Bagaimana Cara Cek Min Plus Elco ? Berikut Caranya Untuk Pemula

ngulasmerk

Elco atau electrolytic condensor adalah salah satu komponen pada rangkaian elektronik. Elco atau yang biasa disebut juga sebagai kapasitor ini berbentuk tabung dengan kaki elco yang terdiri dari dua bagian yaitu kaki positif dan kaki negatif. Cara cek min plus elco perlu diketahui terutama untuk teknisi yang akan memasang komponen ini.

Pemasangan elco yang terbalik akan menyebabkan komponen tidak dapat bekerja pada rangkaian elektronik. Sebelum itu, Anda perlu memahami dulu tentang elco dan polarisasinya.

Elco Pada Rangkaian Elektronik

Sumber: shopee.co.id

Berikut ulasan selengkapnya mengani elco atau kapasitor.

1. Tipe-tipe Elco

Sebelum membahas cara cek min plus elco, terlebih dahulu Anda harus memahami beberapa tipe elco. Kapasitor elektrolit yang paling sering digunakan pada rangkaian elektronik yaitu kapasitor polar dan non polar.

Pembagian kapasitor polar dan non polar ini berdasarkan polaritas yakni kutub positif dan kutub negatif. Cara untuk mengetahui kutub positif dan kutub negatif kaki-kaki elco bisa menggunakan cara sederhana berikut.

  • Elco polar

Pada elco polar, Anda bisa membedakan kutub positif dan negatif dengan melihat kaki elco. Bagian kaki elco yang lebih panjang merupakan kutub positif. Begitu juga sebaliknya untuk kutub negatif.

  • Elco nonpolar

Sedangkan cara cek min plus elco pada tipe non polar dapat dilihat secara visual melalui tanda garis dari atas hingga bawah. Bagian yang memiliki garis lebih tebal adalah kutub negatif. Sedangkan kaki elco lainnya yang tidak memiliki garis tebal tersebut merupakan kutub positif.

2. Fungsi Elco

Elco merupakan komponen penting yang berfungsi sebagai penyimpan arus listrik DC. Selain itu, komponen ini juga memiliki berbagai fungsi lain pada sebuah rangkaian listrik. Berikut beberapa fungsi elco pada rangkaian elektronik.

  • Elco pada televisi dan radio
Baca Juga :  Harus Tahu! 10 Pilihan Merk Kapasitor AC Terbaik

Fungsi elco yang ada pada televisi dan radio adalah sebagai penyaring atau filter. Penyaring ini diperlukan untuk menyaring gangguan-gangguan dari luar agar perangkat dapat bekerja dengan lancar.

  • Elco pada lampu neon

Elco yang terdapat pada lampu neon memiliki fungsi yang berbeda. Fungsi komponen ini yaitu sebagai kapasitor yang mampu menghemat penggunaan daya listrik.

  • Elco pada amplifier

Kondensor ini juga dapat berfungsi sebagai penghubung amplifier atau kopling di tingkat yang rendah menuju ke tingkat yang lebih tinggi.

  • Elco pada rangkaian antena

Pemasangan elco pada rangkaian antena memiliki fungsi sebagai pembangkit frekuensi.

3. Mengecek kondisi elco rusak atau tidak

Selain memahami cara cek min plus elco, tidak kalah penting juga untuk memahami bagaimana kualitas elco, Anda bisa memilih merk elco terbaik agar elco Anda lebih berkualitas. Sebelum dipasang, Anda bisa melakukan beberapa pengecekan untuk memastikan elco masih dalam kondisi bagus. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek elco.

  • Cek elco secara visual

Sebelum memasang elco, sebaiknya Anda melakukan pengecekan untuk memastikan komponen ini masih layak untuk digunakan. Salah satu caranya adalah dengan melihat bentuk bodi kapasitor. Anda juga bisa merabanya untuk memastikan tabung elco tidak menggembung.

Elco yang terasa bergelembung ketika diraba patut dicurigai jika sudah rusak. Sebaiknya Anda mengganti dengan elco yang baru yang bagus kualitasnya.

  • Cek elco dengan multimeter

Selain menggunakan cek visual, elco juga dapat dicek menggunakan alat ukur atau multimeter. Jika Anda menggunakan multimeter analog, maka atur terlebih dulu skala skeletetor ke ohm dengan X1K.

