Perbedaan Bread Improver dan Fermipan untuk Membuat Roti

ngulasmerk

Selain bread improver, ragi juga penting digunakan untuk membuat roti. Kebanyakan orang memilih ragi bermerek fermipan sebagai bahan adonan. Sama-sama digunakan untuk bahan adonan roti, perbedaan bread improver dan fermipan dapat diketahui berikut ini.

Apa Sih Perbedaan Bread Improver dan Ragi (Fermipan)?

Meski sama-sama menjadi bahan untuk adonan kue, bread improver dan fermipan memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Sehingga kedua bahan tersebut memiliki fungsi yang juga berbeda. Berikut perbedaannya.

1. Definisi

  • Bread Improver
perbedaan-bread-improver-dan-fermipan-2

Definisi bread improver adalah bahan yang digunakan untuk membuat roti supaya lembut dan empuk. Biasanya bread improver lebih akrab disebut dengan baker bonus atau unipan. Selain itu bread improver memiliki beberapa komposisi yang terdiri dari pelunak gluten, penguat gluten, emulsifier dan makanan ragi.

Umumnya bread improver ini berwarna coklat muda dan berbentuk serbuk. Jika ingin menggunakannya, Anda bisa mencari pada toko-toko yang menjual beragam bahan roti dan menggunakan merk bread improver yang bagus. Pada penggunaannya Anda bisa takar dengan sendok teh agar tidak terlalu banyak, cukup sekitar 500 gram bread improver untuk ditambahkan pada adonan.

Beberapa merek bread improver yang biasanya ramai di pasaran yakni Unipan, Eka-300, Lowan, Bakerine Plus, Baker Bonus dan V9.

  • Ragi Instan Fermipan
perbedaan-bread-improver-dan-fermipan-1

Ada banyak merek dan nama untuk ragi bahkan terdapat merk ragi instan yang bagus yang katanya memiliki vitamin c seperti merk ragi mauripan, namun yang paling banyak digunakan yakni fermipan. Definisi ragi sendiri adalah suatu mikroorganisme yang dapat digolongkan sebagai fungi atau jamur. Bentuknya dapat berupa butiran atau cair yang bekerja secara kimiawi sehingga roti dapat mengembang.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Merk Pelet Kelinci Yang Bagus

Proses kimiawi tersebut dimulai saat ragi berespirasi. Pada proses tersebut, glukosa dan oksigen dalam ragi berubah menjadi karbon dioksida, energi dan air. Sayangnya, proses respirasi ini bisa terjadi hanya pada lingkungan yang memiliki oksigen.

Jika tidak ada oksigen dalam lingkungan tersebut, maka ragi bida difermentasi. Melalui fermentasi ini, terdapat proses perubahan pada glukosa yang menjadi ethanol dan karbon dioksida. Melalui karbon dioksida itulah roti dapat mengembang.

2. Fungsi

Perbedaan bread improver dan fermipan berikutnya adalah fungsinya masing-masing.

Beberapa fungsi bread improver antara lain:

  • Meningkatkan aroma dan rasa roti
  • Membuat tekstur roti menjadi halus
  • Membuat roti dapat bertahan lama dan rasanya masih empuk
  • Sebagai conditioner atau penguat gluten
  • Sebagai softener atau pelembut gluten
  • Sebagai yeast food atau makanan ragi
  • Sebagai supplement atau penambah enzim

Ragi atau fermipan berfungsi sebagai pembangkit rasa, aroma dan pengembang adonan. Pada ragi terdapat sel tunggal yang terdiri dari beberapa enzim dan bertugas pada proses fermentasi. Enzim-enzim tersebut adalah invertase, zymase, protease, lipase dan maltae.

Hasil fermentasi dapat dikatakan ideal jika terdapat gula, jumlah ragi, garam, suhu adonan, tingkat keasaman adonan dan air yang seimbang. Sesuai fungsinya, beberapa ragi berikut ini biasa dipakai untuk membuat roti.

  • Ragi Instan (Instant Yeast)

Pada jenis ragi ini terdapat air sekitar 1 sampai 2%, untuk menggunakannya bisa langsung saat proses aduk sekitar 0,75 sampai 2%. Ragi ini dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama.

  • Ragi Basah (Compressed Fresh Yeast)

Terdapat 70% air pada ragi basah. Penyimpanannya harus berada di suhu 2 sampai 4 derajat celcius. Bisa langsung dipakai saat pengadukan sekitar 2 sampai 5%.

  • Ragi Koral (Active Dry Yeast)
Baca Juga :  Pengganti Bread Improver yang Bisa Digunakan Saat Membuat Roti

Pada ragi koral, terdapat air sebanyak 7%. Seperti ragi instan, daya tahan ragi koral juga lama. Anda bisa mencampur ragi dengan air hangat selama 10-30 menit. Total pemakaian dari jumlah terigu yakni 1,5 sampai 3%.

3. Perbedaan Manfaat

Manfaat dari bread improver dan fermipan juga berbeda. Berikut perbedaan bread improver dan fermipan.

Manfaat Bread Improver

  • Proses membuat adonan atau roti bisa lebih cepat
  • Kualitas yang dihasilkan roti menjadi lebih baik, seperti tekstur, aroma dan rasanya
  • Tidak perlu membutuhkan banyak bahan tambahan, karena bread improver memiliki komposisi yang lengkap untuk menghasilkan roti yang baik
  • Roti akan tetap awet, rasa dan aroma tidak akan hilang atau berubah
  • Harga bread improver terjangkau dan bisa digunakan semua kalangan
  • Sudah banyak dipasarkan pada toko-toko bahan kue

Manfaat Ragi atau Fermipan

Ternyata ragi memiliki beragam manfaat. Berikut beberapa manfaat ragi untuk kesehatan badan dan kulit selain untuk makanan.

  • Ragi juga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan tapai. Sebab ragi digunakan untuk membantu proses fermentasi singkong menjadi tapai singkong. Rasa yang dihasilkan dari tapai juga berasal dari ragi.
  • Berbeda dari bread improver yang hanya digunakan untuk pembuatan roti. Ragi juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan seperti mengurangi rasa pegal. Anda bisa mencampurkan ragi dan air untuk dioleskan pada bagian tubuh yang pegal.

Itu dia beberapa perbedaan bread improver dan fermipan atau ragi. Anda bisa belajar mengenai perbedaan tersebut agar tidak salah dalam menggunakannya serta paham akan fungsinya.

Referensi:

Artikel Terkait

Bagikan:

[addtoany]

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.