Merk kabel listrik yang bagus perlu diperhatikan karena kabel listrik ini merupakan salah satu instrumen yang sangat penting terutama dalam instalasi listrik. Kabel listrik memiliki fungsi untuk menghantarkan listrik sehingga harus membuktikan Anda memilih kabel listrik yang aman.

Memilih merk kabel listrik yang bagus sangat diperlukan sehingga meminimalkan terjadinya korsleting listrik sampai dengan kebakaran. Listrik menjadi kebutuhan utama dalam setiap rumah yang harus terpenuhi. Selain menjadi penerangan listrik ini juga untuk mendukung berbagai macam kegiatan yang dilakukan.

Tips Memilih Kabel Listrik

Sebelum memutuskan untuk memilih merk kabel listrik yang bagus yang nantinya akan dibeli sebaiknya Anda juga memperhatikan apa saja yang harus menjadi pertimbangan saat akan membeli kabel listrik.

  • Pilihlah kabel sesuai dengan kebutuhan

Tips pertama yang harus diperhatikan untuk memilih kabel listrik yaitu memilih kabel sesuai dengan kebutuhan. Setiap kabel memiliki Jenis yang berbeda dan biasanya ditandai dengan kode huruf serta angka untuk memberikan informasi seputar dari material kabel, ukuran, tegangan, dan juga jumlah konduktor.

Kabel yang paling umum digunakan untuk industri Perumahan atau penutup gedung yaitu kabel NYY, NYA, NYAF, dan NYM. Masing-masing dari kabel memiliki fungsi dan juga ketahanannya yang berbeda-beda. Oleh karena itu Anda harus memilih jenis kabel yang cocok dan sesuai dengan kondisi.

  • Perhatikan lapisan PVC dari kabel

Tips selanjutnya harus diperhatikan dalam memilih sebuah kabel listrik yaitu memperhatikan lapisan PVC yang digunakannya. Tak sedikit dalam pemilihan kabel tidak memperhatikan lapisan PVC sehingga mudah terkelupas dengan kuku.

Baca Juga:  10 Merk Power Amplifier Terbaik di Indonesia untuk Suara Jernih Maksimal

Perlu diketahui bahwa kabel yang mudah terkelupas ini biasanya hanya menggunakan PVC yang biasa saja tidak sesuai dengan standar. Bahkan kabel juga akan mudah rapuh karena kualitasnya yang tidak bagus.

  • Memilih kabel dengan inti konduktor yang sesuai

Dalam memilih sebuah kabel Anda juga harus memperhatikan inti konduktornya. Inti konduktor ini merupakan material kabel yang memiliki fungsi untuk menghantarkan arus listrik.

Kabel serabut akan lebih lentur apabila dibandingkan dengan kabel sulit karena memiliki inti konduktor yang banyak dan juga tipis. Hal tersebut membuatnya mudah untuk dipasang karena lebih fleksibel.

Apabila kabel serabut tidak sesuai dengan standar maka jumlah serabut sedikit dan hal ini akan mempengaruhi kualitas daya hantar dari kabel dan juga cenderung tidak tahan.

Kabel solid terdiri dari satu tembaga kabel solid dinilai jauh lebih kuat tetapi kaku. Oleh karena itu, sebelum Anda memilih sebuah kabel, Anda harus menentukan tujuan dari aplikasi kabel tersebut. Maka, Anda harus memperhatikan instalasi perangkat yang akan dipasang sebelum memilih kabel.

  • Periksa standarisasi kabel yang akan dibeli

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah kabel maka Anda juga harus memeriksa standar kabel yang beredar di pasaran. Biasanya kabel yang sudah memiliki standar akan diberikan tanda untuk bagian jaket kabel sesuai dengan standarisasi dari kabel yang sudah dipenuhi oleh perusahaan.

Standarisasi kabel ini dibuat untuk dapat melindungi konsumen dari produk yang bisa membahayakan dan juga bisa meningkatkan daya saing. Oleh karena itu Anda harus memilih kabel yang sudah memiliki standarisasi seperti contohnya SNI.

  • Memilih kabel dari merk yang terbukti kualitasnya

Tips selanjutnya yang harus diperhatikan pada saat Anda akan memilih kabel listrik yang tepat yaitu dengan memilih kabel berdasarkan dengan merk yang kualitasnya sudah terbukti. Saat ini sudah banyak sekali bermunculan merk kabel listrik yang bagus yang memberikan kualitas terbaiknya untuk para pengguna.

