bisa mencoba Peavey CS 8000 ini. Harga baru yang dimiliki oleh seri ini yaitu Rp3.000.000 – Rp4.500.000 dan harga bekasnya sekitar Rp2.000.000.

8. Behringer DCX2496

Sumber: shopee.co.id

Rekomendasi selanjutnya yaitu Behringer dengan harga yang juga cukup terjangkau untuk sekelas DLMS yaitu berkisar Rp5.525.000 atau bahkan lebih. Untuk pembelian 1 unit Anda akan mendapatkan 1 unit Behringer DCX2496, manual book, kabel power dan kartu garansi.

Spesifikasi dari seri ini yaitu sebagai berikut.

  • Number of channels
  • EQ Dynamic, parametric
  • Preset user 60
  • Analog outputs 6 x XLR
  • Analog inputs 3 x XLR
  • Rack spaces 1U
  • Height & Depth 1.7” & 8.5”

9. PROEL PC-240

Sumber: bukalapak.com

PROEL PC 240 memiliki spesifikasi yaitu sebagai berikut.

Input2 electronically balanced
Input impedianceLebih dari 10k ohms
Input gan+6dB to -30 dB in 0,2 dB steps
Maximum input level+20dBu (6-dB pad)
Output4 electronically balanced
Max output level+20dBu
Output gain+15 dB to -30 db in 0,2 db steps and mute
Output connectorsXLR M
Xover TypeBessel/buttenworth/linkwitz riley
Max delay time600 ms on all in out

Untuk membeli PROEL PC 240 kalian dapat mencarinya dibeberapa marketplace. Jika dilihat dari marketplace bukalapak PROEL PC 240 harganya Rp 5.850.000, berikut ini kami sediakan link sumbernya untuk dapat Anda cek lebih detail

10. Ashley DSP260

Sumber: shopee.co.id

Ashley tipe ini memiliki harga yang juga sangat terjangkau yaitu Rp2.800.000 dengan fitur yang hampir sama dengan brand lainnya. Termasuk bisa Anda jadikan rekomendasi untuk yang kekurangan budget untuk membeli DLMS.

11. Ashly Protea 4.8SP

Sumber: shopee.co.id

Rekomendasi merk DSLM yang bagus selanjutnya yaitu Ashly Protea 4.8SP dengan harga terjangkau yaitu Rp2.525.000 saja. Spesifikasinya yaitu sebagai berikut.

  • 4 input 8 output
  • 24 bit 49kHz A/D converters
  • Extensive digital proseccing
  • Built in limiter
  • Crossover, EQ dan delay
  • USB dan RS 232 interface
  • Kualitas grade A

Itulah beberapa informasi yang harus Anda ketahui terkait merk DLMS terbaik yang dapat Anda jadikan sebagai referensi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari DLMS yang bagus.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.