Pengertian Ampli Walet dan Fungsi Rangkaian Ampli Walet

ngulasmerk

Berbudidaya burung rumahan seperti burung walet memerlukan alat – alat pendukung agar budidaya walet bisa berjalan dengan baik. Hal yang utama dalam budidaya burung walet adalah rumah walet itu sendiri dan beberapa alat pendukung di dalamnya, seperti rangkaian ampli walet, mesin pompa air, bohlam lampu untuk kebutuhan penerangan di bagian luar, dan beberapa alat tambahan lainnya, seperti timer, dan lain – lain.

Dalam berbudidaya burung walet menggunakan rumah walet, pada kenyataannya di lapangan, tidak perlu mengunjungi rumah walet setiap hari. Hal itu biasanya dilakukan hanya sekali dalam satu bulan, dua kali sebulan atau hanya mengunjungi rumah walet saat tiba masa panen saja, yang mana biasanya dalam tiga atau empat bulan.

Oleh karena itu, di dalam rumah walet tersebut akan dipasang beberapa perangkat yang menggunakan sumber daya listrik. Sumber daya listrik tersebut pun tidak terus-menerus dioperasikan atau 24 jam non-stop, namun, hanya akan digunakan pada waktu – waktu tertentu saja. Untuk itu Anda harus memilih merk ampli walet terbaik agar berkualitas dan mendukung rumah walet Anda.

Apa Itu Ampli Walet?

Sumber: powerapex.web.id

Secara umum, di dalam rumah walet terdapat beberapa perangkat, misalnya mesin audio pemanggil walet atau sering disebut rangkaian ampli walet yang biasanya dibuat dengan amplifier hasil modifikasi, mesin pompa air, skema timer dan lampu yang digunakan untuk penerangan luar rumah walet, serta beberapa perangkat penunjang lainnya.

Dengan bantuan dari beberapa perangkat tersebut, pemilik rumah walet tidak harus mengunjungi rumah walet setiap hari untuk melakukan pemeriksaan dan pemeliharaan. Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai fungsi, spesifikasi, dan tips memilih ampli walet.

Baca Juga :  6 Merk Kabel CCTV Terbaik, Ini Dia Rekomendasinya!

Fungsi Ampli Walet

Sebelum membahas mengenai spesifikasi ampli walet yang direkomendasikan dan tips memilihnya, Anda perlu mengenal fungsi ampli walet secara umum. Seperti yang telah disebutkan di atas, amplifier bisa digunakan untuk kebutuhan penunjang bagi para pemilik rumah walet dan budidaya walet. Sound system atau amplifier untuk walet pun perlu dipertimbangkan kualitasnya sehingga budidaya walet bisa berjalan dengan lancar.

Secara umum, fungsi dari rangkaian ampli walet adalah memanggil burung walet untuk memasuki rumah walet yang dibangun pemilik. Ampli walet yang memiliki kualitas suara yang bagus tentu saja akan membuat kemampuan memanggil burung walet menjadi lebih maksimal.

Dengan menggunakan ampli walet, burung walet akan tertarik untuk masuk ke dalam rumah walet yang buat karena burung walet akan merasa bahwa di tempat Anda terdapat koloni burung walet, yang juga menandakan tempat tersebut aman dari serangan predator dan ancaman lainnya, sehingga burung walet akan masuk ke rumah walet Anda dan membuat sarang di dalamnya.

Maka dari itu pemilihan ampli walet merupakan hal yang perlu dipertimbangkan baik – baik sehingga rumah walet Anda bisa berfungsi dengan baik.

Spesifikasi Rangkaian Ampli Walet

Untuk menjalankan fungsinya sebagai pemancing walet agar memasuki rumah walet yang telah dibangun, Anda membutuhkan ampli walet dengan spesifikasi yang mumpuni agar dapat bekerja dengan baik. Berikut ini, contoh dari spesifikasi untuk rangkaian ampli walet yang direkomendasikan.

  • DC 12V (direkomendasikan untuk menggunakan daya DC 12V agar lebih hemat daya)
  • Disarankan memakai IC tunggal TDA7388
  • PCB berukuran 14 x 9 cm
  • 2 channel input (stereo)
  • 4 channel output 4 x 41W (2 di kiri dan 2 di kanan)
  • 4 channel TDA7386 Spesial untuk walet dengan daya 4 x 41W
  • Kontrol tonemid dan high
  • 4 channelvolume suara terpisah
  • Input R = volume 1 = SP 1
  • Input R = volume 2 = SP 2
  • Input L = volume 3 = SP 3
  • Input L = volume 4 = SP 4
  • Suara jernih
  • Hemat tenaga baterai atau aki
  • Tidak mudah panas

Rangkaian yang berupa rakitan untuk ampli walet yang direkomendasikan tersebut bisa Anda dapatkan hanya dengan harga kurang lebih 150 ribu rupiah.

