8 Merk Tepung Terigu Protein Tinggi untuk Donat

ngulasmerk

Buat Bunda yang hobi memasak tentu sudah tidak asing dengan tepung protein tinggi. Tepung yang terkadang disebut dengan tepung roti ini memang merupakan jenis tepung dengan kandungan protein mencapai 12-14%. Bunda bahkan dapat memilih sejumlah merk tepung terigu protein tinggi untuk donat maupun jenis roti lainnya.

Rekomendasi Merk Tepung Protein Tinggi untuk Donat dan Roti

Sejatinya tidak sulit mencari berbagai merk tepung terigu protein tinggi. Bunda dapat mencarinya di berbagai supermarket maupun di berbagai toko online. Berikut 8 rekomendasi merk tepung tinggi protein yang bisa Bunda gunakan untuk membuat roti kesukaan keluarga.

1. Cakra Kembar

Sumber: shopee.co.id

Siapa sih yang tidak mengenal merk tepung terigu yang satu ini. Buat Bunda yang senang membuat roti dan kue, Bogasari cakra Kembar sudah pasti kerap menjadi pilihan. Berbagai jenis olahan seperti roti tawar, mie, martabak, bahkan bun burger akan cocok dibuat menggunakan merk tepung ini.

Tepung terigu ini tersedia dalam dua varian, yakni Cakra Kembar Bening dan Cakra Kembang Premium. Adapun harganya juga terbilang sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp10.000 sampai dengan Rp12.000 per kilogram. Bunda juga dapat membelinya secara langsung di supermarket, pasar tradisional, hingga toko online di marketplace.

Kandungan gizi yang dimiliki oleh tepung ini juga lengkap, mulai dari vitamin B1, vitamin B2, asam folat, hingga zat besi. Dengan demikian, Cakra Kembar bisa menjadi merk tepung terigu protein tinggi untuk donat maupun pembuatan mie.

2. Tali Emas

Sumber: shopee.co.id

Merek terigu berprotein tinggi yang satu ini bisa menjadi andalan buat Bunda yang ingin membuat roti atau kue. Tepung terigu ini memiliki kualitas terbaik untuk menghasilkan roti yang mengembang sempurna dengan tekstur berpori dan lembut.

Baca Juga :  12 Merk Ragi Instan yang Bagus untuk Kue dan Roti

Tepung ini memiliki kandungan gluten sebesar 34% dengan protein minimal 12%. Selain itu, kadar abu dalam tepung juga terbilang sangat rendah, yakni 0,6% saja. Hal inilah yang akan membuat adonan terlihat lebih putih dan cerah.

Tidak hanya untuk pembuatan roti seperti donat, Bunda juga bisa membuat kue basah menggunakan merk tepung terigu ini. Harganya juga terbilang sangat terjangkau, yakni tidak sampai Rp20.000 per kilogram. Sayangnya, tepung ini cukup sulit ditemukan di beberapa supermarket sehingga opsi membeli secara online bisa menjadi pilihan.

3. Golden Eagle

Sumber: shopee.co.id

Rekomendasi merk tepung berprotein tinggi selanjutnya yang bisa Bunda pilih yakni Golden Eagle yang berasal dari Bungasari. Kandungan gluten yang tinggi membuat tepung terigu ini sangat cocok untuk membuat adonan roti mengembang dengan lebih sempurna.

Selain itu, daya serap air yang tinggi juga akan membuat adonan roti tidak lengket. Tidak mengherankan kalau Golden Eagle bisa menjadi salah satu pilihan merk tepung terigu protein tinggi untuk donat yang tepat. Harganya juga terjangkau, yakni Rp12.000 per kilogram.

4. Bob’s Red Mill

Sumber: shopee.co.id

Jika Bunda ingin membuat roti organik, maka Bob’s Red Mill bisa menjadi pilihan yang tepat. Merk tepung terigu protein tinggi ini berasal dari Amerika dan terbuat dari gandum utuh, pati kentang, campuran kacang garbanzo, hingga tepung sorghum yang putih utuh.

Proses pembuatannya bebas gluten dan digiling sehingga teksturnya menjadi lembut. Tekstur yang halus tersebut dapat digunakan untuk berbagai resep masakan vegan dan gluten free sehingga cocok untuk penderita celiac disease. Bunda dapat membuat kulit pie, adonan pasta, pizza, bahkan donat menggunakan tepung serbaguna ini.

