Atasi Berbagai Penyakit! Inilah 6 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Anda!

Indah Sari

Ngulasmerk.com – Manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh memang sudah dikenal sejak lama. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara ini merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk dalam famili Zingiberacea. Memiliki batang semu yang dibentuk dari pelepah-pelepah daunnya. Bagian utama tanaman kunyit adalah rimpangnya yang merupakan tempat tumbuhnya tunas.

Dalam rimpang atau tunas kunyit ini mengandung protein, serat, vitamin, mineral dan berbagai macam nutrisi lainnya. Dan semua kandungan nutrisi ini diketahui dapat meningkatkan imunitas tubuh. Bahkan juga dapat meminimalkan risiko terkena penyakit jantung.

6 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Manfaat kunyit untuk kesehatan

Sebelum mengetahui berbagai manfaat kunyit untuk kesehatan. Sebaiknya Anda mengetahui berbagai nutrisi yang terkandung dalam tanaman rimpang ini terlebih dahulu. Kunyit mengandung energi, air, karbohidrat, lemak, protein, serat, kalium, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin C, seng, niasin, tiamin, riboplavin dan beta karoten.

Dan setiap kandungan nutrisi tersebut tentunya memiliki manfaat masing-masing untuk kesehatan tubuh. Antara lain berikut ini.

1. Dapat Meredakan Nyeri Haid

Kunyit mengandung kurkumin yang dapat membantu mengurangi kontraksi otot rahim selama menstruasi. Selain itu, kurkumin juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh. Sehingga, dapat mengurangi risiko haid tidak teratur, timbulnya jerawat dan gangguan keseimbangan hormon lainnya.

2. Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat kunyit untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena kunyit mengandung senyawa antioksidan, anti inflamasi dan anti bakteri. Sehingga dapat membantu sistem imun tubuh dalam melawan efek radikal bebas. Serta dapat mencegah dari berbagai mikroba penyebab penyakit.

Baca Juga :  Jangan Buang Kulit Pisang, Ini Lho 9 Manfaatnya Untuk Kesehatan dan Kecantikan Anda

3. Mengatasi Gangguan Sistem Pencernaan

Salah satu manfaat kunyit untuk kesehatan yang sayang dilewatkan adalah dapat membantu mengatasi gangguan sistem pencernaan. Kandungan kurkumin dalam kunyit dapat membantu meningkatkan produksi mukus atau lendir. Untuk menjaga lapisan dinding lambung agar tidak rusak karena enzim pepsin dan asam lambung.

Sehingga, dapat membantu meredakan dispepsia dan meminimalkan risiko tukak lambung. Kunyit juga mengandung senyawa anti radang dan antioksidan yang dapat membantu melancarkan kinerja otot saluran pencernaan. Sehingga dapat meredakan perut kembung. Ekstrak kurkumin pada kunyit juga dapat mengurangi risiko kerusakan pada organ hati akibat paparan racun berlebih.

4. Meredakan Gatal-Gatal di Kulit

Manfaat kunyit untuk kesehatan

Manfaat kunyit untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat meredakan gatal-gatal di kulit akibat kondisi medis tertentu. Seperti dermatitis atopik (eksim), penyakit ginjal kronis, psoriasis, dan infeksi kulit lainnya. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, campurkan kunyit dengan lada hitam dan minum sebagai ramuan herbal.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Kandungan kurkumin pada kunyit ternyata juga mampu melindungi endotelium atau lapisan pembuluh darah dari kerusakan. Sehingga, dapat mengoptimalkan kinerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Selain itu, kandungan antioksidan dan antiinflamasi di dalamnya juga dipercaya dapat membantu mengurangi gejala penyakit paru obstruktif kronis (ppok), asma dan fibrosis paru.

6. Mampu Membantu Menurunkan Berat Badan

Kunyit mengandung senyawa anti inflamasi yang bermanfaat menekan respon peradangan pada sel-sel tubuh. Salah satunya peradangan yang disebabkan oleh obesitas. Selain itu, kunyit juga memiliki efek antioksidan yang dapat menghambat proses diferensiasi adiposit. Yaitu sel tubuh yang berfungsi untuk menyimpan energi dalam bentuk lemak.

Demikian tadi 6 manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh. Caranya, Anda dapat mengonsumsi kunyit menjadi minuman herbal dengan mencampurkan dengan beberapa bahan alami lain ke dalam rebusan kunyit. Seperti lemon, madu, jeruk nipis, jahe dan minyak kelapa.

Baca Juga :  Ayah Bunda, Ajarkan Anak Manfaat Pare untuk Tumbuh Kembangnya

Artikel Terkait

Bagikan:

Indah Sari

Indah Sari

Seorang penulis dan blogger yang berdedikasi pada dunia kesehatan dan gaya hidup sehat. Membagikan wawasan dan informasi yang bermanfaat untuk membantu orang lain mencapai keseimbangan dan kesejahteraan dalam hidup.