Beberapa Pilihan Merk Kabel Coaxial RG6 yang Bagus dan Perbedaan RG59

ngulasmerk

Kabel coaxial adalah kabel tembaga yang dilapisi dengan pelindung logam serta komponen khusus yang berfungi untuk memblokir berbagai gangguan sinyal. Kabel coaxial memiliki banyak jenis dan diklasifikasikan ke dalam jenis kabel RG atau Radio Guide. Penomoran pada kualifikasi kabel menunjukkan urutan pendaftaran jenis kabel, bukan mengacu pada jenis atau ukuran.

Ada beberapa tipe kabel RG seperti RG 59, RG 6 dan RG 11 yang biasanya digunakan untuk CCTV. Tipe RG 6 sendiri secara spesifik baik digunakan untuk CATV, satelit, antena TV, atau internet broadband. Banyak pilihan merk kabel RG6 yang bagus, kita dapat memilih berdasarkan spesifikasi yang disediakan produsen.

Tentang Kabel Coaxial

Seperti yang telah diterangkan diawal, kabel coaxial merupakan kabel tembaga seperti pada umumnya, yang memiliki pelindung khusus dengan fungsi memblokir gangguan sinyal. Kabel ini ditemukan pada tahun 1880 di Inggris oleh Oliver Heaviside. Namun, penggunaan kabel secara umum baru pada tahun 1940 untuk mentransmisikan data lintas benua.

Semua perintah kebutuhan akan sinyal satelit dan broadband menjadi sangat penting sehingga kabel coaxial menjadi sangat dibutuhkan. RG6 memiliki desain untuk memenuhi kebutuhan tersebut sehingga banyak merk kabel coaxial RG6 yang bagus yang menggunakannya. Kabel ini memiliki konduktor yang besar yang akan memberikan kualitas sinyal yang lebih baik.

Jenis Kabel Coaxial

Ada beberapa jenis kabel coaxial yang harus kita kenali antara lain :

1. Hard line

Kabel coaxial jenis ini adalah tipe kabel yang berketergantungan pada kombinasi logam pelindung dan tabung tembaga bundar. Jenis ini banyak digunakan sebagai kabel antena.

2. Triaxial Cable

Kabel triaxial adalah kabel coaxial dengan tambahan lapisan isolasi dan konduktor tambahan. Kabel ini lebih tahan gangguan, namun harganya lebih mahal.

3. Rigid-Line Coaxial

Rigid line coaxial merupakan kabel coaxial yang menggunakan dua tabung tembaga yang berfungsi sebagai pipa. Kabel ini adalah tipe kabel yang tidak bisa ditekuk. Kabel tipe ini biasanya difungsikan untuk penggunaan indoor (dalam ruangan) sebagai media transmisi radio frekuensi

4. Radiating Cable

Radiating cable hampir sama dengan Hard line, hanya aja memiliki slot khusus yang disetel sesuai dengan panjang gelombang kabel yang digunakan. Sebagai contoh kita dapat melihat pada pemakaian di lift maupun alat militer.

Lapisan Kabel Coaxial

  1. Centre Conductor merupakan bagian utama yang berlapis tembaga.
  2. Center Conductor Bond merupakan polimer yang berfungsi untuk mencegah kelembapan.
  3. Delektric, bagian ini berfungsi untuk menjaga kestabilan kabel .
  4. First Outer Conductor merupakan pelindung alumunium yang melindungi dielektrik.
  5. Second Outer Conductor merupakan pelapis kedua berupa aluminium polymare.
  6. Third Outer Conductor merupakan pelapis ketiga yang bahannya sama dengan pelapis kedua.
  7. Fourth Outer Conductor merupakan serat alumunium yang dikepang dan berfungsi menangkal gangguan eksternal.
  8. Corrosion resistant protector, Lapisan yang berfungsi untuk mencegah korosi karena kelembapan air
  9. Jacket, Lapisan terluar pelindung kabel.
Baca Juga :  Intip 6 Merk Avometer Terbaik, Digital dan Analog

Jenis dan Tipe Connector Kabel Coaxial

Selain jenis kabelnya, kabel ini juga mempunyai banyak konektor.

1. BNC (Bayonet Nell Concelman) biasanya digunakan untuk transmisi sinyal audio, video pada televisi. Frekuensi yang dimiliki adalah 4GHz.