Baca Juga :  Begini! Cara Memberi Makan Kelinci Dengan Pelet Yang Benar

Kendati demikian, Bunda perlu merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan merk tepung ini. Di toko online seperti Shopee, harga tepung dibanderol dengan harga Rp129.000 per 623 gram. Akan tetapi dengan segala kelebihannya tersebut, tentu masih terbilang wajar.

5. Tani Kepyar

Sumber: shopee.co.id

Bunda yang suka membuat kue sehat juga wajib menggunakan merk tepung terigu berprotein tinggi yang satu ini. Tepung Cake Gluten Free dari Tani Kepyar merupakan tepung siap pakai yang terbuat dari 100% bahan alami dan organik tanpa adanya campuran kimia.

Ada banyak kelebihan yang dapat Bunda dapatkan jika menggunakan tepung ini, mulai dari bahan yang bebas gluten, tinggi serat, serta memberi efek kenyang yang lebih lama. Tidak mengherankan jika tepung ini juga cocok sebagai merk tepung terigu protein tinggi untuk donat, kue bolu, bahkan brownies.

Tepung yang terbuat dari mocaf, tepung beras ketan, pati singkong, dan pati garut ini dijual secara online di berbagai marketplace. Satu kemasan dengan berat 450gr dijual dengan harga Rp31.400. Dengan membeli produk ini, Bunda juga sudah membantu menyejahterakan petani Indonesia karena semua bahan produksinya diperoleh dari petani lokal.

6. Cakra Kembar Emas

Sumber: shopee.co.id

Jika sebelumnya ada Cakra Kembar, maka rekomendasi selanjutnya masih dari satu pabrikan yang sama, yakni Cakra Kembar Emas. Bunda dapat membuat berbagai aneka roti ala barat menggunakan tepung merk ini seperti Pound Cake Bread atau Pastry.

Tepung dari gandum pilihan ini memiliki tekstur crumb yang halus, putih dan cerah, lembut, serta dapat mengembang secara maksimal. Variasinya beragam mulai dari Oriental, Original, serta Pao & Mantao. Adapun harganya juga terbilang sangat terjangkau, yakni mencapai Rp20.000 untuk ukuran 1 kg.

7. Nippon Komachi

Sumber: shopee.co.id

Selain dari Indonesia dan Amerika, produk tepung dari Jepang yang satu ini juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membuat roti dan kue yang berkualitas. Ya, Nippon Komachi tidak hanya cocok untuk roti-roti Jepang, namun juga dapat digunakan untuk kue-kue khas Indonesia maupun donat.

Baca Juga :  Apa Itu Ragi Instan dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Adonan yang dihasilkan juga akan memiliki tekstur yang kuat berkat kandungan protein tinggi yang dimilikinya. Kendati demikian, jika dibandingkan dengan tepung protein tinggi lainnya, harganya masih terbilang cukup tinggi, bahkan mencapai 18-29 ribu rupiah per kilogram. Bunda dapat menemukan tepung tinggi protein ini di berbagai marketplace online.

8. Bungasari Kabuki Gold

Sumber: shopee.co.id

Rekomendasi merk tepung terigu protein tinggi untuk donat selanjutnya yakni Kabuki Gold yang berasal dari produksi Bungasari. Merk tepung berprotein tinggi mempunyai tekstur yang sangat lembut dengan warna putih bersih yang berkualitas.

Tidak mengherankan jika tepung ini cocok untuk menghasilkan white bread dan soft bread yang lembut dan fluffy. Tepung yang diklaim sebagai produk terigu paling putih dan halus ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar membuat roti manis atau roti tawar.

Pada awalnya, Kabuki Gold dijual dalam ukuran 25 kilogram saja, namun saat ini sudah tersedia kemasan 1 kg sehingga Bunda dapat membelinya secara mudah untuk menghasilkan roti dan kue berkualitas. Harganya juga sangat terjangkau, yakni mulai Rp18.000 di berbagai toko online maupun toko bahan kue.

Itulah sejumlah merk tepung terigu protein tinggi untuk donat maupun jenis roti dan kue lainnya yang bisa Bunda dapatkan di berbagai toko online maupun offline. Bunda ingin menggunakan merk tepung terigu protein tinggi untuk donat yang mana nih?.

Jika Bunda butuh rekomendasi merk bread improver untuk donat yang bagus, kami memiliki rekomendasinya di artikel sebelumnya. Terima kasih, semoga bermanfaat dan selamat berkreasi!

Referensi:

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.