12 Rekomendasi Tipe dan Merk MCB yang Terbaik

ngulasmerk

Miniatur circuit breaker alias MCB merupakan perangkat elektromagnetik yang sangat penting dalam dunia kelistrikan. Itulah mengapa, saat memilih komponen listrik ini kita harus memerhatikan merk MCB terbaik dengan tipe ataupun jenisnya. Jika tidak, tentu akan menyalahi standar PLN yang pada akhirnya dapat membahayakan diri kita sendiri.

Mengenal MCB dan Bagaimana Memilihnya

MCB digunakan untuk melindungi instalasi listrik dari korsleting dan kelebihan arus. Apabila arus listrik yang melampaui nilai batas maksimal, maka komponen MCB inilah yang akan memutus aliran listrik secara otomatis. Kalau dilihat dari segi proteksi ini, MCB sama halnya dengan fuse atau sekring yang ada di setiap instalasi listrik.

Selain mengetahui jenis-jenis MCB, baik untuk rumahan, usaha, hingga kebutuhan industri, tentunya pemilihan MCB juga harus memperhatikan kebutuhan yang disesuaikan dengan daya listrik rumah atau tempat usaha tersebut. Oleh karenanya, berikut sejumlah rekomendasi yang bisa Anda pilih.

1. Merlin Gerin

Sumber: shopee.co.id

Merk Merlin Gerin sejatinya sudah sangat populer di Indonesia. Di antara berbagai merk lain yang tersedia, MCB jenis ini paling sering kita temui di berbagai rumah yang dialiri oleh listrik PLN, bahkan termasuk salah satu merk MCB terbaik.

MCB jenis ini cocok untuk daya 450 watt, 900 watt, hingga pada daya yang lebih besar seperti 1300 watt dan di atasnya. Dengan adanya MCB ini, instalasi listrik di rumah akan jauh lebih terproteksi dengan baik.

Bisa dibilang, kalau Anda adalah orang yang sangat mementingkan reputasi produk, MCB Merlin Gerin adalah salah satu jawabannya. MCB ini tersedia pada beberapa jenis ampere seperti 2A, 4A, 10A, 20A, sampai dengan 40A. Kelebihan lainnya, MCB yang dijual mulai dari Rp24.000-an ini sudah bersertifikat SNI hingga SPLN.

2. ABB

Sumber: shopee.co.id

Juga menjadi salah satu merk MCB standar PLN yang sering kali kita temui di berbagai perumahan maupun perkantoran. Merk MCB ini sudah terbukti menjadi pilihan PLN karena sudah menggunakan material bebas halogen yang bebas racun dan korosi.

ABB sudah dilengkapi sertifikasi berstandar internasional IEC 60898 sehingga cocok dengan Anda yang menginginkan MCB dengan kualitas dan keamanan yang tinggi. Hal ini juga didukung dengan teknologi canggih yang dapat memutus arus listrik secara otomatis jika ada suatu hal yang tidak beres.

MCB yang pada beberapa e-commerce dijual mulai harga Rp36.300-an ini juga sudah berstandar SNI dapat dipasang pada komponen listrik di bangunan rumah, komersial, bahkan di perkantoran. Standar yang tinggi tentu menjadikan produk ini punya mutu yang baik dan tingkat keamanan yang tinggi.

3. Bright-G

Sumber: shopee.co.id

Merk Bright-G sejatinya sudah banyak dikenal sebagai salah satu merk peralatan listrik yang juga sekaligus turunan dari merk Shukaku. Merk ini sudah memiliki reputasi yang baik, terlebih karena harganya yang ekonomis dan kualitasnya yang mumpuni.

Baca Juga :  Cara Memilih Amplifier yang Bagus untuk Masjid dan Rumah

Pilihan ukuran ampere dari produk ini juga sangat beragam. Mulai dari 2A, 4A, 6A, sampai dengan 25A dan 32A. Anda tentu dapat memilih daya ampere yang paling sesuai untuk dapat digunakan di rumah atau tempat usaha yang Anda miliki.

Di berbagai e-commerce, harga jual merk MCB terbaik ini berkisar mulai dari Rp12.700-an. Meski demikian, merk ini sudah mengantongi sertifikat standar SNI sehingga aman untuk digunakan dalam berbagai kebutuhan kelistrikan. Pastikan juga Anda membeli di toko resmi untuk mendapat garansi, ya!

