Begini! Cara Memancing Udang Galah di Sungai dengan Jitu

ngulasmerk

Untuk memancing udang galah tentu Anda harus mengetahui cara memancing udang galah di sungai dengan jitu. Udang galah hidup di dasar sungai dengan tipikal arus sedang.

Sekalipun dipercaya bisa bertahan di air payau, udang galah memiliki kecenderungan lebih suka mencari makan di daerah aliran sungai seperti muara serta perairan air hangat.

Udang galah semakin populer di banyak kalangan penikmat sensasi memancing sebab diyakini bahwa perlawanan dan tarikannya pada joran pancing ataupun peralatan yang digunakan cukup menyenangkan.

Karakteristik dari sesi fighting tersebut menitikberatkan pada hentakan-hentakan kasar serta menarik kenur untuk menjaga posisinya di dasar. Terkadang hal tersebut membuat para pemancing udang harus berupaya lebih ekstra untuk memenangkan dan menaklukannya.

Hal ini dikarenakan jika melakukan kesalahan dalam pertarungan melawan sapit biru maka dikhawatirkan justru mereka akan terlepas atau mulutnya terkoyak.

Anda perlu mengingat bahwa udang mempunyai anatomi yang bertolak belakang dengan ikang. Oleh sebab itu cara memancing udang galah di sungai nantinya sedikit berbeda dari cara memancing ikan secara umum.

Memerlukan pemahaman dalam memilih umpan yang efektif dan menentukan spot memancing udang galah. Selain itu juga harus mengetahui kebiasaan yang dimiliki oleh primadona di air tawar ini terlebih dahulu.

Kecenderungan tempat udang galah mencari makan dan memilih waktu bila akan memancing mereka menjadi prioritas utama untuk para penghobinya. Berikut ini beberapa tips jitu untuk memancing udang galah.

Tips Jitu untuk Memancing Udang Galah di Sungai

Sumber: youtube.com/c/blueparay79

Berikut beberapa tips yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mengambil keputusan untuk menikmati sensasi memancing si monster di dasar sungai ini.

Baca Juga :  Macam-macam Alat Pancing dan Harganya yang Wajib Diketahui Para Pemula

1. Waktu yang tepat untuk memancing udang

Tips pertama cara memancing udang galah di sungai adalah soal pemilihan waktu, apakah Anda akan memancing di siang atau malam hari, sampai kondisi cuaca serta kondisi kekeruhan air yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu.

2. Upayakan untuk memancing saat sungai sedang surut

Saat kondisi air sungai sedang tinggi, kawanan induk udang galah dengan ukuran menengah keatas umumnya ada di tepian sungai. Sebenarnya tak menjadi masalah bila harus memancing di tpian, namun kesulitan yang umumnya kerap dihadapi adalah kail tersangkut.

Hal itu dikarenakan udang galah senang bersembunyi di sela-sela tumpukan kayu yang terdapat di dasar sungai. Tak hanya itu saat pasang udang juga memiliki kecenderungan yang malas untuk menarik umpan.

Kondisi suhu air yang berubah-ubah serta cenderung ada pada temperatur yang rendah membuatnya tak direkomendasikan bila Anda ingin memancing udang galah.

3. Utamakan untuk memancing saat malam hari

Sekalipun dalam prakteknya siang hari sekalipun masih memiliki potensi untuk menaikkan udang galah, namun tetap saja malam hari merupakan waktu yang diutamakan. Mengingat udang galah merupakan hewan nocturnal yang beraktifitas mencari makanan di malam hari.

Tak hanya itu, keuntungan cara memancing udang galah di sungai saat malam hari juga mengurangi gangguan dari udang kecil dimana ketika siang hari kerap menarik umpan sehingga bisa memperkecil peluang sambaran dari induk udang galah.

Ketika malam, kecenderungan udang ada di air dangkal guna mendekati udang kecil yang nantinya menjadi mangsa favoritnya. Oleh sebab itu udang kecil berwarna putih yang masih segar sangat cocok untuk digunakan sebagai umpan memancing.

4. Memancing udang galah saat air berarus

Air sungai yang memiliki fase naik turun yang menimbulkan air menjadi berarus sangatlah cocok dipilih bila Anda berencana memaksimalkan tarikan dari umpan. Umumnya pemancing senang saat sungai berarus dimana momennya sebelum pasang dan akan surut.