2. TNC (Threaded Nell Concelman) digunakan untuk transmisi audio pada telepon. Frekuensi yang dimiliki adalah 12 GHz.

.3. SMA (Subminiatureversion A) Digunakan untuk ponsel, wifi, sistem radio dan gelombang mikro. Frekuensi yang dimiliki adalah 18 GHz

4. RCA (Radio Corporation of America) – adalah konektor tingkat standar untuk video dan audio, sering difungsikan untuk televisi dan perangkat lainnya. Ciri khas tipe connector ini adalah warnanya yang dibagi menjadi 3 jenis putih, merah dan kuning. Connector tipe ini juga sering disebut sebagai connector A/V.

5. Connector F – Biasanya difungsikan di televisi kabel maupun digital. Biasanya konektor ini menggunakan kabel RG 59 atau RG6.

Karakteristik Kabel Coaxial

Kabel coaxial memiliki beberapa karakteristik yang berbeda dengan media penyalur lainnya. Berikut adalah karakteristiknya.

  1. Mempunyai kecepatan penyalur data lebih dari 10 MBps hingga mencapai 100 MBps.
  2. Ukuran pada konektornya tidak terlalu kecil maupun terlalu besar.
  3. Panjang maksimal hingga 555 meter.
  4. Terbuat dari material berbahan kawat baja yang dilapisi oleh tembaga dan beberapa isolator yang berfungsi sebagai isolasi gangguan.
  5. Mempunyai batasan koneksi sejumlah30 device.
  6. Setiap segmentnya dilengkapi oleh ground.

Contoh Penerapan Menggunakan Kabel Coaxial

Beberapa contoh penerapan penggunaan kabel coaxial dalam kehidupan sehari-hari.

1. Kabel antena tv

2. LAN

3. Kabel pemancar

4. Kabel lift, terowongan di bawah tanah dan peralatan militer

5. Koneksi kabel antar hardware untuk stasiun tv maupun radio.

6. dll.

Keunggulan dan Kekurangan dari Kabel Coaxial

Kabel coaxial ini memiliki beberapa keunggulan dan juga kekurangan dibanding dengan kabel LAN maupun Fiber Optic. Keunggulan dan kekurangan tersebut diantaranya :

Keunggulan :

  1. Jarak maksimum pada kabel coaxial lebih panjang dibandingkan dengan kabel twister pair.
  2. Harga kabelnya juga relatif murah.
  3. Kabel ini bisa digunakan untuk transmisi data secara analog maupun digital.
  4. Kuat menahan berbagai gangguan eksternal.
  5. Mempunyai bandwith masuk dalam golongan besar.
  6. kemungkinan erornya akan lebih kecil.

Kekurangan :

  1. Tidak bagus jika digunakan pada topologi bus.
  2. Pemasangannya yang agak sulit.
  3. Perawatannya memakan biaya yang mahal.
  4. Koneksi devicenya maksimal hanya 30 unit.
  5. Kabelnya cenderung kaku.

Kabel Coaxial pada CCTV

Perangkat pada CCTV menggunakan DVR dan juga menggunakan kabel coaxial sebagai penghubung CCTV ke alat rekamnya (DVR). Jenis kabel yang digunakannya adalah kabel coaxial RG59 memiliki hasil kamera yang sangat stabil. Kabel ini juga dapat Anda tanam di dalam tanah untuk mengurangi kemungkinan adanya gangguan kabel putus jika Anda memasang di atas tiang. Jika anda ingin membeli kabel coaxial RG59 untuk CCTV anda dapat menggunakan merk kabel cctv terbaik agar kualitas lebih terjamin

Kabel Coaxial pada TV

Kabel coaxial dapat juga digunakan pada televisi, kegunaannya adalah untuk kabel pada antena tv. Saat ini antena televisi masih banyak yang menggunakan kabel coaxial sebagai media kabel antena ke televisi untuk tv digital maupun nondigital. Banyak merk kabel coaxial RG6 yang bagus dalam penggunaan kabel coaxial pada tv.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Cek Min Plus Elco ? Berikut Caranya Untuk Pemula

Perbedaan RG6 dan RG59

Kabel coaxial antara RG6 dan RG59 memiliki berbagai perbedaan. Walaupun terlihat sama, itu yang menyebabkan orang bingung memilih antara RG6 dan RG59 yang sesuai kebutuhan. Ketika memilih perhatikan spesifikasinya untuk dapat membedakannya.

