Mau Merakit Soundsystem? Gunakan 15 Merk Elco Terbaik Berikut!

ngulasmerk

Buat Anda yang sering kali menjalankan pekerjaan di bidang komponen kelistrikan, tentu sudah akrab dengan yang namanya Elco. Komponen yang sering kali juga disebut dengan kapasitor ini merupakan hal yang sangat penting, tidak mengherankan jika banyak teknisi mencari berbagai merk Elco terbaik untuk sejumlah perangkatnya.

Rekomendasi Elco Terbaik untuk Perangkat Audio

Elco memang sangat berguna bagi perangkat sound seperti speaker. Fungsinya sebagai penyimpan arus listrik yang searah dengan DC. Rangkaian ini biasa digunakan pada bagian power supply regulator, termasuk pada speaker. Dalam merakit elco Anda harus tau bagaimana cara cek min plus elco agar elco dapat berfungsi dengan baik.

Karena fungsinya ini, tidak mengherankan jika Elco begitu dibutuhkan oleh para perakit maupun teknisi soundsystem. Oleh karena itu, berikut ini beberapa rekomendasi Elco yang bisa Anda gunakan jika membutuhkan.

1. Elna

Sumber: shopee.co.id

Merupakan salah satu merk Elco terbaik yang paling dikenal oleh para teknisi. Elco yang satu ini memang biasa diperuntukkan saat perakitan soundsystem dan speaker hingga rangkaian power. Hal ini karena Elco Elna dikenal dengan daya microfarad (µF) dan voltase yang stabil.

Ada sejumlah tipe Elco merk Elna yang biasa digunakan, baik dengan voltase 50V hingga 100V. Jika digunakan untuk keperluan perakitan power dan soundsystem, Elco condensator 1000 µF (microfarad) 100V bisa menjadi pilihan yang tepat sehingga lebih stabil.

Lantas, bagaimana dengan harganya? Anda tidak perlu khawatir dengan harga karena masih sangat terjangkau, bahkan satu buahnya saja hanya berkisar antara 15-30 ribuan saja. Ada juga yang bisa mencapai lebih dari 50 ribu, namun biasanya memiliki ukuran dan kapasitas yang lebih besar.

2. Unicon

Sumber: shopee.co.id

Komponen elektronik yang satu ini juga menjadi salah satu pilihan banyak teknisi dalam suatu perangkaian komponen soundsystem. Biasanya, ukuran komponen Elco ini sedikit lebih besar dengan panjang sekitar 8 cm, diameter 3,3 cm dan berat sekitar 150 gram.

Elco pada merk ini biasanya berwarna gelap seperti hitam. Dengan ukuran yang cukup besar, tentu sebanding dengan kapasitas dan tegangan kerjanya, yakni mencapai 1000 µF dan 100V. Bobot yang sedemikian besar ini tentunya terpengaruh oleh lembaran elektrolit yang terdapat di dalamnya.

Mengenai harganya, ternyata cukup bervariasi. Namun untuk ukuran 1000 µF /100V tersebut, biasanya berkisar antara 60 ribu-an saja. Apabila ada yang kurang atau lebih dari itu, tentu perlu dicek kembali keasliannya, karena saat ini ternyata ada banyak oknum yang memalsukan Elco merk tersebut.

3. Nippon Chemicon

Sumber: shopee.co.id

Merupakan merk Elco terbaik lain yang juga sering dipilih dalam perakitan mesin seperti soundsystem. Kapasitor ini juga mempunyai beberapa pilihan kapasitas dan voltase, baik yang kecil seperti 470 µF 16V hingga yang berkapasitas besar 1000 µF 16V.

Baca Juga :  7 Rekomendasi Merk Kabel Listrik yang Bagus

Kualitas dari kapasitor ini memang tidak perlu diragukan lagi karena sudah banyak digunakan di berbagai perangkat. Hanya saja, karena biasanya ukuran dan kapasitasnya kecil, Anda harus benar-benar teliti sebelum memasangnya pada komponen.

Lalu bagaimana dengan harganya? Di beberapa toko online, harga Elco ini dibanderol dengan harga yang cukup rendah, bahkan ada yang tidak sampai 10 ribu rupiah. Kendati demikian, selalu pastikan Anda telah mengetes terlebih dahulu sebelum membelinya sehingga tidak mengalami penipuan.

4. OMR

Sumber: shopee.co.id

Merupakan satu dari sekian banyak kapasitor Elco untuk audio yang dikenal dengan kualitas dan originalitasnya. Kapasitasnya merk Elco terbaik ini juga cukup besar mencapai 10.000 µF dengan kaki lancip yang cocok digunakan untuk berbagai keperluan audio seperti psu power amplifier.

