5 Cara Mengobati Panu, Penyakit Kulit yang Bikin Malu

Indah Sari

Ngulasmerk.com – Ada beragam cara mengobati panu dengan aman dan cepat. Panu adalah penyakit kulit menular yang membuat rasa kurang percaya diri. Penyakit ini ditandai dengan munculnya bercak putih pada kulit disertai dengan rasa gatal. Panu dapat muncul pada berbagai bagian tubuh, seperti di punggung, di tangan, bahkan ada yang di wajah.

Penyebab utama penyakit panu yaitu infeksi jamur Mallasezia pada kulit. Beberapa hal yang menyebabkan seseorang terkena penyakit panu antara lain adalah kondisi tubuh yang lembab. Akibat banyak berkeringat atau karena mengenakan baju yang ketat. Hal inilah yang membuat jamur tumbuh dengan cepat.

Faktor Penyebab dan Gejala Penyakit Panu

Cara mengobati panu

Sebelum mengetahui berbagai cara mengobati panu dengan cepat. Ada beberapa hal yang dapat memicu tumbuhnya panu pada kulit. Antara lain karena perubahan hormon, sistem kekebalan tubuh yang lemah, keringat berlebih dan kulit berminyak. Untuk memastikan Anda terkena panu atau tidak, ada beberapa gejala yang harus Anda ketahui.

  • Munculnya bercak pada kulit bisa berwarna merah, putih atau pun coklat.
  • Gatal pada area bercak dan mengering seperti bersisik.
  • Timbulnya keringat berlebih.

5 Cara Mengobati Panu Paling Cepat

Setelah mengetahui berbagai penyebab dan gejalanya, maka berikut ini adalah beberapa cara mengobati panu yang aman dan cepat.

1. Dengan Mengoleskan Lidah Buaya

Cara mengobati panu yang pertama adalah dengan cara mengoleskan lidah buaya. Tanaman ini sudah dikenal sejak dulu dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan kulit. Termasuk salah satunya dapat mengobati panu dengan cepat, bahkan hingga ke akar-akarnya. Hal ini karena lidah buaya mengandung anti jamur yang dapat melawan serta menghambat pertumbuhan jamur.

Baca Juga :  4 Cara Membuat Masker dari Susu Dancow, Bikin Wajah Glowing dan Kenyal

Caranya sangat mudah, cukup pisahkan kulit dengan gel atau daging lidah buaya. Selanjutnya, oleskan daging lidah buaya pada bagian kulit yang terkena panu. Namun, hindari mengoleskannya pada bagian tubuh yang terluka, karena dapat menyebabkan perih dan gatal.

2. Menggunakan Cuka Apel

Selanjutnya cara mengobati panu yang kedua adalah dengan menggunakan cuka apel. Menurut penelitian, cuka apel dapat mengatasi berbagai gejala panu seperti kulit kemerahan, kulit gatal hingga pecah-pecah di kulit. Namun, untuk metode ini Anda perlu mengkombinasikan cuka apel dengan salep ketakonazol 2%.

3. Dengan Kunyit

Cara mengobati panu dengan kunyit

Tahukah Anda jika kunyit juga dapat mengatasi panu? Menurut penelitian panu dapa menghilangkan kemerahan dan perubahan warna akibat radang pada kulit atau eksim. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengolah kunyit menjadi bentuk pasta. Lalu, oleskan pada bagian tubuh yang terkena panu. Pastikan Anda sudah membersihkannya terlebih dahulu.

4. Mengoleskan Minyak Kelapa

Sama seperti lidah buaya, minyak kelapa juga mengandung sifat anti jamur yang dapat mengobati penyakit kulit, termasuk panu. Maka, oleskan minyak kelapa secara rutin di area tubuh yang terkena panu. Maka, dalam beberapa minggu panu di tubuh Anda akan hilang dan sembuh.

5. Menggunakan Krim Anti Jamur

Jika semua bahan alami tersebut sudah Anda coba, namun tidak berhasil. Maka, cara mengobati panu dengan cepat adalah dengan menggunakan krim anti jamur. Clotrimazole termasuk dalam anti jamur golongan azole yang dapat merusak dinding sel jamur. Sehingga dapat menghentikan pertumbuhan jamur, termasuk jamur penyebab panu dengan cepat.

Demikian tadi 5 cara mengobati panu dengan cepat dan aman. Dengan menggunakan bahan alami ini secara konsisten dan teratur dan menjaga kebersihan tubuh dengan baik. Maka, penyakit panu di tubuh Anda akan hilang sempurna.

Baca Juga :  Jangan Dibuang! Inilah 4 Manfaat dan Cara Mengolah Kulit Manggis untuk Kecantikan

Artikel Terkait

Bagikan:

Indah Sari

Indah Sari

Seorang penulis dan blogger yang berdedikasi pada dunia kesehatan dan gaya hidup sehat. Membagikan wawasan dan informasi yang bermanfaat untuk membantu orang lain mencapai keseimbangan dan kesejahteraan dalam hidup.