Baca Juga :  Ini Dia! 7+ Rekomendasi Merk Timbangan Gantung yang Bagus

Arus nantinya membantu pergerakan dari umpan sehingga udang galah pun tertarik untuk memakan umpan yang Anda gunakan. Sebaliknya saat air sedang tenang maka umpan pun tak menimbulkan pergerakan yang berarti.

Hal tersebut bisa menguji kesabaran para pemancing untuk menanti tarikan demi tarikan dari si udang galah.

5. Tak memancing udang galah pada musim hujan

Cara memancing udang galah di sungai berikutnya adalah tak memancing pada musim hujan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa udang tak menyukai perairan yang dingin dengan air sungai yang tinggi.

Kondisi temperatur atau suhu air yang tak stabil serta tingginya tingkat kekeruhan pada air membuat udang enggan untuk keluar mencari makanan.

6. Memilih peralatan dalam memancing udang galah

Pilihlah joran dengan tingkat lengkung sedang, atau yang biasa disebut oleh rekan-rekan pemancing sebagai slow action. Mengingat bila joran terlalu kaku maka dikhawatirkan aksi tolak lawan yang diberikan joran akan membuat udang terlepas dikarenakan mulut terkoyak.

Berikutnya pilih kenur atau lines berukuran kecil. Dalam penerapannya gunakan kenur 0.20 mm yang tak akan terlalu menerima efek arus sungai agar tak terseret kearah lain. Gunakan timah dengan ukuran sedang saja supaya pergerakan joran bisa terlihat dengan baik.

Untuk rangkai pancing dalam melakukan cara memancing udang galah di sungai dari ujung umumnya yaitu mata pancing, stopper serta timah pemberat. Akan tetapi peran stopper sudah bisa diganti oleh kili-kili.

Hal tersebut sebagai pencegahan timah melorot serta lebih menghemat timah jika pancing tersangkut dan putus. Terjadinya kusut pada leader kenur juga bisa diantisipasi oleh kili-kili ini.

Sebaiknya mata pancing udang memakai ukuran universal, sekalipun tujuan atau target utama adalah udang galah namun tak berarti harus memakai kail dengan ukuran besar pula.

Baca Juga :  Harus Tahu! Jenis Mata Pancing Terbaik Yang Ada di Pasaran

Mata pancing berukuran nomor satu atau dua bertipe baja karbon tipis bisa dipilih menjadi amunisi untuk menaklukan udang galah.

Jangan memakai mata pancing dengan besi besar/tebal sebab dikhawatirkan saat udang menggigit umpan nantinya merasakan ujung mata pancing lalu menghindari pancing sehingga akan sulit mendeteksi pergerakan mereka pada pancing.

Selain itu, untuk mendukung peralatan yang memupumi anda harus tahu merk mata pancing udang terbaik yang bisa menjadi referensi anda dalam mencing udang galah. Pilihlah peralatan yang terbaik agar tidak terjadi kendala teknis yang tidak seharusnya terjadi

7. Cara untuk memancing udang galah

Cara memancing udang galah di sungai berbeda dengan cara memancing udang putih atau udang bulan. Bila udang putih berukuran sebesar jempol kaki memerlukan refleks ketika ada sambaran, maka Anda harus sedikit bersabar untuk memancing udang galah.

Udang galah umumnya akan menarik dengan perlahan dikarenakan capitnya yang panjang lalu joran akan sedikit demi sedikit melengkung. Joran jangan langsung diangkat, biarkan selama beberapa detik menurut perkiraan feeling apakah umpan telah dimakan udang galah.

Namun terkadang ada pula yang secara tiba-tiba memberi hentakan. Bila Anda memakai kayak/boat dan sampan maka upayakan untuk fokus supaya joran tak masuk ke dalam sungai dikarenakan begitu kuatnya tarikan dari udang galah.

Untuk umpan udang galah, bisa menggunakan anak udang putih atau cacing tanah. Jenis umpan lainnya yang cukup jitu dan ampuh adalah cacing naga atau cacing nipah. Namun memang cukup sulit ditemukan serta harganya cukup mahal bila harus membeli.

Nah itu tadi pembahasan tentang cara memancing udang galah di sungai dengan jitu. Semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin memancing udang galah berukuran besar.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.