Elco yang umumnya identik dengan warna gelap dengan salah satu sisinya bergaris emas ini tentu terbukti bagus dari segi kualitas sehingga tidak perlu diragukan lagi oleh para teknisi audio. Apalagi dengan bodinya yang termasuk kecil, kapasitasnya bisa sangat besar yakni mencapai 10000 µF dengan voltase 80V.

Lantas bagaimana dengan harganya? Di sejumlah marketplace, harga kapasitor ini cukup beragam, namun rata-rata mencapai kisaran 30-50 ribuan rupiah per pcs. Dengan harga yang relatif terjangkau, tentu tidak akan sulit buat Anda mendapatkan kapasitor terbaik untuk segala perangkat audio Anda.

5. Rubycon

Sumber: shopee.co.id

Elco dengan merk Rubycon juga cukup familiar di kalangan para teknisi. Ada beberapa warna Elco mulai dari warna merah, biru, hingga hitam yang semuanya sama-sama mempunyai kapasitas dan voltase yang beragam namun tetap dengan kualitas terbaik.

Ambil contoh kapasitor Elco Rubycon merah, memiliki kapasitas 1000 µF dengan voltase 100V. Berukuran 3,5 x 7 cm dengan harga sekitar Rp35.000 per pcs. Adapun merk Elco terbaik ini cocok untuk digunakan pada sejumlah perangkat audio seperti soundsystem.

6. Rayden

Sumber: shopee.co.id

Kapasitor yang umumnya berwarna biru dengan tulisan emas ini juga menjadi salah satu kapasitor Elco yang paling banyak digunakan oleh para teknisi. Salah satu alasannya adalah kapasitasnya yang besar dengan voltase yang seimbang dan tentu saja, harganya yang terjangkau.

Bagaimana tidak, dengan kapasitas 10.000 µF 80V saja, hanya dibanderol setidaknya 17 ribu rupiah per pcs di sejumlah e-commerce. Harga yang terjangkau ini tentu menjadi keuntungan tersendiri karena teknisi dapat memperoleh Elco berkualitas dengan harga yang murah.

7. Oranda

Sumber: shopee.co.id

Oranda juga menjadi salah satu merk Elco terbaik yang sering kali digunakan oleh para teknisi dalam merakit atau memperbaiki audio seperti soundsystem. Kapasitor dengan ciri khas warna maroon dan tulisan silver ini memang menjadi salah satu merk Elco dengan kualitas terbaik.

Baca Juga :  Intip 10 Rekomendasi Merk TV Untuk PS3

Hal ini juga tidak terlepas dari spesifikasi dan kapasitas Elco yang dimiliki, yakni mulai dari ukurannya yang ideal (tinggi 8 cm, diameter 4 cm), beratnya yang mencapai 140 gram, hingga kapasitasnya yang cukup tinggi, yakni 10000 µF dan 100V.

8. Panasonic

Sumber: shopee.co.id

Siapa sih yang tidak kenal dengan merk Panasonic? Ya, brand yang terkenal dengan berbagai produk elektroniknya ini juga mempunyai produk Elco yang tentunya dapat melengkapi kinerja dari produk audionya.

Elco Panasonic ini mempunyai kapasitas yang memang tidak terlalu besar, yakni umumnya 2200 µF dengan voltasi 25V. Mengenai harganya, rata-rata di bawah 10 ribu rupiah karena Elco ini terbilang berukuran cukup kecil dibandingkan dengan Elco kebanyakan.

9. Epsilon

Sumber: shopee.co.id

Kapasitor epsilon juga menjadi salah satu merk Elco terbaik yang paling sering digunakan karena kegunaannya yang penting dalam komponen audio dan soundsystem. Merk epsilon juga dikenal handal dan dapat diterapkan pada PSU power amplifier.

Dengan ukuran yang relatif kecil, yakni tinggi 8 cm dan diameter 3,5 cm komponen Elco ini ternyata memiliki kapasitas yang cukup besar. Diantaranya dari 1000 µF 100V hingga 15000 µF 80V. Variasi ini tentu bisa menjadi pilihan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda yang ingin mereparasi atau sekadar merakit komponen soundsystem.

10. KY

Sumber: shopee.co.id

Merupakan salah satu merk Elco dengan ukuran yang cukup minimalis, baik dari ukuran bentuk maupun dari kapasitasnya. Bagaimana tidak, di sejumlah e-commerce dapat diketahui jika Elco ini beratnya tidak lebih dari 40 gram dengan harga kisaran belasan ribu rupiah.

