Pengganti Bread Improver yang Bisa Digunakan Saat Membuat Roti

ngulasmerk

Bagi seseorang yang gemar membuat roti, bread improver adalah suatu bahan yang tidak dapat dilewatkan. Namun untuk mendapatkannya juga tidak mudah, apalagi bagi seseorang yang tinggal jauh dari perkotaan. Tapi tidak perlu khawatir, ada beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai pengganti bread improver.

Apa Itu Bread Improver?

Bread improver adalah bahan yang ditambahkan pada pembuatan roti supaya adonan mengembang. Dengan bahan ini pembuatan roti juga menjadi lebih cepat. Namun ada beberapa jenis roti yang tidak menggunakan bread improver untuk mempertahankan mutunya.

Fungsi Bread Improver

Setiap bahan untuk membuat roti pasti memiliki fungsi. Salah satunya bread improver yang memiliki beberapa fungsi berikut ini.

1. Melembutkan Tekstur Roti

Fungsi bread improver yang pertama adalah untuk melembutkan roti. Dalam bread improver terdapat kandungan emulsifier yang berguna untuk menggabungkan bahan alami seperti air dan minyak. Selain itu dengan emulsifier tekstur roti dapat menjadi lembut.

2. Membantu Ragi Untuk Memproduksi Gas Supaya Roti Lebih Mengembang

Ragi dapat bekerja maksimal karena adanya suplemen dari bread improver. Gas yang dihasilkan ragi dapat membantu adonan roti mengembang. Saat adonannya baik, maka hasilnya juga akan memuaskan.

3. Mempersingkat Waktu Fermentasi

Selain membantu ragi untuk memproduksi gas, bread improver juga membuat waktu fermentasi menjadi lebih singkat. Dalam hal ini fungsi penyingkatan waktu fermentasi sangat penting, karena pembuatan roti skala besar membutuhkan waktu yang sangat cepat.

Baca Juga :  Simak Untuk Pemula! Ketahui Cara Memelihara Kelinci Dalam Rumah

4. Membantu Menahan Kerangka Roti yang Mengembang Melalui Gluten

Cara kerja bread improver melalui cara kimiawi. Saat proses pengadukan bread improver digunakan sebagai penguat gluten yang terbentuk. Fungsi bread improver ini dapat dilihat jelas saat pembakaran awal roti atau oven spring.

Bagaimana Cara Menggunakan Bread Improver?

Sebenarnya bukan hanya bread improver saja yang bisa digunakan sebagai bahan membuat roti. Ada bahan lain yang dapat digunakan sebagai pengganti bread improver dengan kualitas dan fungsi yang hampir sama. Namun masih banyak pembuat roti terutama ibu-ibu yang mengincar bahan satu ini.

Untuk menjaga kualitas Anda bisa memilih bread improver dengan merk bread improver yang bagus agar kualitas tetap terjamin.

Selain itu, Anda harus mengetahui cara penggunaannya. Bila Anda baru saja menggunakan bahan satu ini dan belum mengetahui cara pakainya, berikut beberapa cara menggunakan bread improver.

Anda tidak perlu terlalu banyak menggunakan bread improver, cukup 0,2 % atau 0,4% dari penggunaan tepung terigu.

Salah satu contohnya adalah penggunaan bread improver sebanyak 5 gram, kemudian dicampurkan dengan tepung terigu sekitar 500 gram. Didapatkan rasio 100 : 1 antara tepung : bread improver.

Setelah itu, Anda bisa menambahkan air sebanyak 320 ml, garam 10 gram, ragi 7 gram dan minyak 5 gram.

Jika sudah mencampurkan seluruh bahan di atas, Anda bisa langsung membuat rotinya. Roti yang akan dibuat dengan komposisi dan rasio yang benar akan matang dengan bagus. Volume dan daya angkat roti akan menjadi besar.

5 Bahan Pengganti Bread Improver

Jangan khawatir jika roti yang Anda buat tidak berhasil atau gagal karena tak menggunakan bread improver. Ada beberapa bahan pengganti yang dapat Anda gunakan dan bisa membuat roti tetap mengembang serta enak untuk dinikmati. Berikut bahan-bahan penggantinya.

Baca Juga :  8 Merk Tepung Terigu Protein Tinggi untuk Donat

1. Buttermilk    

Dengan buttermilk, roti yang Anda buat akan terasa enak dan kenyal. Tapi jika tidak sempat membeli buttermilk, Anda juga bisa menggunakan susu dengan campuran lemon setelah didiamkan 5 menit untuk menggantikan bread improver.

2. Water Roux

Gunakan water roux, saat Anda tidak memiliki bread improver. Water roux adalah tepung terigu yang dicairkan sebagai bahan tambahan adonan roti agar menjadi lembut. Meskipun begitu ada beberapa yang mengatakan penggunaan water roux bisa membuat tekstur roti menjadi kering.

3. Telur

Bahan satu ini dapat dikatakan bukan sebagai bahan pengganti. Sebab hampir semua adonan roti membutuhkan telur untuk menyatukan seluruh bahan. Sehingga tanpa bread improver pun semua bahan roti sudah jelas tercampur karenanya.

Meski telur sangat penting untuk bahan dasar pembuatan roti, jika Anda tidak memilikinya ada alternatif lain yang dapat digunakan yakni saus apel tanpa pemanis atau pisang tumbuk. Anda patut mencobanya sebagai pengganti dari bread improver.

4. Minyak

Jika Anda tidak menggunakan bread improver, gunakan minyak yang bisa Anda jadikan sebagai bahan tambahan atau penggantinya. Umumnya minyak sangat penting untuk dijadikan sebagai bahan pembuat roti agar tidak lengket.

Saat Anda juga kehabisan minyak, gunakan saus apel yang tidak memiliki rasa. Cukup tuangkan 3/4 dari cangkir saus apel atau bisa juga menggunakan yoghurt sesuai takaran saus apel sebelumnya.

5. Baking Soda/Baking Powder

Baking soda atau powder juga memiliki fungsi untuk mengembangkan roti. Sehingga Anda tidak perlu cemas tidak dapat mengembangkan adonan kue saat tidak memiliki bread improver. Gunakan baking soda atau jika tidak ada Anda bisa pakai air sodanya saja tanpa perasa.

Baca Juga :  Perbedaan Bread Improver dan Fermipan untuk Membuat Roti

Itu dia beberapa bahan pengganti bread improver yang dapat Anda ketahui. Mohon maaf jika ada yang salah dan semoga informasi ini bermanfaat, terima kasih

Referensi:

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.