7 Merk Pipa AC yang Bagus dan Berkualitas

ngulasmerk

Pusing mencari merk pipa AC yang bagus lantaran banyak pilihannya? Jangan asal memilih merek, pastikan yang dipilih berkualitas agar tahan lama. Misalnya, dengan memperhatikan ketebalan dan kualitas material.

Jenis-Jenis Pipa AC

Ada dua jenis pipa AC yang sering digunakan, yakni pipa isolasi dan pipa non isolasi. Berikut penjelasan lengkap untuk masing-masing jenis pipa.

Pipa Isolasi

Saat ini masih banyak yang keliru mengenai pelindung pada pipa AC yang memiliki fungsi untuk mencegah keluarnya hawa dingin dari pipa AC. Orang tersebut beranggapan bahwa pipa AC tidaklah dilapisi oleh pelindung atau duct tape.

Terlepas dari pembahasan di atas, sebenarnya fungsi pipa AC berisolasi adalah untuk mencegah terjadinya kebocoran yang mengakibatkan freon keluar dari kondensor dan tentu saja ini sangat berbahaya untuk kesehatan siapapun.

Namun, adanya duct tape atau pelindung tadi pada pipa, bisa menahan kebocoran freon tersebut, mulai dari kebocoran kecil hingga besar. Ada satu pipa kabel AC isolasi yang cukup tebal, yakni pipa AC NS yang cocok digunakan pada AC Inverter.

Pipa Non Isolasi

Sifat pipa AC non isolasi yang berbahan tembaga umumnya mempunyai sifat yang korosif dan tidak tahan terhadap panas. Ini dikarenakan pipa non isolasi tidak memiliki pelindung penghantar listrik. Akan Tetapi, sekarang ada pipa tembaga non isolasi yang tak bersifat korosif, yakni pipa tembaga NS. Pipa tersebut termasuk produk yang berkualitas dengan kualitas premium dan sudah sering diaplikasikan pada instalasi unit pendingin ruangan.

Di samping itu, variasi ketebalan yang disediakan dari pipa NS pun beragam sekali. Jika jenis freon adalah R32 dan R410a, maka pipa kabel tembaga non isolasi yang cocok adalah ukuran ¼ dengan ketebalan 0.61 mm. Berbagai macam mesin condensing unit (freezer, chiller, showcase, undercounter, dan kulkas rumah tangga) pun bisa menggunakan jenis ini sebagai pilihan pipa AC nya.

Rekomendasi Merk Pipa AC yang Bagus

Dengan fungsi pipa AC yang sangat penting dalam mengatur tekanan, maka langsung saja, simak beberapa merk pipa AC yang bagus.

1. Pipa AC Saeki

Sumber: tokopedia.com

Beberapa perkantoran, rumah sakit, dan gedung-gedung paling banyak menggunakan pipa ini. Karakteristik pipa AC merk Saiki lebih lunak. Sehingga, memungkinkan pipa untuk dilipat dan ditekuk. Di samping itu, pipa ini pun cukup tebal serra awet jika ingin digunakan pada jangka waktu yang lebih lama, Biasanya, pipa AC Saeki ini dijual di pasaran seharga Rp. 1.470.000.

Baca Juga :  Harus Tahu! Jenis Mata Pancing Terbaik Yang Ada di Pasaran

2. Pipa AC Hoda

Sumber: tokopedia.com

Honda adalah merk pipa ac yang bagus dan termasuk yang paling banyak digunakan di Indonesia. Dikarenakan harganya memang lebih terjangkau daripada merek lainnya. Hoda sendiri adalah pipa set, yang sudah disertai dengan busa pembungkusnya. Sehingga, akan lebih mudah saat menggunakannya.

Di samping itu, juga mudah dibengkokkan tetapi tidak sampai patah. Jadi, jalur pemasangan atau instalasi yang membutuhkan belokan, akan membuat teknisi lebih mudah mengaplikasikannya.

Dengan harga terjangkau, pipa AC ini tidaklah terlalu tipis. Ketebalannya berkisar antara 0,5–0,6 mm. Sementara itu, kapasitas pipa AC ini adalah ½–5 PK. Untuk harga pipa AC Hoda yang berukuran 1 meter adalah Rp. 50.000. Sedangkan, yang 39 meter adalah Rp. 1.550.000.

3. Pipa AC Artic

Sumber: tokopedia.com

Sebagian lingkungan perumahan yang ada di Indonesia rata-rata memang menggunakan pipa AC merk Artic ini, lebih spesifiknya untuk jenis AC split.

