7 Manfaat Bekam untuk Kesehatan, dapat Mengobati Migrain dan Hipertensi!

Indah Sari

Ngulasmerk.com – Tahukah Anda jika ada banyak manfaat bekam untuk kesehatan? Bekam merupakan salah satu pengobatan alternatif yang cukup banyak diminati orang. Terapi dari Timur Tengah dan China ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan cangkir khusus. Untuk menghisap racun dan darah kotor yang ada dalam tubuh.

Banyak orang yang percaya jika metode ini dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat peradangan, sebagai relaksasi dan masih banyak lagi. Bekam bekerja dengan cara meningkatkan aliran darah, mengendurkan fasia atau jaringan ikat. Sehingga dapat merangsang penyembuhan. Metode ini mirip pemijatan jaringan dalam untuk memecahkan jaringan parut dan mengurangi rasa sakit.

7 Manfaat Bekam untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat bekam untuk kesehatan

Sebelum mengetahui berbagai manfaat bekam untuk kesehatan, maka Anda perlu mengetahui cara melakukan bekam terlebih dahulu. Saat ini metode bekam sudah dilakukan dengan modern dengan alat modern yaitu pompa karet.

Untuk menghasilkan tekanan agar dapat menarik kulit. Namun, sebelumnya bekam dilakukan dengan memasukkan bahan mudah terbakar dan membakarnya terlebih dahulu. Ketika api sudah padam, langsung tempelkan cangkir di atas permukaan kulit selama 3 menit. Ketika suhu udara di dalam cangkir mulai mendingin, udara akan menarik kulit dan otot.

Sehingga warna kulit berubah menjadi kemerahan dan pembuluh darah melebar. Prosedur ini dikenal juga sebagai terapi bekam kering, selain itu ada juga terapi bekam basah.

Berikut ini adalah beberapa manfaat bekam untuk kesehatan.

Baca Juga :  Bukan Sekedar Manis, Ini 9 Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Toleransi Rasa Nyeri

Manfaat bekam untuk kesehatan yang pertama adalah dapat meningkatkan toleransi rasa nyeri. Terapi bekam mampu menurunkan rasa nyeri yang terjadi pada tubuh karena aliran darah lebih optimal. Meskipun saat tindakannya akan sedikit menimbulkan rasa nyeri, namun tidak menyakitkan.

2. Meningkatkan Aliran Darah ke Kulit

Menurut beberapa penelitian, terapi bekam dapat meningkatkan aliran darah dan meregangkan jaringan di bawah area bekam. Saat aliran darah berjalan baik dalam tubuh, akan dapat menyembuhkan berbagai peradangan atau keluhan secara alami.

3. Mengubah Sifat Biomekanik pada Kulit

Manfaat bekam untuk kesehatan adalah dapat mengubah sifat biomekanik pada kulit. Kondisi ini dapat mengubah kulit menjadi tetap elastis. Dan dapat melindungi kulit dari berbagai paparan virus atau bakteri. Selain itu, juga dapat mencegah kulit dari penuaan dini.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Asam Urat

Manfaat bekam untuk kesehatan

Tahukah Anda jika bekam ternyata dapat menurunkan risiko penyakit asam urat? Dengan rutin melakukan bekam dan menjaga pola hidup sehat akan dapat membuat tubuh lebih sehat. Termasuk salah satunya dapat menurunkan risiko penyakit asam urat.

5. Mengurangi Peradangan

Menurut beberapa penelitian yang bertujuan untuk mengevaluasi efek terapi bekam dengan penyakit radang sendi. Hasilnya, terapi bekam ini menunjukkan hasil yang efektif dan signifikan dalam mengurangi peradangan, khususnya pada radang sendi. Selain itu, juga dapat menghilangkan nyeri dan dapat menurunkan kekakuan pada sendi.

6. Mengatasi Sakit Kepala dan Migrain

Dari sebuah penelitian yang meneliti 132 orang yang terkena sakit kepala kronis dan migrain melakukan terapi bekam. Hasilnya, sakit kepala yang mereka alami terasa membaik dan nyeri kepala yang mereka rasakan juga dapat berkurang secara signifikan. Daripada mereka yang tidak melakukan terapi bekam.

Baca Juga :  Kiat Sehat Setiap Hari: Manfaat Menakjubkan dari Rutin Minum Air Hangat di Pagi Hari

7. Mengatasi Berbagai Penyakit

Selain beberapa penyakit tersebut, terapi bekam juga ampuh mengatasi berbagai macam penyakit lainnya. Antara lain kelainan darah seperti anemia dan hemofilia, hipertensi, nyeri otot di kaki, panggul dan leher. Selain itu juga dapat mengatasi rematik, varises, masalah kesuburan, penyumbatan bronkus akibat asma dan alergi. Dan juga mengatasi masalah gangguan pencernaan.

Demikian tadi berbagai manfaat bekam untuk kesehatan. Pastikan untuk memilih terapis yang profesional saat melakukan bekam. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri saat proses pembekaman. Sehingga akan membuat Anda merasa lebih nyaman.

Artikel Terkait

Bagikan:

Indah Sari

Indah Sari

Seorang penulis dan blogger yang berdedikasi pada dunia kesehatan dan gaya hidup sehat. Membagikan wawasan dan informasi yang bermanfaat untuk membantu orang lain mencapai keseimbangan dan kesejahteraan dalam hidup.