6 Merk Kabel CCTV Terbaik, Ini Dia Rekomendasinya!

ngulasmerk

CCTV menjadi salah satu perangkat teknologi yang sangat penting untuk menjaga keamanan di tempat tinggal ataupun di tempat kerja. Tentu saja CCTV tidak hanya terdiri dari kamera saja tetapi ada banyak komponen dalam pemasangan CCTV salah satunya yaitu kabel CCTV.

Merk kabel CCTV terbaik tentu sangat disarankan karena komponen-komponen pada CCTV ini akan sangat berpengaruh untuk kualitas gambar yang akan diambil.

Bukan hanya kamera saja yang tidak boleh salah pilih tetapi komponen seperti kabel juga tidak boleh salah pilih.

Jenis Kabel CCTV

Memilih jenis kabel CCTV yang baik tentu penting untuk mendapatkan hasil gambar dari CCTV yang baik. Oleh karena itu, coba pahami beberapa jenis kabel di bawah ini.

  • Kabel coaxial

CCTV membutuhkan kabel coaxial untuk dapat menghubungkan kamera CCTV dan layar monitor sehingga dapat digunakan untuk memantau serta menampilkan video dari rekaman CCTV.

Kabel tersebut yaitu Ada single line cable area kabel coaxial untuk satu jalur video. Jenis kabel ini tidak dilengkapi dengan kabel power sehingga saat akan menyambungkannya Anda harus menggunakan kabel power sendiri melalui stop kontak.

Khusus untuk CCTV terdapat dua jenis kabel koaksial yang paling umum digunakan yaitu ada tipe RG59 dan tipe RG6.

  • Kabel coaxial dan power

Jika dilihat secara fisik kabel ini sama dengan kabel coaxial biasa tetapi memiliki dua jalur dan salah satunya yaitu power adaptor. Kabel power memiliki fungsi untuk sumber daya sehingga perangkat CCTV dapat menyala. Kelebihannya yaitu mudah dalam hal pemasangan dan hanya perlu untuk menggunakan satu kabel saja jika ingin menggunakan satu kamera pengawas.

  • Kabel coaxial 3 jalur
Baca Juga :  13 Rekomendasi Merk Kabel AUX yang Bagus dan Terbaik

Kabel ini memiliki tiga jalur yang berfungsi untuk mentransmisikan audio video serta adaptor. Kabel ini sudah terpasang secara langsung pada konektor dan juga ukurannya relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan dua jenis kabel lainnya.

Tetapi untuk kebutuhan kabel lebih dari 30 meter maka tidak disarankan untuk menggunakan kabel ini karena kualitas video dan audio yang dihasilkan bisa kurang maksimal. Harga kabel ini sangat terjangkau meskipun memiliki fitur yang lengkap.

Tips Memilih Kabel CCTV

Jenis CCTV yang membutuhkan kabel biasanya yaitu jenis CCTV analog. CCTV dengan jenis tersebut yang paling banyak digunakan untuk keperluan rumah, pusat perbelanjaan, kantor, dan lain sebagainya. Baik itu CCTV RG59 ataupun CCTV RG6 keduanya membutuhkan kabel coaxial. Tipe RG59 merupakan upgrade dari CCTV RG6.

Oleh sebab itu, mayoritas dari kabel RG59 ini sudah disertai dengan kabel power. Tetapi banyak juga RG6 yang dilengkapi dengan kabar power. Berikut ini merupakan beberapa tips yang harus diperhatikan apabila Anda ingin memilih kabel coaxial dengan merk kabel CCTV terbaik.

  • Pertama saat Anda akan memilih kabel coaxial maka pilihlah merk yang terkenal yang memiliki reputasi dan juga kualitas yang baik. Jika anda memilih tipe RG6 pada artikel sebelumnya sudah dibahas merk kabel coaxial RG6 yang bagus yang bisa menjadi rekomendasi buat anda.
  • Kedua Anda juga perlu memilih serabut kabel yang tidak terlalu tipis sehingga nantinya kabel tidak akan mudah rontok.
  • Lalu Anda juga harus memastikan bahwa kabel power yang dibeli kokoh dan juga kuat.
  • Pilih juga bahan isolator yang tidak akan mudah robek serta rusak sama seperti kabel power yang kuat dan kokoh.
Baca Juga :  Apa Itu Avometer? Simak Ulasan Berikut!

Apabila Anda merasa masih belum paham tentang ciri-ciri kabel yang sesuai untuk CCTV maka dapat langsung menanyakan kepada penjual. Biasanya penjual akan menawarkan kabel dengan harga yang lebih mahal dan memiliki kualitas yang lebih baik serta bisa tahan lama.

