Begini! Cara Memberi Makan Kelinci Dengan Pelet Yang Benar

ngulasmerk

Kelinci merupakan hewan yang dominan banyak untuk dipelihara. Bagi Anda yang memelihara kelinci maka Anda juga harus mengetahui ilmu cara memberi makan kelinci dengan pelet yang benar. Hal tersebut dilakukan guna kelinci mendapatkan makanan sehat dan bergizi.

Umumnya sebagai pemula yang memelihara kelinci belum mengetahui bahwa kelinci membutuhkan nutrisi yang seimbang. Jika tidak seimbang dalam mendapatkan nutrisi yang seimbang, maka akan timbul masalah serius pada usus dan bisa saja berakhir dengan fatal.

Pelajari Cara Memberi Makan Kelinci Dengan Pelet

Sama halnya dengan manusia, hewan juga membutuhkan nutrisi yang seimbang. Sebelum berakibat kelinci peliharaan Anda menjadi sakit, alangkah lebih baik untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu untuk mengenal cara memberi makan.

Pakan untuk kelinci setidaknya harus mengandung nutrisi yang lengkap yaitu :

  • Air dengan maksimal 12%
  • Protein pada kisaran 12-18%
  • Lemak maksimal 4%
  • Serat kasar dengan jumlah maksimal 14%
  • Kalsium sebesar 1.36%
  • Fosfor sebesar 0.76%

Nutrisi itulah yang harus dipenuhi oleh kelinci. Namun tetap saja, untuk memberi pakan kelinci maka Anda harus memperhatikan dan menyesuaikan umurnya.

Pelet bisa menjadi salah satu makanan yang bisa diberikan kepada kelinci. Namun ada cara memberi makan kelinci dengan pelet tersendiri. Sehingga Anda tidak dianjurkan dan tidak diperbolehkan memberikan kelinci pakan pelet pada setiap waktu makannya.

Baca Juga :  Pengganti Bread Improver yang Bisa Digunakan Saat Membuat Roti

Cara memberi makan kelinci dengan pelet biasanya hanya diperlukan sebanyak 1kg/hari. Kemudian pemberian pelet ini biasa dilakukan pada pukul 10.00 pagi. Tentu saja, kelinci juga perlu disediakan air minum, sehingga bisa langsung minum setelah selesai menyantap makanannya.

Penggunaan air minum sangat dianjurkan menggunakan air minum, layaknya air minum yang dikonsumsi manusia atau air yang sudah dimasak. Sebab air siap konsumsi jauh lebih steril dan bebas dari bibit penyakit.

Jenis dan Cara Memberi Makan Kelinci Dengan Pelet Sesuai Umur

cara memberi makan kelinci dengan pelet
Sumber: pixabay.com

Jika sekarang Anda sudah paham cara memberi makan kelinci dengan pelet dari segi waktu pemberian makan pelet kepada kelinci Anda, maka Anda juga harus mengetahui bahwa tidak semua jenis pelet bisa diberikan kepada kelinci.

Ada jenis-jenis pelet yang bisa diberikan sebagai pakan untuk kelinci sesuai dengan umurnya. Jenis dari pelet yang boleh dikonsumsi kelinci antara lain:

1. Pelet berbahan alfalfa

Pelet ini banyak terkandung kalsium, sehingga cocok untuk pertumbuhan kelinci. Sama dengan kandungannya, maka pelet alfalfa ini cocok dijadikan pakan untuk kelinci yang mempunyai usia kurang dari 7 bulan.

2. Pelet timothy

Pelet ini digunakan untuk kelinci Anda yang sudah mulai tumbuh bulu hingga mencapai dewasa. Sehingga pelet ini cocok untuk kelinci dengan umur di atas 7 bulan. Pelet ini tidak kaya kandungan kalsium seperti alfalfa, namun terdapat nutrisi yang lainnya.

Biasanya kelinci tidak akan mudah menerima pergantian jenis pellet sebagai pakannya. Sehingga cara memberi makan kelinci dengan pelet yang berbeda, Anda perlu menambahkan pelet jenis sebelumnya. Anda bisa membuat range percampuran secara bertahap.

Hal tersebut bisa membuat kelinci lebih cepat beradaptasi dengan makanan pelet jenis barunya. Sehingga sistem pencernaan dari kelinci juga tidak akan kaget dan meminimalisir terjadinya masalah kesehatan pada sistem pencernaan kelinci.

Baca Juga :  Perbedaan Bread Improver dan Fermipan untuk Membuat Roti

Bentuk Serta Cara Memberi Makan Kelinci Dengan Pelet

Lebih baik Anda menggunakan pelet jenis biasa, dimana pelet tersebut tidak mengandung biji atau kacang. Sebab banyak bentuk pelet yang dijual, mulai pelet mewah atau pelet warna-warni. Selain itu, pastikan Anda membeli merk pelet kelinci yang bagus agar kualitas lebih terjamin.