Kabel coaxial ini memakai rantai RG untuk membedakan antara kabel lainnya. RG adalah tipe yang terlupakan dengan istilah militernya memiliki arti “Radio Guide”. Bedanya terletak di spesifikasi yang ditandai lewat angka dibelakangnya.

Ada banyak kabel coxial yang telah diciptakan beberapa tahun ini, namun banyak orang kurang mengetahui tentang kabel RG6 dan RG59. Berikut adalah penjelasannya.

1. Kabel RG6

Kabel RG6 ini didesign sebagai pemenuhan kebutuhan permintaan sinyal satelit dan juga internet broadband sebagai kabel yang efektif. RG6 ini memiliki konduktor lebih besar jadi akan memberikan kualitas sinyal lebih baik. Dielectric Insulationnya dibuat jadi lebih tebal yang bertujuan untuk mencegah kerusakan pada bagian sensitif pada peralatan elektronik yang dialirkan listrik.

Selain itu juga RG6 dibuat dengan shielding berbeda yang berfungsi untuk lebih efektif menangani sinyal level GHz. Hal ini yang membuat kabel RG banyak digunakan di berbagai satelit, antena tv, sistem CCTV maupun internet dengan berbagai merk kabel coxial RG6 yang bagus yang dapat Anda temukan.

2. Kabel RG59

Kehadiran dari kabel RG59 sudah sejak lama yang biasanya digunakan orang-orang sebagai koneksi kebel tv mereka. Namun dalam beberapa terakhir ini membuat kebutuhan kabel ini berkurang peminat. RG59 ini mempunyai konduktor lebih kecil dari kabel RG6, sehingga kualitasnya di bawah kabel RG6. Shieldingnya di dalam konduktornya juga didesign supaya tidak mencapai level GHz. Akibatnya kabel RG59 jadi pilihan yang tidak tepat jika digunakan untuk antena tv atau sebagai kabel koneksi internet.

Beberapa Rekomendasi Merk Kabel Coaxial RG 6

Dilihat dari desain dan susunan bahan bahannya, kabel coaxial atau RG ini didesain untuk tahan dari berbagai macam gangguan dari luar. Semua tipe kabel coaxial atau RG dapat kita temukan di pasaran. Berikut rekomendasi merk kabel coaxial RG 6 yang bagus :

1. Spectra Kabel

Sumber: shopee.co.id

Salah satu merk kabel ternama adalah spectra. Berbagai macam jenis kabel khususnya kabel CCTV dan internet menjadi unggulan mereka. Untuk kabel coaxial RG6 spectra memiliki dua opsi produk, yaitu kabel coaxial RG 6 Optimus series dan RG 6 platinum series.

Kabel Coaxial RG 6 Optimus Series 90% Shield Braided Coaxial Cable merupakan yang di design untuk berbagai macam kebutuhan seperti Extended Bandwith Satellite, HD TV Signals, CATV, CCTV and Two-Way Cable. Sama seperti fungsi optimus series, spectra platinum lebih diunggulkan karena kualitasnya.

Spektra kabel merupakan perusahaan yang selalu menjamin kualitas dari produk yang dibeli dan akan dikirimkan ke customer. SPECTRA sendiri terus berusaha untuk menghadirkan produk sempurna, atau memiliki tingkat kerusakan 0% (Zero Persen). SPECTRA menjaga betul kualitas kabel dengan adanya sistem quality assurance untuk setiap produk yang akan dikirimkan ke pelanggannya.

Baca Juga :  Pengertian Ampli Walet dan Fungsi Rangkaian Ampli Walet

Kabel coaxial RG 6 Optimus series dan RG 6 platinum series masing-masing harganya sekitar Rp. 4000/m. Kabel coaxial akan lebih murah jika dibeli dalam jumlah banyak. RG6 Optimus Series dimulai dari harga Rp. 250.000 per 100 m, sedangkan RG6 Platinum series dimulai dari harga sekitar Rp 1.250.000 per 300 m.

