12 Merk Ragi Instan yang Bagus untuk Kue dan Roti

ngulasmerk

Memilih merk ragi instan yang bagus adalah sebuah keharusan bagi Anda yang ingin membuat kue dan roti. Tanpa ragi yang bagus, roti dan kue tidak akan mengembang dengan sempurna.

Ragi merupakan bahan yang dapat menyebabkan fermentasi. Di dalamnya ada mikroorganisme yang bisa membuat suatu adonan roti mengembang dan lebih lembut ketika sudah matang.

Jadi, selain gula dan tepung, roti memerlukan ragi agar bisa lebih empuk dan berongga. Ada banyak sekali jenis ragi yang bisa ditemui di toko kue atau supermarket, terutama ragi instan.

Ragi yang baik adalah yang cepat mengembangnya dan sedikit menambahkan sedikit rasa manis. Selain untuk roti dan kue, ragi juga bisa digunakan sebagai bahan pembuatan tempe, bir, dan tape.

Untuk membantu Anda memilih produk ragi instan, kami akan memberikan 12 rekomendasi merk ragi instan yang bagus untuk Anda yang suka memasak menggunakan ragi, simak sampai habis!

Rekomendasi Merk Ragi Instan yang Bagus

1. Koepoe Koepoe Gist Korrels

Sumber: shopee.co.id

Koepoe Koepoe adalah salah satu merk yang paling terkenal untuk bahan-bahan membuat kue. Merk ini juga memproduksi pewarna makanan, baking powder, rempah-rempah, dan lainnya.

Bentuk dari ragi instan merk Koepoe Koepoe ini berukuran seperti bola kecil yang kasar. Cara menggunakannya adalah direndam selama 15 menit untuk mengaktifkan kandungannya dan dicampurkan ke dalam adonan roti atau kue.

Harga dari kemasan 65 gram Koepoe Koepoe Gist Korrels berkisar mulai dari Rp. 9.000 – Rp. 10.000-an yang dapat ditemukan di toko bahan kue atau minimarket.

2. Fermipan

Sumber: shopee.co.id

Selanjutnya merk ragi instan yang bagus adalah Fermipan. Merk ini dapat Anda temukan dengan mudah di supermarket atau toko kue dan bahkan di toko kelontong.

Fermipan memiliki kualitas mengembang yang lebih cepat. Ragi instan ini juga sudah bersertifikat BPOM sehingga aman digunakan. Bentuk dari Fermipan juga lebih halus jika dibandingkan dengan Koepoe Koepoe.

Untuk harga, Fermipan relatif terjangkau dibandingkan ragi merk lain dan tersedia dalam kemasan sachet hingga plastik besar.

Kemasan kecil 4×11 gram dibanderol dengan harga mulai Rp.16.500 dan Rp. 49.000 untuk kemasan 500 gram.

3. Mauri-pan

Sumber: shopee.co.id

Mauripan adalah merk ragi yang memiliki kandungan vitamin C di dalamnya. Ragi instan ini sangat cocok untuk berbagai macam olahan seperti roti dan kue.

Baca Juga :  Cara Menyimpan Ragi Instan agar Awet dan Tahan Lama

Merk ini sudah mendapatkan sertifikasi BPOM dan logo halal dari MUI. Harganya juga relatif terjangkau yang membuat ragi ini banyak digunakan oleh bakery kecil atau usaha skala rumah tangga.

Kemasan 12 gram dari ragi instan Mauripan dibanderol mulai dari harga Rp. 4.000-an dan dapat Anda temukan di toko bahan kue terdekat atau minimarket.

4. Super GS Bak Pau dan Donat

Sumber: shopee.co.id

Selanjutya merk ragi instan yang bagus adalah Super GS. Jika anda ingin membuat bakpao yang lembut dan kenyal? Super GS adalah jawabannya. Selain khusus untuk roti bakpao, Super GS juga menyediakan ragi khusus untuk donat dan roti kering.

Dengan menggunakan ragi instan ini, donat dan bakpao Anda akan lebih lembut dan empuk karena adonan mengembang dengan sempurna. Kemasan kecilnya juga cocok untuk membuat olahan roti di rumah.

Di toko online dan toko bahan kue, ragi instan Super GS Bak Pau dan Donat dibanderol mulai dari harga Rp. 4.500.

5. Saf Instant

Sumber: shopee.co.id

Ragi instan dari Saf merupakan ragi berkualitas yang bisa digunakan untuk membuat roti, bakapo, donat, dan kue jajanan pasar.

