Harus Tahu! 10 Pilihan Merk Kapasitor AC Terbaik

ngulasmerk

Kapasitor adalah salah satu komponen penting di dalam AC, salah satu komponen yang sering menjadi penyebab kerusakan pada AC, dan memiliki fungsinya tersendiri. Jika Anda mencari merk kapasitor AC terbaik, untuk keperluan servis AC Anda, maka Anda harus memahami berbagai pilihan merk kapasitor terbaik, serta fungsi dari kapasitor untuk dibeli.

Pertama apa itu komponen kapasitor beserta fungsinya di dalam AC? Sekarang, pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai fungsi dari kapasitor di dalam AC, serta pengertiannya, lalu nantinya, kami akan memberikan pilihan merk kapasitor AC terbaik di berbagai online shop di Indonesia. Apa itu pengertian dan fungsi dari kapasitor pada AC?

Pengertian dan Fungsi Kapasitor AC

Kapasitor itu sendiri, dari pengertiannya berupa komponen elektronik yang dapat digunakan untuk menyimpan muatan listrik, berupa muatan energi. Cara kerjanya adalah dengan mengumpulkan setiap muatan listrik yang timbul dari ketidakseimbangan internal elektron. Kapasitor ditemukan oleh Michael Faraday, dan memiliki satuan F (Farat).

Fungsi dari Kapasitor itu sendiri pada mesin AC digunakan sebagai motor starting penggerak, kompresor, atau sebuah penggerak motor pertama dalam mesin AC. Besarnya kapasitas dari Kapasitor AC ini disesuaikan dengan kebutuhan besar motor pada AC atau Kompresor. Kapasitor ini tidak berfungsi untuk mempercepat putaran dari motor AC.

Ukuran kapasitor AC juga bergantung pada besarnya kompresor (PK) pada AC. Semakin besar PK AC tersebut, maka semakin besar juga ukuran kapasitor yang diperlukan guna menjadi penggerak motor pertama. Begitu pula sebaliknya, jika PK kecil, maka kapasitor yang dibutuhkan juga akan tidak terlalu besar. Merk kapasitor AC terbaik juga mempengaruhi kualitas PK AC.

Cara Memilih Kapasitor untuk AC yang terbaik, serta 10 Pilihan Kapasitor AC

Kapasitor di dalam AC adalah salah satu komponen yang sering mengalami masalah, juga susah untuk diperbaiki. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, kapasitor AC itu sendiri adalah salah satu komponen yang cukup penting di dalam AC, dan sebagai komponen yang penting, tentunya kualitas dari merk kapasitor AC sangatlah penting bukan.

Lalu bagaimanakah memilih kapasitor AC yang terbaik? Pada dasarnya, Anda perlu mempertimbangkan kualitas, spesifikasi, harga, daya kapasitas energi yang bisa disimpan pada kapasitor, serta jangka waktu hidup suatu kapasitor sebelum rusak dan harus diganti. Sebagai gambaran Anda, berikut ini ada 10 merk kapasitor untuk AC yang kami rekomendasikan:

Baca Juga :  7 Merk Pipa AC yang Bagus dan Berkualitas

1. Kapasitor Starmec

Sumber: shopee.co.id

Pertama-tama, dalam list kapasitor terbaik untuk AC, adalah kapasitor Starmec, yang merupakan salah satu kapasitor terbaik, dan sudah cukup dikenal oleh masyarakat. Kapasitor dari Starmec itu sendiri memiliki tegangan volt hingga 450V, dengan frekuensi sekitar 50 hingga 60 Hz. Kapasitor Starmec dibuat dari bahan murni, dan material yang memiliki kualitas terbaik.

Kapasitor Starmec memiliki kualitas bahan baku yang tinggi, mampu menghantarkan panas dengan cepat, awet digunakan sebagai komponen AC, serta tahan lama digunakan di dalam unit AC.

Kapasitor AC ini memiliki varian ukuran yang bisa Anda sesuaikan dengan PK AC Anda, atau PK, bisa dengan ukuran kapasitor 20 Farat, ukuran 40 farat, dan 30 farat. Masing-masing ukuran dari kapasitor memiliki harga yang berbeda-beda, serta spesifikasi yang berbeda pula. Untuk ukuran 20 Farat, kapasitor Starmec ini memiliki harga berkisar Rp. 30.000 per satuannya.