Orang-orang lebih menyukai merk ini karena memang kualitasnya bagus dan tahan lama. Pun, sudah dilengkapi juga oleh insulasi yang akan membuatnya meredam saat proses kondensasi sedang berlangsung.

Ada dua ukuran pipa AC Artic, yaitu ukuran 1 meter dengan harga Rp. 37.000. Lalu ada ukuran 30 meter dengan harga Rp. 1.075.000.

4. Pipa AC Nippon Steel

Sumber: tokopedia.com

Merk pipa AC yang bagus lainnya adalah Nippon Steel dengan ketebalan yang dimilikinya yaitu 0,7 mm. Ketebalan pipa yang berkisar di angka tersebut membuatnya sangatlah layak digunakan. Sebab, tidak terlalu tipis maupun tebal. Ketebalannya ini membuat proses pemasangan jadi lebih mudah dan saat dipasang pun tidak akan mudah bocor.

Harga Pipa AC Nippon Steel ukuran 30 m adalah Rp. 1.550.000. Akan tetapi, sayangnya pipa dengan merk Nippon Steel masih sangat jarang dijumpai di pasaran. Begitupun distributornya yang saat tidak terlalu banyak. Sehingga membuat pencarian akan lebih sulit.

5. Pipa AC Tateyama

Sumber: tokopedia.com

Pipa AC buatan Tateyama telah diproses menggunakan standar ASTM B280. Sehingga hasil akhirnya lebih tahan lama dan tebal. Apabila kamu lagi mencari merek pipa yang awet, bagus, dan berkualitas, Tateyama patut jadi salah satu pilihanmu.

Untuk pengaplikasiannya, produk Tateyama in dapat digunakan pada freon R410A dan R407A. Penggunaan pun kini juga sudah bisa pada freon R407c. Dikarenakan pipa ini sudah dilapisi oleh Closed Cell Crosslinked Polyurethane Foam yang diketahui bsa memberikan daya tahan yang lebih lama dari sinar matahari. Pemasaran pipa ini dalam bentuk rol dengan panjangnya kurang lebih 1 meter dan 30 meter. Untuk pipa AC 1 meter dibanderol dengan harga Rp. 49.000. Sementara, pipa AC 30 meter Rp. 1.370.000.

Baca Juga :  Rekomendasi 10 Merk Bor Duduk Terbaik yang Patut Dicoba

6. Pipa AC Daikin/ DSP

Sumber: tokopedia.com

Perlu kamu ketahui, sebelumnya yang dipasarkan yaitu pipa AC Daikin dari Jepang. Akan tetapi, karena adanya keterbatasan ketersedian dari impornya, maka kini digantikan dengan Daikin Singapore atau DSP. Pipa AC Daikin dinilai lebih tebal dari lainnya, dengan ketebalan 0,8mm. Jenis pipa ini pun sudah lolos dari ASTM-B280. Dengan kategori gradenya yang paling tinggi, maka kemampuan pipa AC Daikin sudah rak perlu diragukan lagi. Sementara, untuk variannya tersedia mulai 0,5–2,5 PK.

7. Pipa AC Sankyo

Sumber: tokopedia.com

Ketebalan dari pipa AC Sankyo sangatlah mumpuni dan cocok digunakan untuk jenis freon R410 dan R32. Harga 1 meter pipa AC Sankyo ini yaitu Rp. 45.000. Sedangkan, ukuran 30 m nya adalah Rp. 1.300.000. Jenis pipa ini pun lebih kuat dan cukup pemasangannya mudah. Dengan kualitasnya tersebut, pipa AC Sankyo bisa menahan beban dengan baik dan juga kuat terhadap tekanan.

Indikator Penting Saat Membeli Pipa

Adapun saat memilih merk pipa AC yang bagus, pastikan kamu memperhatikan beberapa hal berikut ini supaya tidak rugi.

  • Bahan Dasar Pipa

Bahan dasar pipa AC sudah pasti tembaga yang bersifat cukup kuat dan tahan lama. Agar lebih awet, pastikan pipa yang kamu pilih benar-benar berbahan dasar tembaga murni. Apalagi, saat ini cukup banyak ditemui adanya oknum yang justru mencampur bahan tembaga ini dengan zat lain demi mengurangi biaya produksinya.

  • Ketebalan Pipa

Meskipun pipa AC terbuat dari tembaga, ternyata tidak menjamin bahwa ketebalannya telah sesuai dengan ACmu. Untuk itu, sebaiknya pilihlah pipa AC yang tebal serta bersifat tahan lama. Sebab, pipa sendiri akan dipakai untuk mengalirkan freon. Maka dari itu, pastikanlah bahwa pipa yang dipilih benar-benar mempunyai kualitas tinggi dan lebih tebal.