Baca Juga :  Intip 10 Rekomendasi Merk TV Untuk PS3

Tips Memilih Ampli Walet untuk Rumah Walet

Saat memilih rangkaian ampli walet yang baik untuk rumah walet yang Anda bangun, sebaiknya pilihlah ampli walet yang sesuai dengan besarnya gedung dari rumah walet yang Anda bangun, karena rumah walet yang berukuran kecil, tidak perlu menggunakan ampli yang terlalu besar. Begitu pula sebaliknya, jika gedung rumah walet berukuran besar, maka Anda juga perlu menggunakan ampli walet yang besar. Berikut ini beberapa tips dalam memilih ampli walet yang tepat.

1. Pertimbangkan luas ruangan

Suara yang dihasilkan dari tiap – tiap amplifier atau output suara tentu berbeda-beda menurut ukuran dan juga merk dari ampli itu sendiri. Jika Anda menginginkan output suara yang besar, maka tentunya luas ruangan pun harus semakin luas. Berlaku juga sebaliknya, jika ruangan dari rumah walet yang Anda buat tidak terlalu luas atau sempit, gunakan ampli walet yang menghasilkan output yang tidak terlalu besar.

2. Sesuaikan tweeter dengan spesifikasi ampli

Untuk hal ini, Anda bisa menentukan patokan jumlah tweeter yang ada pada ampli walet dengan ukuran gedung rumah walet Anda. Jika gedung atau rumah walet Anda berukuran besar, maka rumah walet Anda akan membutuhkan jumlah tweeter yang cukup banyak dan Anda juga akan membutuhkan ampli walet yang memiliki spesifikasi yang besar.

Hindari untuk menggunakan tweeter dalam jumlah banyak apabila ampli walet yang Anda gunakan memiliki spesifikasi yang kecil karena nantinya suara yang dihasilkan atau output suara tidak menghasilkan suara yang baik, malah hanya akan berdengung saja. Oleh karena itu, jika gedung atau rumah walet Anda berukuran luas dan membutuhkan jumlah tweeter yang juga banyak, gunakan ampli walet dengan spesifikasi yang besar.

3. Meminta bantuan orang yang mengerti tentang sound system

Saat Anda ingin membeli rangkaian ampli walet atau sound system untuk rumah walet, sebaiknya Anda membawa orang lain yang mengerti dan memahami sound system dan elektronik saat berbelanja ampli walet. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari kesalahan saat memilih spesifikasi ampli walet yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Cek Min Plus Elco ? Berikut Caranya Untuk Pemula

4. Memilih ampli yang tidak boros baterai atau aki

Ampli walet yang digunakan dalam rumah walet Anda umumnya diberi tambahan rangkaian yang terhubung dengan baterai atau aki, sehingga ampli akan memiliki dua sumber daya yaitu listrik dan aki. Hal tersebut untuk membuat ampli walet Anda akan tetap nyala dan berfungsi meskipun terjadi pemadaman listrik.

5. Memilih ampli yang sudah dilengkapi kipas pendingin

Ampli walet akan Anda gunakan tanpa batas waktu, yang artinya Anda akan membiarkan ampli walet Anda untuk terus menyala selama 24 jam penuh. Oleh karena itu, untuk menghindari panas yang berlebihan pada ampli, pilihlah ampli yang dilengkapi dengan kipas pendingin. Anda juga menambahkan kipas pendingin sendiri apabila diperlukan sehingga ampli akan tetap dingin dan akan lebih tahan lama.

6. Ampli walet yang cocok untuk semua format audio

Ampli walet yang Anda gunakan akan menghasilkan suara atau output berupa audio yang berasal dari file yang memiliki format audio. Lebih baik jika Anda menggunakan ampli walet dengan kemampuan membaca semua format file audio. Hal tersebut bertujuan agar saat Anda menggunakan suara walet yang berkualitas dengan format audio yang jarang digunakan oleh umum, ampli walet Anda tetap bisa membaca dan menghasilkan suara atau output dari format audio tersebut.

Tips Merawat Ampli Walet

Berikut ini, tips untuk merawat ampli walet yang Anda gunakan di rumah walet.

  1. Bersihkan debu yang melekat pada ampli secara rutin terutama bagian kipas pendingin ampli walet. Debu yang melekat pada kipas pendingin akan membuat kipas macet sehingga kipas akan macet dan ampli Anda akan cepat panas dan rusak.
  2. Pastikan rangkaian ampli walet memiliki instalasi kabel yang baik dan tersusun rapi. Pastikan juga kabel pada rangkaian tweeter tersusun dengan rapi. Susunan kabel yang ruwet akan rawan menimbulkan konslet atau arus pendek yang disebabkan kabel yang bersentuhan sehingga suara yang dihasilkan akan buruk dan ampli juga cepat rusak.
  3. Gunakan timer yang bisa Anda atur secara otomatis agar ampli walet bisa diatur untuk tidak selalu aktif. Atur waktu menyala dan mati dengan baik agar ampli walet juga bisa mendinginkan mesin.

Itulah beberapa informasi tentang ampli walet mulai dari apa itu ampli walet, tips memilih ampli, cara merawat rangkaian ampli walet untuk rumah walet Anda dan fungsi rangkaian ampli walet. Semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Terkait

Bagikan:

[addtoany]

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.