Saf Instant punya kadar gula yang cukup tinggi jadi cocok bagi Anda yang ingin membuat makanan manis.

Harganya memang relatif lebih mahal dibandingkan merk-merk sebelumnya, namun kualitasnya yang baik membuat Saf dipercaya oleh banyak penjual kue sejak lama.

Kemasan 5×11 gram dari Saf Instant di toko online dibanderol mulai dari harga Rp. 22.000. Sedangkan untuk kemasan 125 gram dibanderol mulai dari Rp. 42.000.

6. Allaire Dry Instant Yeast

Sumber: shopee.co.id

Selanjutnya merk ragi instan yang bagus adalah Allaire. Allaire merupakan salah satu merk ragi yang tidak perlu gula untuk mengembangkan adonan. Jadi, bagi Anda yang ingin membuat roti dan mengurangi konsumsi gula, ragi ini cocok untuk Anda.

Meskipun mengaktifkan raginya tidak memerlukan gula, namun adonan roti juga bisa mengembang dengan sempurna seperti ragi instan lainnya.

Kemasan 150 gram dari ragi rendah karbohidrat Allaire Dry Instant Yeast dibanderol mulai dari Rp. 65.000 di toko online.

7. Pakmaya Gold

Sumber: shopee.co.id

Pakmaya Gold merupakan ragi instan yang sudah dipercaya bagi pembuat roti skala besar, jadi kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Ragi instan ini dapat menjadi pengembang adonan roti sekaligus mempercepat pemanggangan roti.

Merk ini tersedia dalam dua tipe kemasan, yaitu sachet dan kemasan besar. Untuk kemasan sachet 11 gram dibanderol mulai dari harga Rp. 5.000 dan Rp. 40.000 untuk kemasan 500 gram.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Merk Pelet Kelinci Yang Bagus

8. Bruggeman

Sumber: shopee.co.id

Selanjutnya merk ragi instan yang bagus yang cukup premium, ada ragi dari Bruggeman. Ragi impor ini sangat cocok untuk membuat roti seperti croissant dan adonan pastel.

Merk Bruggeman tersedia dalam dua varian, yaitu varian brown yang digunakan untuk adonan dengan kadar gula yang tinggi dan varian blue untuk adonan yang tidak memiliki terlalu banyak gula.

Kedua varian ini dapat kamu temukan di toko bahan kue hingga e-commerce. Harganya mulai dari Rp. 42.000 – Rp. 47.500.

9. Gloripan Instant

Sumber: shopee.co.id

Ragi instan dari Gloripan ini juga memiliki kandungan sorbitan monostearate atau emulsifier, jadi ragi ini dapat mempersingkat waktu fermentasi adonan dan pengembangan adonan.

Gloripan Instant juga merupakan ragi yang tidak memerlukan terlalu banyak gula agar bisa mengembang. Jadi sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat roti yang tidak terlalu manis.

Ragi instan Gloripan dijual dalam ukuran kemasan 500 gram dengan harga mulai dari Rp. 27.500 di e-commerce.

10. Angel Dry Yeast

Sumber: shopee.co.id

Selanjutnya merk ragi instan yang bagus adalah Angel Dry Yeast. Angel Dry Yeast merupakan merk ragi terkenal yang digunakan oleh para pengusaha roti dan kue skala besar. Merk ini berasal dari cina dan dibuat dengan teknologi tinggi sehingga kualitasnya sudah terjamin.

Sertifikasi BPOM dan Food Safety dari FSSAI juga ada di produk ini. Pastikan untuk membeli yang kemasannya berwarna putih merah dan emas. Ragi ini lebih cocok untuk adonan roti manis yang kadar gulanya di atas 10% dari tepung.

Untuk kemasan 500 gram, Angel Dry Yeast dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 29.000 di toko online atau e-commerce.

11. Haan Instant Yeast

Sumber: shopee.co.id

Ragi instan merk Haan merupakan ragi yang cocok digunakan untuk membuat berbagai macam olahan roti seperti donat, bakpao, dan croissant. Cukup campurkan tepung yang sudah ditambahkan gula dan adonan akan mengembang dengan sempurna.

Kemasan 1 box berisi 4 sachet 11 gram ragi dibanderol dengan harga Rp.15.000 di toko online dan toko bahan untuk kue.