Kemudian hubungkan kaki positif elco ke probe merah dan kaki negatif elco ke probe hitam. Perhatikan jarum pada display multimeter. Jika bergerak naik kemudian kembali, artinya elco dalam kondisi bagus.

Baca Juga :  Cara Memilih Amplifier yang Bagus untuk Masjid dan Rumah

Jika jarum bergerak naik tetapi tidak kembali, berarti elco rusak. Begitu juga jika jarum tidak bergerak sama sekali, berarti elco sudah rusak. Bagi Anda yang ingin mencoba cara ini perlu memahami cara cek min plus elco agar pengecekan dapat dilakukan dengan benar.

Selain dengan multimeter digital, Anda juga bisa mengeceknya menggunakan multimeter digital. Alat ukur ini cukup mudah untuk digunakan. Pertama Anda atur dulu skala selektor ke tanda elco.

Selanjutnya hubungkan kaki elco ke probe dan perhatikan display pada multimeter. Anda dapat mengetahui berapa nilai kapasitansi dari elco tersebut.

4. Cara memasang elco

Jika Anda akan merakit rangkaian listrik menggunakan elco, Anda harus paham dengan polarisasi elco dan cara pemasangannya yang benar. Begitu juga untuk Anda yang membutuhkan penggantian elco yang sudah rusak.

Selain cara cek min plus elco agar pemasangannya sesuai, Anda juga harus memahami cara membaca nilai kapasitor yang tertulis pada bagian tabung elco.

Contohnya elco memiliki keterangan berupa tulisan 2000 uf 35 v. Ini berarti nilai untuk kapasitor tersebut adalah 2000 micro farad dengan rentang tegangan hingga 35 volt. Artinya komponen ini dapat dipasang pada rangkaian elektronik dengan batas tegangan 35 volt.

Batas tegangan maksimal pada elco ini sangat penting untuk Anda perhatikan. Jika tegangan yang masuk lebih dari batas maksimal tersebut, maka elco akan rusak dan elco bisa meledak. Jadi bisa disimpulkan untuk pemasangan elco, perlu memperhatikan hal berikut.

  • Elco yang dipasang tidak boleh rendah dari voltase elco lama
  • Penggantian elco harus menggunakan uF dengan nilai yang sama

5. Elco pada speaker

Elco tidak hanya dijumpai pada amplifier, radio, maupun televisi saja. Komponen ini juga banyak digunakan pada rangkaian speaker. Elco pada speaker memiliki fungsi untuk menyaring suara secara sempurna.

Baca Juga :  Mau Merakit Soundsystem? Gunakan 15 Merk Elco Terbaik Berikut!

Setelah Anda memahami cara cek min plus elco, Anda dapat mempelajari fungsi elco khususnya pada sebuah speaker. Elco akan bekerja untuk memotong frekuensi rendah agar tidak masuk ke tweeter.

Peran elco ini penting karena jika frekuensi rendah atau nada bas tidak disaring dan masuk ke tweeter, maka tweeter akan rusak atau mati. Apabila Anda mendengarkan suara audio yang terdengar halus dan tidak pecah, berarti fungsi elco ini dimaksimalkan.

Elco dapat mengatasi masalah drop pada audio terutama suara bass yang terdengar terlalu bergetar. Pemasangan elco yang benar pada speaker dapat menurunkan getaran tersebut agar audio tetap nyaman didengar walaupun volume dimaksimalkan 75% atau lebih.

Jadi tidak hanya cara cek min plus elco saja yang perlu dipelajari, tetapi juga cara membaca nilai kapasitor dan cara pemasangannya. Ini sangat menentukan agar elco yang dipasang pada rangkaian tersebut dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Apabila salah pasang, bukan hanya perangkat yang tidak bekerja tetapi juga bisa merusak komponen di dalamnya. Elco mungkin bisa rusak dan lebih buruknya lagi elco bisa meledak.

Elco yang meledak sering ditemui karena kasus pemasangan elco yang salah. Cara memasang elco di speaker, power supply, atau lainnya harus dengan posisi yang benar dan sesuai tegangan yang direkomendasikan.

Itulah beberapa informasi mengenai elco lengkap dengan cara cek min plus elco untuk masing-masing tipenya. Intinya untuk memasang atau mengganti elco, semua perhitungan harus diperhatikan agar pemasangannya benar dan komponen bekerja sebagaimana mestinya. Pilihlah merk elco terbaik agar kalian memiliki elco yang berkualitas. Semoga informasi ini bermanfaat dan Terima kasih

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.

Tags