Apabila pipa yang kamu beli terlalu tipis, risiko kebocoran akan lebih tinggi. Ujung-ujungnya, biaya perbaikan lagi yang harus merogoh kantongmu. Saat pipa sedang mengalami kebocoran, pastinya freon terbuang keluar. Alhasil, AC tidak dingin lagi dan mesti diganti lagi dengan yang baru.

  • Standar Ketebalan Pipa

Perlu kamu ketahui bahwa pipa AC ternyata mempunyai standar ketebalan tersendiri untuk masing-masing pipa (pipa gas dan cair). Untuk pipa dengan bahan dasar tembaga yang tebal tidak diizinkan memiliki ketebalan yang kurang dari 0,5 mm (pipa gas 0 dan kurang dari 0,48 mm (pipa cair). Karena itulah, perhatikanlah dengan detail bagaimana ukuran ketebalan pipanya ketika membeli.

Baca Juga :  Rekomendasi 8 Merk Nat Keramik yang Bagus Beserta Harganya

Cara Merawat Pipa AC supaya Awet

Salah satu hal yang terpenting untuk dijamin kondisinya setiap saat dari keseluruhan sistem pendingin ruangan adalah pipa AC. Banyak yang terjadi jika anda tidak merawat pipa ac dengan rutin salah satunya adalah pipa ac yang membeku. Untuk itu anda bisa mengetahui penyebab pipa ac beku sehingga anda bisa merawat pipa ac dengan baik dan benar.

Apabila pemasangan dan perawatan pipa AC sudah benar, maka seharusnya bisa bertahan hingga bertahun-tahun tanpa masalah. Namun, bagaimana jika ternyata biaya perawatan lebih mahal dari pembelian? Tentu saja kamu sendiri yang akan rugi. Mungkin saja, dengan biaya perawatan yang dikeluarkan dalam setahun sudah membuatmu bisa membeli pipa AC yang baru.

Oleh  karena itu, kenali beberapa cara dalam merawat pipa AC ini agar lebih awet dan tahan lama.

1. Melakukan Perawatan Pipa AC secara Rutin

Perawatan yang dilakukan secara rutin akan membuatmu lebih mudah untuk mendeteksi apa saja permasalah yang muncul pada bagian pipa AC. Pendeteksian masalah lebih dini membuat kondisi pipa lebih cepat di atas sebelum lebih parah. Jika sudah parah, tentu saja biaya perawatan yang harus dikeluarkan akan lebih mahal. Apalagi, kalau masalah pipa AC sudah merambat ke yang lainnya. Akibatnya, keseluruhan unit AC pun bisa rusak.

2. Menggunakan Material yang Berkualitas

Apabila kamu ingin pipa AC tahan lebih lama, gunakanlah material-material yang berkualitas. Dalam kesehariannya, pipa AC memang ditujukan untuk menerima tekanan yang amat tinggi. Dari hari ke hari, kinerja pipa AC pastinya akan menurun karena harus menerima tekanan terus-menerus.

Akan tetapi, pipa AC yang kualitasnya sudah bagus sejak awal, pastinya penurunan kualitas terjadi lebih lama, sebab ketahanannya terhadap tekanan lebih tinggi. Sedangkan, pipa AC berkualitas rendah akan rusak lebih cepat.

3. Jangan Memasang Pipa AC Sendiri

Hal paling fatal dalam permasalahan pipa AC yaitu saat kamu mencoba memasangnya sendiri. Apalagi, belum ada pengalaman dan hanya mengikuti panduan dari internet saja. Pemasangan tidak benar justru bisa membuat pipi lebih cepat berkarat, mengalami kebocoran gas pada freon, dan tersumbat. Apabila kamu belum paham betul cara memasang AC yang benar, sebaiknya jangan dilakukan. Ada baiknya untuk memanggil teknisi yang sudah berpengalaman.

Berbagai merk pipa AC yang bagus akan di banderol dengan harga yang bervariasi, mulai dari merk harga termurah hingga yang termahal. Namun, saat memilih, yang dipertimbangkan bukan hanya soal harga, tetapi juga kualitasnya. Apabila kamu sudah bisa mendapatkan kualitas terbaik dengan harga terjangkau, tentu saja akan lebih memilih ini? Kamu pun lebih efisien dari segi finansial.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.

Tags