2. Kabel NIKO

Sumber: tokopedia.com

Kabel ini memiliki harga yang cukup terjangkau. Untuk kualitas sinyal sendiri, sesuai dengan harganya yang berkisar Rp. 275.000 per roll dengan Panjang 275 m, bisa dijadikan pilihan namun bukan sebagai pilihan utama.

3. Kabel LGSAT

Sumber: shopee.co.id

Keberadaan kabel ini cukup banyak di toko karena slah satu dari merk kabel coaxial RG6 yang bagus. Banyak diminati karena kemampuan menghantarkan sinyal cukup bagus namun, kabel ini memiliki kelemahan mudah atau cepat mengalami korosi pada serabutnya. Harga kabel LGSAT ini pun sangat terjangkau yaitu mulai dari harga Rp 40.000 per 20m.

4. Kabel Venus

Sumber: shopee.co.id

Kabel yang satu ini merupakan kabel buatan China. Banyak menyebar di Indonesia dengan kuualitas tembaganya cukup baik, namun memiliki kelemahan pada bagian jaket atau kulit luarnya yang mudah pecah dan mengelupas. Kabel venus ini harganya sekitar Rp. 130.000 per roll dengan panjang kurang lebih 90 m.

5. Kabel MMP

Sumber: shopee.co.id

Produk ini berasal dari Indonesia. Produk dalam negeri ini cukup bagus secara kualitas dan fungsinya, selain itu banyak ditemukan di pasaran. Harganya pun sangat terjangkau yakni sekitar Rp. 35.000 per 20 m.

6. Kabel Tanaka

Sumber: shopee.co.id

Kabel Tanaka merupakan salah satu merk kabel coaxial RG6 yang bagus, maka dari itu merk ini sangat mudah ditemukan di semua toko elektronik. Mengenai kualitas sinyal, kabel ini cukup standar dan tidak terlalu menonjol. Kabel ini memiliki kelemahan lapisan tembaga menempel dengan serabut.

Meskipun memiliki kelemahan, kabel ini tahan tarik dan tak mudah patah. Harga kabel tanaka ini mencapai Rp. 50.000 per 20 m.

7. Kabel Matrix

Sumber: shopee.co.id

Kabel merk ini memiliki kualitas yang hampir sama dengan merk Tanaka. Begitu pula pada kelemahannya, sering terjadi serabut menempel pada tembaga sehingga dapat berakibat fatal. Kabel ini bisa anda dapatkan dengan harga yang murah, yakni Rp. 30.000 per 20 m.

8. Kabel K-vision

Sumber: shopee.co.id

Kabel merk K vision termasuk salah satu merk kabel coaxial RG6 yang bagus. Merk ini disebut memiliki tingkat keawetan yang tinggi, tidak mudah patah dan terbuat dari tembaga yang berkualitas. Harganya pun cenderung murah, yakni hanya Rp. 25.000 per 20 m.

9. Kabel KAONSAT

Sumber: shopee.co.id

Kabel coaxial kaonsat menjadi salah satu kabel dengan hantaran sinyal terbaik. Banyak juga direkomendasikan sebagai merk kabel coaxial RG6 yang bagus. Namun, harganya cenderung mahal, yaitu sekitar Rp 1.000.000 untuk 300 m.

10. Kabel Kitani

Sumber: shopee.co.id

Kabel merk ini sudah terkenal sebagai kabel yang berkualitas di segala jenis kabel. Kabel Kitani memang salah satu merk pendatang yang memiliki tempat dipasar Indonesia. Soal harga memang Kitani cukup berada diatas rata-rata, namun harga tersebut tidak mengecewakan konsumen karena kualitas bahannya yang bagus ini dibandrol dengan harga Rp. 82.500 per 10 m.

Sekarang Anda sudah mengetahui apa itu kabel RG6 dan juga perbedaannya dengan kabel RG59. Selain itu, di atas juga disebutkan berbagai rekomendasi merk yang dapat Anda pilih dan juga Anda temukan di berbagai toko online maupun offline.

Demikian rekomendasi merk kabel coaxial RG6 yang bagus, pemilihan kabel harus lebih teliti, tidak hanya membandingkan harga akan tetapi mempertimbangkan aspek kualitas dan keamanan. Semoga Informasi ini bermanfaat dan bisa menambahkan rekomendasi buat Anda.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.