Penggunaan pelet biasa sebagai pakan kelinci dilakukan dengan alasan berikut :

  • Lebih aman
  • Lebih bergizi
  • Memiliki penampilan pelet yang konsisten

Kelinci tidak membutuhkan kandungan biji-bijian atau kacang sebab tidak bisa menambah nutrisi.

Simak Cara Memberi Makan Kelinci Dengan Pelet dan Praktekan

Cara memberi makan kelinci dengan pelet tentunya terdapat aturannya, inilah aturan yang bisa Anda praktikkan ke kelinci Anda :

  1. Pelet diberikan maksimal 3 ons atau 85 gram pelet dalam sehari
  2. Lebih mudah, berikan ¼ hingga ½ cangkir pelet untuk setiap 2.7 kg dari berat badan kelinci
  3. Kemudian pantau berat kelinci dan cara makan kelinci
  4. Jika tidak habis dalam satu waktu makan, maka pelet diberikan lebih sedikit dari berat seharusnya

Dalam kehidupan alaminya, kelinci memang tidak membutuhkan pelet. Namun pemberian pelet dilakukan dikarenakan pelet berisi nutrisi yang mudah disediakan dan diserap kelinci setiap hari. Sehingga kelinci juga bisa melakukan diet alami.

Pantangan Dalam Cara Memberi Makan Kelinci Dengan Pelet

Selain mengetahui cara memberi makan kelinci dengan pelet, ternyata terdapat pantangan dalam memberikan pakan pelet jika terjadi hal-hal berikut ini:

1. Makan kelinci lahap

Jika kelinci makan dengan lahap dan sudah menghabiskan pelet, maka kita tidak diperbolehkan menambahkan pelet. Sebab pelet kaya akan nutrisi, jika dikonsumsi melebihi batas maka kelinci akan mengalami obesitas.

2. Wadah makan pelet jatuh

Jika wadah makan sengaja dijatuhkan oleh kelinci maka kelinci tidak membutuhkan banyak pelet. Sehingga kita perlu mengurangi untuk jadwal keesokan harinya.

Baca Juga :  Bahaya Bread Improver yang Dapat Ditimbulkan

3. Buang sisa pelet di wadah

Jangan menyisakan pelet yang sisa di wadah, lebih baik dibuang. Hal tersebut dilakukan agar kelinci tidak memakan makanan basi atau makanan yang sudah terkontaminasi dengan bakteri atau jamur.

Ketiga kejadian itu harus Anda amati jika sedang memberikan pakan pelet ke kelinci Anda. Sebab kelinci memiliki sistem pencernaan yang sensitif. Jika kita tidak paham cara memberi makan kelinci dengan pelet, maka kelinci rentan terkena penyakit pada bagian saluran pencernaannya.

Cara Simpan Pakan Pelet

Setelah mengetahui ilmu dalam memberikan pakan pelet, tentunya sekarang Anda tidak boleh sembarangan dalam memberikan pelet ke kelinci Anda. Tetap terdapat aturan dalam memberikan pakan yang harus diterapkan.

Hal selanjutnya, agar pakan pelet kelinci bisa lebih awet dan tahan lama, maka ada beberapa tips atau cara yang bisa Anda lakukan yaitu :

  1. Pelet tidak boleh disimpan lebih dari 6 minggu
  2. Ketika membeli pelet, beli pada jumlah terbatas sehingga tidak ada pelet yang berjamur selama penyimpanan
  3. Jika pelet sudah disimpan lebih dari 6 minggu, maka pelet tersebut wajib dibuang.
  4. Simpan pelet pada wadah tertutup
  5. Letakan wadah pelet pada tempat yang sejuk dan kering

Itulah cara menyimpan pelet untuk kelinci Anda agar bisa lebih berkualitas saat dikonsumsi pada kelinci Anda. Untuk mengetahui pelet yang sudah berjamur dan tidak layak, biasanya pelet sudah kering dan berbau tengik serta rapuh.

Dengan begitu, berakhir sudah penjelasan cara memberi makan kelinci dengan pelet. Pelet memang mengandung banyak nutrisi namun harus sesuai anjuran dalam mengonsumsinya dan jangan lupa untuk senantiasa menyediakan air minum untuk kelinci Anda dalam wadah yang bersih.

Anda yang memutuskan merawat kelinci maka Anda harus bisa konsisten menjaga kebersihan dan jadwal makan dari kelinci Anda. Selain pakan pelet yang harus dijaga, semua wadah pakan dan air minum perlu diganti setiap hari dan dicuci.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.