Baca Juga:  Resistor Avometer Terbakar? Ini Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Berikut 7 Rekomendasi Merk Kabel Listrik yang Bagus

Apabila Anda masih bingung untuk memilih merk kabel listrik yang bagus, berikut ini merupakan beberapa merk kabel listrik yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Merk kabel Eterna

Merk kabel listrik yang bagus pertama yaitu ada kabel dengan merk Eterna. Banyak sekali produsen kabel listrik yang memiliki spesifikasi dan kualitas yang baik salah satunya yaitu kabel dengan merk Eterna.

merk kabel listrik yang bagus 1
Sumber: tokopedia.com

Kabel listrik dengan merk ini merupakan kabel listrik yang sudah memenuhi standar nasional Indonesia. Eterna memproduksi beragam kabel dengan harga yang bervariasi dan sudah menemani masyarakat Indonesia selama kurang lebih 40 tahun. Produk dari brand ini juga dianggap konsisten dalam memenuhi kualitasnya untuk konsumen.

Produk dari berani juga memakai selubung posisi terkuat dan sudah memiliki berbagai sertifikat yang sesuai dengan standar dari PLN.

2. Merk kabel Supreme

Rekomendasi merk kabel listrik selanjutnya yaitu ada dari merk Supreme. Kabel dari Supreme ini cukup dikenal di masyarakat karena banyak digunakan untuk project instalasi perumahan.

merk kabel listrik yang bagus 2
Sumber: tokopedia.com

Kabel ini juga memiliki kualitas yang baik dan sudah memiliki sertifikat. Kabel ini menjadi salah satu produk standar dari PLN.

3. Kabel merk Extrana

Rekomendasi merk kabel listrik yang bagus selanjutnya ada kabel dengan merk Extrana. Kabel ini juga menjadi salah satu pilihan untuk masyarakat Indonesia karena dinilai memiliki kualitas yang baik.

merk kabel listrik yang bagus 3
Sumber: tokopedia.com

Kulit kabel dari Extrana ini juga terbuat dari PVC yang berstandar SNI, LMK serta ISO 901:2008. Kabel ini juga sering digunakan untuk instalasi hunian karena memang kualitas yang sangat bagus.

4. Kabel Listrik Visicom

Rekomendasi merk kabel listrik selanjutnya yaitu ada dari merk Visicom. Kabel ini memiliki kualitas yang sangat baik karena proses dari ujung kualitasnya sendiri juga sangat ketat untuk dapat memastikan mereka memberikan kualitas kabel yang terbaik.

merk kabel listrik yang bagus 4
Sumber: tokopedia.com

Kulkas dari kapuk ini juga dibuktikan dari bahan yang terbuat dari tembaga murni, PVC serta PB free. Selain itu kabel ini juga sudah berstandar SNI dan juga standar PLN.

Baca Juga:  Intip 6 Merk Avometer Terbaik, Digital dan Analog

5. Kabel Listrik Kintani

merk kabel listrik yang bagus 5
Sumber: tokopedia.com

Rekomendasi merk kabel listrik yang bagus selanjutnya itu ada dari merk Kintani. Kabel listrik ini sudah sesuai dengan standar dari SNI dan PLN. Merk kabel ini juga mudah untuk ditemukan di setiap toko elektronik atau toko listrik. Sehingga Anda akan mudah menemukan kabel berkualitas ini.

6. Kabel Metal Indonesia

merk kabel listrik yang bagus 6
Sumber: tokopedia.com

Rekomendasi kabel listrik selanjutnya yaitu ada kabel dengan merk Metal Indonesia. Sama dengan kabel listrik lainnya jika, Kabel dari brand ini juga sudah memenuhi standar SNI, standar PLN, LMK. Meskipun memiliki harga yang murah tetapi kualitas dari kabel ini cukup baik.

7. Kabel Listrik Jembo

Rekomendasi merk kabel listrik yang bagus selanjutnya yaitu ada dari merk Jembo. Kabel listrik kita sudah berdiri sejak tahun 1973 ini sampai sekarang masih berkomitmen untuk mempertahankan kualitas produksi dari kabel yang mereka miliki. Brand ini juga berkomitmen untuk meningkatkan kualitas produknya baik itu untuk instrumen, kabel listrik, ataupun untuk fiber optic. Kabel listrik ini juga termasuk yang banyak diminati.

merk kabel listrik yang bagus 7
Sumber: tokopedia.com

Material PVC yang digunakan juga berkualitas. Tembaga dan aluminium yang digunakannya juga sudah sesuai dengan standar dari pembuatan kabel listrik. Sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir apabila hanya menggunakan kabel dari brand Jembo ini.

Demikian beberapa rekomendasi merk kabel listrik yang bagus yang bisa Anda jadikan pertimbangan saat akan membeli kabel listrik.