2. Kapasitor Topcon

Sumber: shopee.co.id

Berikut ini adalah kapasitor Topcon, salah satu yang merupakan merk kapasitor AC terbaik, cocok digunakan untuk berbagai merk AC, serta bisa disesuaikan dengan spesifikasi PK AC. Merk kapasitor yang satu ini dibuat dari material aluminium yang terbaik, dan memiliki tegangan maksimal tinggi mencapai 450V, dengan frekuensi 50 – 60 Hz.

Kapasitor ini memiliki konduktor panas yang cukup baik, mampu mengalirkan panas dengan efektif, tidak membuat unit AC cepat panas. Ukuran kapasitas dari Kapasitor Topcon berkisar dari 15 farat, hingga 60 Farat. Ukuran kapasitor bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dari PK AC.

Untuk kapasitor AC Topcon ini, memiliki harga berkisar Rp 41.700 per satuannya, dan bisa Anda temukan di beberapa platform belanja online di Indonesia. Sedikit mahal dibandingkan dengan kapasitor lainnya, namun kapasitor yang satu ini memiliki kualitas yang bagus, dan salah satu kapasitor yang cocok untuk semua merk AC, dari Sharp, Daikin, Samsung dan merk lainnya.

3. Kapasitor AC/MC

Sumber: shopee.co.id

Jika Anda mencari merk kapasitor AC terbaik, dan Anda mencarinya di berbagai platform belanja online, mungkin kapasitor pertama yang Anda temukan, dan merupakan pilihan paling populer, adalah kapasitor merk MC ini. Kapasitor ini memang dinilai salah satu kapasitor spesialis terbaik, yang cocok digunakan berbagai jenis AC, dan banyak digunakan masyarakat Indonesia.

Kapasitor MC ini terbuat dari material aluminium, serta dengan kualitas tinggi yang bisa mengalirkan panas dengan cepat, mencegah AC cepat panas, terutama saat penggunaan AC berlebih.

Baca Juga :  Ini Dia Perbedaan MCB Schneider Biru dan Orange

Spesifikasi dari kapasitor MC ini, memiliki tegangan hingga 450 V, lalu dengan frekuensi dari 50 hingga 60 Hz, lalu dengan berbagai ukuran dari 15 farat, hingga 60 farat. Kapasitor ini memiliki harga berkisar dari Rp 30.000 hingga Rp 60.000. Anda bisa menemukan banyak merk kapasitor MC AC ini di berbagai platform belanja online di Indonesia.

4. Kapasitor MC Citra Makmur

Sumber: shopee.co.id

Kapasitor MC dari Citra Makmur, salah satu produk kapasitor unggulan yang cocok digunakan segala jenis AC, dan bisa diatur untuk cocok dengan spesifikasi tiap AC, baik itu AC converter, PK rendah maupun tinggi. Untuk Kapasitor MC Citra Makmur juga merupakan salah satu kapasitor terbaik, dengan bahan material kualitas tinggi yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau.

Kapasitor MC ini selain memiliki kapasitas maksimum voltase 450V, juga dengan standar spesifikasi kapasitor yang diterima oleh banyak merk AC. Jika Anda ingin mencari kapasitor dengan merk, serta kualitas unggulan mungkin Anda bisa memilih kapasitor yang satu ini.

5. Kapasitor Nobby

Sumber: shopee.co.id

Kapasitor Nobby, 450V, dan 50 hingga 60 Hz, adalah kapasitor yang diproduksi dari Jepang, dan merupakan merk kapasitor AC terbaik yang bisa Anda temukan di berbagai toko online shop, ataupun tempat servis AC, dan elektronik. Kapasitor yang satu ini, selain cukup terjangkau, juga awet digunakan dikarenakan menghantar panas yang cukup baik, tidak cepat panas.

Tidak hanya itu, kapasitor Nobby yang satu ini juga cocok digunakan untuk setiap jenis AC yang beredar di Indonesia, dari Daikin, Panasonic, Samsung, dan lain sebagainya. Cocok digunakan untuk berbagai jenis AC, seperti Converter, dan PK tinggi.

Untuk harga dari kapasitor Nobby itu sendiri, sangatlah terjangkau, untuk kapasitor dengan spesifikasi 450V, memiliki harga berkisar Rp 30.000 hingga Rp 62.000.