Rekomendasi Merk Kabel CCTV

1. LS Cable dan System RG59 + Power 300 m

Rekomendasi merk kabel CCTV terbaik yang pertama ada LS Cable & System merupakan salah satu produsen kabel coaxial yang ternama. Kualitas kabel RG59 + power yang dimiliki juga sudah tidak diragukan lagi. Kabel ini memiliki ciri serabut kabel yang tidak tipis sehingga tidak mudah rontok.

Sumber: tokopedia.com

Inner kabelnya juga baik, memiliki ukuran yang pas dan juga bahan pembungkusnya terbuat dari aluminium foil. Kebanyakan kabel hanya menggunakan bahan pembungkus dari plastik.

Kabel ini terbuat dari tembaga dengan panjang 300 meter dan berwarna putih. Kisaran harga dari kabel ini ada di Rp1.160.000.

2. Ultimate Wire RG59 + Power 100 m

Kabel selanjutnya yang bisa Anda coba pilih yaitu ada Ultimate Wire RG59 power yang dilindungi oleh braided sampai 95% sehingga hasilnya sudah dijamin akan aman dan juga lebih awet. Kabel ini juga sudah HD supported sehingga gambar yang dihasilkan juga lebih jernih dan lebih jelas.

Sumber: tokopedia.com

Merk ini juga mendesain produk yang diklaim memiliki sistem UV Resistance yang baik sehingga tidak masalah apabila kabel diletakkan di luar ruangan sekalipun.

3. SPC RG59 + Power 100 m

Rekomendasi merk kabel CCTV terbaik selanjutnya ada SPC atau super premium cable yang menjadi salah satu produsen kabel yang bisa dipertimbangkan. Kabel coaxial RG59 yang dimiliki SPC ini juga sudah dilengkapi dengan kabel power. Jika Anda menambahkan UPS maka CCTV dapat bekerja meskipun kondisi sedang mati listrik.

Sumber: tokopedia.com

SPC juga memiliki kabel yang berkualitas dan bisa digunakan untuk di luar ruangan sekalipun. Kabel dengan bahan platinum dan pilihan Panjang 100 meter serta 300 meter ini memiliki variasi warna putih dan hitam. Kabel ini juga sudah tersertifikasi ISO901 dan juga RoHS.

Baca Juga :  10 Mesin Cuci untuk Bed Cover Ukuran Besar Terbaik

4. Belden 9105SL2P RG59 + Power 305 m

Rekomendasi selanjutnya yaitu ada kabel yang dikeluarkan oleh Belden. Meskipun harganya relatif mahal tetapi kualitas yang ditawarkan oleh brand asal Amerika Serikat ini memiliki kualitas yang sangat baik dan tidak perlu lagi diragukan.

Sumber: tokopedia.com

Belden 9105SL2P ini bisa dijadikan sebagai pertimbangan saat Anda ingin mencari kabel coaxial RG59 dan Power yang berkualitas untuk digunakan pada CCTV analog Anda.

Serabut dari kabel yang terbuat dari tembaga ini memiliki anyaman yang berlapis dengan timah sehingga bisa melindungi kabel dari gangguan ataupun interferensi dari sinyal luar. Untuk bagian pembungkusnya Belden ini menggunakan 100% aluminium sehingga akan lebih awet dan juga tahan lama.

5. Huier RG59 + Power 300 m

Rekomendasi merk kabel CCTV terbaik selanjutnya yaitu ada Huier yang juga memiliki kualitas kabel tak kalah dengan lainnya. Kabel yang dimiliki ini dilindungi oleh 90% braiding.

Sumber: shopee.co.id

Kabel yang menggunakan pembungkus aluminium ini akan jauh lebih awet, aman dan tahan lama. Kualitas dan keamanan kabel sudah tidak perlu untuk diragukan lagi. Bahkan merk ini sudah tersertifikasi ISO 9001, UL, RoHS, ETL serta REACH.

6. Kyomitsu RG59 + Power 300 m

Rekomendasi kabel selanjutnya yaitu ada Kyomitsu RG59 + power dengan kualitas bahan yang sudah teruji. Kabel ini juga memiliki fleksibilitas yang tinggi sehingga bisa membuat kabel jadi lebih kuat.

Sumber: tokopedia.com

Kyomitsu ini juga memiliki ketahanan terhadap UV yang sudah teruji. Tentu saja hal ini membuktikan bahwa kabel ini akan awet dan tahan lama meski ditempatkan di luar ruangan dan pada cuaca apapun.

Itulah beberapa rekomendasi dari merk kabel CCTV terbaik yang bisa Anda pertimbangkan dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Terkait

Bagikan:

[addtoany]

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.