4. MeiLanRiLan

Sumber: shopee.co.id

Jika ingin memilih MCB listrik yang ekonomis, bermutu tinggi, serta memiliki ukuran ampere yang beragam, maka merk MeiLanRiLan bisa menjadi salah satu opsi yang bisa Anda pilih. Merk ini mempunyai salah satu produk unggulan, yakni MCB SZMR yang dikenal dengan penjualan terbanyak di e-commerce.

Adapun kelebihan lain yang dimiliki oleh MCB ini adalah standar yang sudah SNI. Selain itu, pilihan ampere yang beragam seperti 2A, 6A, hingga 50A dan 63A juga sudah pasti menjadi pilihan yang menarik untuk pemasangan instalasi listrik sesuai kebutuhan Anda.

Dari hal-hal tersebut tentu dapat diketahui kalau produk MCB ini termasuk sudah dikenal luas, mutu yang baik, serta mudah didapatkan. Mulai harga Rp16.000-an saja, Anda sudah bisa mendapatkan sakelar pengaman instalasi listrik untuk kebutuhan rumah atau gedung perkantoran.

5. New Pallas

Sumber: shopee.co.id

Anda membutuhkan merk MCB terbaik dengan harga yang jauh lebih terjangkau? Pilihlah MCB dari merk New Pallas. Meskipun harga yang dibanderol termasuk sangat murah di berbagai e-commerce, yakni mulai dari Rp8.500, namun kualitasnya tidak perlu diragukan.

Hal ini dibuktikan dengan adanya izin SNI dan LMK yang sudah dikantongi oleh MCB New Pallas ini. Dengan begitu, standar keamanan produk ini dapat terjamin kualitasnya. Anda juga akan mendapat pilihan daya ampere yang beragam sehingga cocok dengan kebutuhan proteksi instalasi listrik yang Anda gunakan.

6. Broco

Sumber: shopee.co.id

Sebagai salah satu produsen penyedia perlengkapan kelistrikan terbaik, Broco ELectrical alias Broco sudah dikenal luas oleh berbagai pengguna listrik rumahan maupun perkantoran. Hal ini tidak terlepas dari proteksi optimal yang diberikan oleh merk ini pada berbagai instalasi listrik yang Anda gunakan.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Cek Min Plus Elco ? Berikut Caranya Untuk Pemula

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh merk ini adalah peredam busur api yang lebih sempurna jika dibandingkan dengan merk lainnya. Dengan demikian, ketahanan MCB ini ketika korsleting sangat teruji dan terjamin. Hal ini juga didukung oleh sertifikat SNI hingga IEC 60898 yang sudah diraihnya.

Pilihan ukuran ampere yang dimiliki oleh Broco juga beragam, mulai yang paling kecil 2A sampai yang paling besar mencapai 40A. Dengan harga mulai dari Rp65.0000-an saja, Anda sudah bisa mendapatkan merk MCB terbaik ini melalui sejumlah toko online di marketplace.

7. Dutron

Sumber: shopee.co.id

Menjadi salah satu merk MCB yang juga sering dijumpai di pasaran, Dutron dikenal memiliki harga jual yang sangat ekonomis namun tetap mengedepankan kualitas terbaiknya. Hal ini dapat dilihat dari sertifikat SNI yang sudah dikantongi oleh MCB seharga mulai dari Rp9.400-an tersebut.

Meski sangat terjangkau, Dutron tetap berkomitmen mempertahankan fungsi utama dari MCB, yakni mengamankan instalasi listrik dengan mematikan arus pada saat terjadi korsleting. Pilihan ampere yang beragam mulai dari 2A sampai dengan 63A tentu menjadi salah satu kelebihan lainnya.

Dengan segala kelebihannya tersebut, tidaklah mengherankan jika banyak orang mencari merk MCB terbaik yang satu ini sebagai pilihan tepat untuk peralatan kelistrikan di rumah ataupun kantor.

8. Chint

Sumber: shopee.co.id

Salah satu yang membedakan antara MCB Chint dengan merk lainnya adalah lampu indikator. Hal ini tentu saja menjadi satu kelebihan karena Anda dapat lebih mudah melihat posisi sakelar dalam kondisi minim cahaya. Jika berfungsi dengan baik, tentu lampu indikator tersebut akan menyala.