6. Kapasitor merk BM

Sumber: shopee.co.id

Kapasitor merk BM, merupakan salah satu kapasitor yang cukup sering ditemui di Indonesia, dan menjadi salah satu kapasitor yang mudah ditemukan di berbagai toko online. Selain harganya yang terjangkau, spesifikasinya yang cocok untuk berbagai jenis AC, serta dengan kualitas kapasitor yang unggulan membuat kapasitor merk ini cukup sering dipakai masyarakat.

Selain terbuat dari bahan aluminium yang berkualitas, serta menghantarkan panas dengan cukup baik, kapasitor merk BM ini juga merupakan salah satu kapasitor dengan service bergaransi yang sangat terjangkau di Indonesia, merupakan merk kapasitor AC terbaik untuk kategori kapasitor AC.

Untuk kapasitor BM ini, bisa Anda temukan di berbagai toko online di Indonesia, dengan harga kisaran Rp 30.000.

7. Kapasitor AC Merk HD Premium

Sumber: shopee.co.id

Untuk kapasitor AC merk HD premium, adalah salah satu merk kapasitor premium, dengan kualitas tinggi, dan direkomendasikan untuk berbagai jenis merk AC. Kapasitor AC HD Premium, yang memiliki kapasitas voltase hingga 450V, dengan frekuensi 50 Hz – 60 Hz, serta memiliki ukuran kapasitor hingga 60 Farat.

Baca Juga :  10 Mesin Cuci untuk Bed Cover Ukuran Besar Terbaik

Kapasitor ini cocok untuk setiap jenis AC, serta berbagai merk AC. Dikarenakan spesifikasi yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan dari AC, kapasitor ini cocok untuk segala jenis keperluan Anda, tidak hanya sebagai servis AC juga, tetapi juga servis berbagai barang elektronik seperti kulkas.

8. Kapasitor Rayden untuk AC

Sumber: shopee.co.id

Kapasitor Rayden adalah salah satu kapasitor AC yang memiliki kualitas sebagai komponen AC yang sangat mumpuni. Kapasitor Rayden ini adalah produk dari Jepang, dan memiliki kualitas kapasitor yang sangat bagus. Dengan spesifikasi 450V, frekuensi 50 hingga 60 Hz, serta tersedia hingga maksimal 75 Farats, kapasitor Rayden ini adalah salah satu merk kapasitor AC terbaik di kelasnya.

Kapasitor ini bisa Anda temukan di berbagai toko online, atau juga toko elektronik. Harganya juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 17.500. Kapasitor Rayden cocok digunakan untuk berbagai merk AC, terutama merk AC dari Jepang seperti Daikin, dan Panasonic.

9. Kapasitor Capaca

Sumber: shopee.co.id

Kapasitor Capaca ini mungkin adalah salah satu merk kapasitor yang masih asing di masyarakat Indonesia, karena pasalnya pasar kapasitor di Indonesia dikuasai oleh sejumlah kapasitor, seperti Kapasitor MC, dan beberapa kapasitor dari Jepang lainnya. Kapasitor Capaca ini adalah salah satu kapasitor AC yang tidak banyak dikenal, namun juga memiliki kualitas spesifikasi yang mumpuni.

Sebagai salah satu kapasitor yang cukup bagus, serta memiliki spesifikasi lengkap mulai dari kapasitas hingga 60 farat – 75 farat, voltase hingga 450V, serta dengan frekuensi persatuan kapasitor mencapai 60 Hz, kapasitor yang satu ini cocok digunakan untuk berbagai merk elektronik, tidak hanya untuk servis AC saja.

10. Kapasitor AC Panasonic

Sumber: shopee.co.id

Kapasitor AC Panasonic, merupakan salah satu kapasitor khusus untuk AC, yang dikhususkan juga untuk merk AC Panasonic. Merupakan salah satu kapasitor bertegangan tinggi, serta spesifikasi yang mumpuni untuk AC Panasonic.

Kapasitor ini bisa Anda temukan di pusat servis Panasonic, atau bisa juga Anda beli di beberapa toko online di Indonesia, dan masuk di salah satu jajaran merk kapasitor AC terbaik.

Untuk memilih merk kapasitor beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan mulai dari kualitas dari kapasitor, spesifikasi yang tepat untuk kapasitor, serta tentu saja harga yang ditawarkan dari kapasitor yang akan Anda beli.

Itulah dia beberapa pilihan, dan rekomendasi kami untuk merk kapasitor AC terbaik yang bisa Anda temukan, dan beli di berbagai toko online, ataupun bisa membelinya di berbagai toko elektronik di daerah Anda.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.