12. Red Star Quick Rise

Sumber: shopee.co.id

Terakhir, merk ragi instan yang bagus yang memiliki kandungan vitamin c adalah ragi instan merk Red Star yang dapat mempercepat waktu mengembang adonan Anda. Sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat roti tradisional maupun menggunakan mesin.

Cara menggunakannya bisa langsung dituangkan ke adonan maupun dilarutkan dalam air gula terlebih dahulu.

Jenis Ragi yang Perlu Diketahui

Selain ragi instan, ada juga dua jenis ragi lainnya, yaitu ragi basah dan ragi kering. Cara penggunaan ragi tersebut berbeda dari ragi instan.

Baca Juga :  Begini! Cara Memberi Makan Kelinci Dengan Pelet Yang Benar

Agar tidak salah membeli, simak perbedaan jenis-jenis ragi di bawah ini dan cara menggunakannya.

  • Ragi Basah

Seperti namanya, ragi yang satu ini mengandung lebih banyak air. Biasanya dijual dalam bentuk bongkahan padat yang cukup besar.

Ragi basah akan lebih cepat rusak jika disimpan di suhu ruangan. Jadi, sebaiknya ragi basah dimasukkan ke dalam lemari pendingin agar suhu tetap terjaga.

Untuk menggunakannya, ragi basah bisa langsung dicampurkan ke adonan dan masukkan adonan roti ke dalam ruang khusus atau stim yang berfungsi untuk menghangatkan adonan agar bisa mengembang.

Keunggulan dari ragi basah adalah ketika roti sudah matang tidak begitu tercium bau ragi untuk yang tidak terlalu suka bau ragi. Kelemahannya ada pada masa simpan yang relatif pendek.

  • Ragi Kering

Apakah ragi kering sama seperti ragi instan? Sekilas memang mirip namun ada perbedaan pada teksturnya. Di mana ragi kering memiliki tekstur yang lebih kasar dibandingkan ragi instan.

Meskipun begitu, cara mengaktifkannya juga sama, yaitu dengan merendamnya dengan air yang dicampur gula dan tinggal campurkan ke dalam adonan roti.

Kelebihan dari ragi ini adalah pada masa dan cara menyimpannya yang bisa diletakkan pada suhu ruangan.

  • Ragi Instan

Terakhir, jenis ragi yang kami bahas pada kesempatan kali ini yaitu ragi instan. Jenis ini paling umum digunakan oleh orang-orang baik dari pembuat roti rumahan sampai skala besar.

Ragi instan ini termasuk ragi aktif. Jadi pastikan lagi apakah untuk mengaktifkannya perlu direndam dengan air gula atau bisa langsung dicampurkan ke dalam adonan.

Kelebihan dari ragi instan adalah kecepatan mengembangnya dan juga tidak memerlukan ruang hangat agar adonan bisa mengembang. Kekurangannya ada pada adonan yang mudah over-proofing atau terlalu mengembang.

Bau ragi juga mudah tercium dari roti yang dipanggang dengan ragi instan. Kelemahan lainnya adalah penyimpanannya harus di ruangan yang kedap udara atau tempat yang dingin dan sejuk.

Jadi, pastikan lagi untuk menggunakan ragi instan dengan takaran yang benar agar adonan tidak over-proofing dan menyimpannya di ruangan yang kedap udara dan sejuk.

Pilih Ragi Sesuai Preferensi dan Jenis Roti

Banyaknya jenis roti dan kue mulai dari manis sampai asin membuat sang koki perlu mempertimbangkan bahan yang digunakan, terutama ragi.

Setiap ragi memiliki kelebihannya tersendiri, ada yang bebas gula dan ada yang memiliki kandungan yang membuat adonan mengembang lebih cepat. Jadi pilihlah ragi sesuai dengan jenis roti dan kue yang ingin Anda buat. Gunakan ragi dengan takaran yang tepat dan simpan di tempat yang disarankan yaitu ruangan kedap udara.

Sebelum membeli ragi pastikan anda tahu fungsi ragi, agar tidak salah memberi bahan pada roti anda. Sebagai contoh, anda harus tahu perbedaan ragi dengan bread improver. Dengan mengetahui perbedaan tersebut anda bisa tahu ingin memberi bahan roti dengan apa, sehingga roti anda bisa menjadi lebih enak.

Demikian informasi tentang merk ragi instan yang bagus, yang dapat kami sampaikan. Sebelum membeli ragi pastikan anda tahu fungsi ragi, agar tidak salah memberi bahan pada roti anda, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.