Selain itu, ukuran tinggi dan diameternya juga tidak terlalu besar, yakni sekitar 12 mm untuk diameter (1,2 cm) dan 40 mm (4 cm) untuk tingginya. Kapasitasnya pun tidak terlalu besar yakni 100 µF dan 50V sehingga biasanya dipakai pada komponen yang tidak terlalu besar.

11. Nichicon

Sumber: shopee.co.id

Satu lagi merk Elco terbaik yang juga banyak dicari, yakni Nichicon. Elco ini umumnya berwarna hitam dengan tulisan silver dengan keterangan voltase maupun kapasitas yang jelas. Dengan tinggi sekitar 7 cm tentu akan cukup digunakan sebagai komponen perbaikan dan perakitan perangkat audio seperti soundsystem maupun amplifier.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Cek Min Plus Elco ? Berikut Caranya Untuk Pemula

Bicara mengenai ukuran dan kapasitas, kapasitor yang satu ini memiliki berat sekitar 110 gram dengan kapasitas 10000 µF dan voltase 100V. Harganya pun beragam, namun kisarannya sekitar 20-25 ribu rupiah di sejumlah e-commerce.

12. Paisan

Sumber: shopee.co.id

Jika diperhatikan, kapasitor yang satu ini sudah jelas mencantumkan keterangan “For Audio” yang menunjukkan jika Elco tersebut memang digunakan untuk kebutuhan audio seperti soundsystem atau speaker. Bahkan bisa dibilang, Elco merk Paisan ini sudah lama dikenal dengan kualitasnya dan bahkan cocok untuk PSU hingga tegangan 55 AC.

Dengan ukuran tinggi 6 cm, diameter 3,5 cm, dan berat sekitar 100 gram, Elco ini juga mempunyai kapasitas yang cukup besar, yakni 10000 µF 80V. Harga merk Elco terbaik yang satu ini cukup bervariasi, namun rata-rata berkisar antara 50 sampai 60 ribu-an rupiah.

13. KZN

Sumber: shopee.co.id

Anda mungkin kurang familiar dengan merk Elco yang satu ini, namun ternyata merk ini cukup sering dipilih oleh para teknisi untuk melengkapi komponen audio seperti pada soundsystem, speaker, hingga amplifier. Elco yang berukuran cukup mini ini juga tidak mempunyai kapasitas yang besar, yakni hanya berkisar 470 µF dan 25 V.

14. Bombardir

Sumber: shopee.co.id

Merk Elco yang satu ini juga banyak dikenal oleh para teknisi audio, terutama karena dari segi packaging yang biasanya terlihat lebih eksklusif. Begitu pula dengan ukuran dan kapasitasnya yang cukup besar, yakni dengan tinggi sekitar 6-7 cm dan diameter 3-3,5 cm.

Kapasitor Elco yang umumnya berwarna cerah ini cocok digunakan untuk berbagai keperluan perakitan komponen audio seperti amplifier. Dengan demikian, kinerja perangkat audio tersebut diharapkan akan jauh lebih meningkat dibandingkan sebelumnya. Begitu juga jika ada perbaikan, maka akan membuat kualitas audio semakin baik.

15. Samwha

Sumber: shopee.co.id

Elco merk Samwha ini sering kali dianggap sebelah mata karena sejatinya memang tidak murni untuk audio. Akan tetapi, merk Samwha ini termasuk bagus dan dipercaya banyak teknisi. Bahkan banyak komponen elektronik seperti TV menggunakan Elco Samwha untuk meningkatkan kualitas tampilannya.

Dengan kapasitas yang cukup besar, yakni 10000 µF 100V, tentu saja kapasitor Elco yang satu ini bisa diandalkan untuk berbagai fungsi audio dan kelistrikan pada komponen speaker maupun soundsystem. Untuk harganya, umumnya berkisar antara 60-80 ribuan.

Demikian sejumlah merk Elco terbaik yang sering kali direkomendasikan dan dipakai oleh para mekanik yang bertugas merakit maupun mereparasi komponen sound dan amplifier. Diharapkan orang yang merakit adalah orang-orang yang ahli dibidangnya agar tidak terjadi kesalahan dalam merakit yang dapat berakibat fatal misalnya pemasangannya terbalik, maka yang terjadi arus DC akan mengalami kerusakan yang dapat menyebabkan elco menjadi panas. Gejala tersebut dapat bertambah parah dengan elco yang berasap hingga kemudian elco meledak.

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda tidak lupa untuk menanyakan langsung kepada ahlinya jika merasa ragu akan memilih kapasitor mana yang cocok dengan perangkat audio Anda.

Artikel Terkait

Bagikan:

[addtoany]

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.