Kelebihan lain yang juga dimiliki oleh MCB Chint ini adalah finishing desain yang rapi serta garansi yang bisa mencapai 2 tahun. Sertifikasi seperti SNI hingga TUV juga dimiliki oleh merk MCB terbaik ini sehingga Anda tidak perlu meragukan kualitas bahan dan komponennya.

Material terbaik dengan fitur yang sangat membantu mungkin akan membuat Anda berpikir kalau harga MCB ini sangat mahal. Padahal, Anda dapat memperoleh MCB listrik ini di berbagai toko online mulai dari harga Rp26.000-an saja. Sangat terjangkau, bukan?

9. Schneider Electric

Sumber: shopee.co.id

Schneider dikenal sebagai salah satu merk papan atas pada berbagai komponen kelistrikan. Hal ini karena produk yang berasal dari perusahaan Prancis ini diketahui juga banyak digunakan pada kWh meter PLN. Dukungan desain locking clip yang kuat tentu menjadikan MCB tersebut semakin dikenal akan kualitas dan fitur-fiturnya.

Baca Juga :  6 Merk Kabel CCTV Terbaik, Ini Dia Rekomendasinya!

Ya, jika menginginkan merk MCB terbaik yang terkenal dengan kualitasnya, Anda dapat menggunakan MCB Schneider, terlebih pada tipe MCB Domae. Merk ini sudah mengantongi sertifikat SNI dan IEC 60898-1 sehingga Anda tidak perlu lagi ragu dengan kemampuannya mencegah permasalahan kelistrikan seperti korsleting yang membahayakan.

10. Siemens

Sumber: tokopedia.com

Adalah satu dari sekian banyak nama besar yang hadir dalam dunia industri seperti transportasi, kesehatan, komputer, bahkan keuangan. Perusahaan asal Jerman ini juga dikenal dengan berbagai produk yang berkaitan dengan bidang kelistrikan, termasuk circuit breaker atau MCB.

Terdapat berbagai tipe MCB yang dimiliki oleh Siemens, mulai dari MCB 20A dengan harga sekitar Rp45.000-an sampai dengan MCB 2A yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp55.000-an. Semuanya dapat Anda temukan di berbagai toko online maupun toko listrik terbaik di sekitar Anda.

11. Himel

Sumber: shopee.co.id

Anda mungkin belum terlalu familiar dengan merk MCB yang satu ini. Meski demikian, keberadaannya sudah eksis sejak tahun 1958 silam. Nah, dengan berbagai pengalaman yang dimilikinya, maka Anda dapat mencoba menggunakan merk produk asal Spanyol yang satu ini sebagai alternatif.

Fungsi utama dari MCB ini menjadi sakelar proteksi yang dapat melindungi listrik rumah dari berbagai hal yang tidak diinginkan. Kualitasnya juga tidak perlu diragukan lagi karena telah memiliki sertifikasi nasional dan internasional seperti SNI, IEC/EN-6-1, SEMKO, hingga RoHS.

Ukuran ampere pada MCB listrik ini juga sangat beragam, mulai dari ampere 2A, 4A, hingga 40A. Untuk harga, merk MCB terbaik ini banyak dibanderol dengan harga mulai dari Rp37.000-an di berbagai toko online pada e-commerce.

12. Hager

Sumber: shopee.co.id

Merk MCB lain yang punya kualitas bagus dan mudah didapatkan di berbagai toko listrik adalah Hager. Produk asal Jerman ini menjadi salah satu MCB dengan spesifikasi yang mumpuni untuk berbagai kebutuhan, mulai dari 4A untuk 900watt, 6A untuk 1300 watt, serta berbagai kebutuhan bisnis dan industri berskala kecil maupun besar.

Lantas, bagaimana dari segi harga? Ternyata Anda tidak perlu lagi merasa ragu dengan harga jual komponen kelistrikan yang satu ini. Sebab, mulai dari harga Rp40.000-an saja, Anda sudah bisa mendapatkan MCB terbaik dari merk terkemuka dan sudah bersertifikasi ini.

Itulah 12 rekomendasi MCB dengan segala kelebihan yang dimiliki. Ada baiknya jika Anda senantiasa memilih MCB dengan kualitas bahan dan fitur yang sempurna demi keselamatan para penghuni rumah ataupun pegawai kantor Anda.

Satu hal yang pasti, selalu pastikan Anda memilih merk MCB terbaik dari toko resminya. Pastikan juga garansi ataupun servis yang diberikan. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.

Tags