Ini Dia! 7+ Rekomendasi Merk Timbangan Gantung yang Bagus

ngulasmerk

Timbangan gantung dari berbagai merk dan jenis bisa Anda temukan di toko-toko ataupun di marketplace yang menyediakan barang tersebut. Anda bisa memilih berbagai model timbangan gantung yang sesuai dengan keinginan, apakah ingin memilih timbangan gantung yang manual atau digital, dapat juga memilih berbagai bentuk yang unik dan menarik. Selain itu merk dan jenisnya, pastinya juga tersedia dengan beragam kapasitas yang berbeda-beda, mulai dari 25 kg, 200kg, bahkan ada yang sampai ratusan ton.

Merk yang beragam tentunya membuat Anda bingung dalam memilih timbangan gantung ini. Lalu, bagaimana cara memilih merk timbangan gantung yang bagus? Selain bagus pastinya awet digunakan dan harganya juga terjangkau.

Tips Memilih Timbangan Gantung yang Bagus

Kelebihan dari timbangan gantung yaitu badan timbangan yang tidak bersentuhan secara langsung dengan barang yang akan ditimbang. Material timbangan gantung ini kebanyakan berasal dari material logam, ada pula yang dibuat dari stainless steel atau besi solid. Timbangan gantung ini cocok untuk menimbang hasil laut karena akan mencegah terkena air laut, sehingga timbangan tidak rusak akibat korosi dari air laut yang menetes.

Sebelum Anda membeli timbangan gantung, sebaiknya baca dahulu tips yang akan kami berikan. Berikut adalah tips memilih merk timbangan gantung yang bagus.

1. Periksa kapasitas dari timbangan gantung

Ini merupakan hal utama yang perlu dilakukan yaitu memeriksa kapasitas maksimum dari timbangan gantung yang Anda incar. Pilihlah kapasitas yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, tidak memilih kapasitas lebih besar dari yang dibutuhkan. Sebaliknya, tidak pula memilih kapasitas yang lebih kecil ataupun terlalu dekat dengan yang dibutuhkan, karena timbangan akan cepat rusak karena sering melebihi batas kapasitas.

2. Menentukan jenis timbangan gantung dari tampilan dan pengukurannya

a. Timbangan gantung analog atau manual

Timbangan gantung jenis ini tidak memerlukan baterai dalam penggunaannya, sehingga harga dan perawatannya akan lebih terjangkau. Namun, kekurangannya adalah timbangan gantung analog atau manual ini memiliki bentuk dan design yang tidak berubah sejak dulu. Tingkat keakuratannya juga masih rendah dan memiliki kapasitas yang terbatas. Timbangan gantung analog atau manual ini juga tidak memiliki pengukuran dengan bobot yang sangat kecil maupun yang sangat besar.

Baca Juga :  7 Merk Pipa AC yang Bagus dan Berkualitas

b. Timbangan gantung digital

Timbangan gantung digital ini memiliki hasil timbangan yang lebih akurat dari timbangan manual atau analog, bahkan timbangan gantung digital ini dapat menampilkan angka desimal saat penimbangan. Bentuk dan designnya pun lebih modern dan variatif karena, mengikuti trend teknologi. Selain itu, timbangan gantung digital ini memiliki beragam kapasitas untuk barang terkecil seperti emas sampai dengan barang terbesar seperti kontainer dengan berat berton-ton.

Namun sebaiknya, Anda menyediakan budget yang lebih jika ingin membeli jenis timbangan gantung digital ini, karena harganya yang cenderung sedikit lebih mahal dan butuh baterai dalam penggunaannya. Dan juga Anda harus tahu cara menggunakan timbangan digital agar lebih awet dan tidak cepat rusak

3. Memperhatikan Satuan Berat

Yang terakhir adalah memperhatikan satuan berat timbangan gantung yang Anda taksir. Selain merk timbangan gantung yang bagus Anda juga perlu memilih satuan beratnya seperti oz, g, lbs, pon dan sebagainya. Dengan memilih satuan berat yang sesuai tentunya akan lebih mempermudah kegiatan kita dibandingkan jika harus mengonversi atau menghitung secara manual.

Berbagai Rekomendasi Merk Timbangan Gantung

Selanjutnya, ada beberapa rekomendasi dari berbagai merk timbangan gantung yang bagus, baik timbangan gantung analog ataupun digital. Dengan memperhatikan kualitas produk tersebut beserta keunggulan dan kekurangannya agar tepat digunakan sesuai kebutuhan. Berikut urutannya mulai dari yang tertinggi ke terendah.

1. Mini Portable Digi Scale

Sumber: shopee.co.id

Dengan kapasitas berat mencapai 50kg, timbangan gantung digital ini sangat laris dipasar maupun toko-toko. Harganya yang terjangkau dan fungsinya yang komplit ini memiliki berbagai satuan berat, yaitu lb, kg, di, dan on. Mini portable digi ini mempunyai layar LCD dengan ukuran besar memudahkan Anda membaca hasil dari timbangannya.

Selain itu, timbangan gantung ini punya fungsi penguncian alam penimbangan dan alarm untuk pengingat daya. Dengan harga mulai dari 28.000 rupiah timbangan digital ini sudah dapat Anda miliki.

2. Nankai Mini Portable Scale

Sumber: shopee.co.id

Dengan design yang trendi, Nankai mini portable ini merupakan timbangan gantung digital yang memiliki beberapa pilihan warna. Cocok bagi Anda yang memperhatikan tampilan dari suatu barang. Timbangan gantung digital dengan harga terjangkau ini mulai dari harga 70.000 ribuan dan memiliki kapasitas berat mencapai 50 kg, serta memiliki satuan beratnya adalah kg (kilogram).

3. Panda Scale

Sumber: shopee.co.id

Panda Scale merupakan timbangan gantung analog dengan jarum manual. Timbangan gantung ini dapat menyesuaikan kebutuhan Anda, karena punya beberapa kapasitas mulai dari 25 kg, 50 kg, 100 kg sampai dengan 150 kg, dengan satuan berat kg (kilogram) dan lbs. Harganya pun terjangkau, mulai dari harga 85.000 rupiah.

4. Timbangan gantung peer 25 dan 50Kg

Sumber: shopee.co.id

Timbangan gantung ini merupakan jenis manual, dengan design yang unik tidak seperti timbangan manual lainnya yang memiliki bentuk bulat dan ada jarum petunjuknya. Timbangan gantung ini berbentuk peer dan memiliki petunjuk angka yang bisa turun dan naik saat digunakan untuk menimbang. Produk ini mudah digunakan dan juga tidak cepat rusak.

Baca Juga :  Berikut 10 Merk Trafo yang Bagus untuk Power Amplifier

Design dari timbangan gantung ini terbuat dari material logam yang kuat. Kapasitas timbangannya mencapai 50kg, serta memiliki dua macam satuan berat yaitu kg (kilogram) dan lbs. Harganya pun sangat murah, mulai dari harga 18.000 – 20.000 rupiah Anda dapat pakai timbangan gantung ini untuk bermacam barang dalam sehari-hari.

5. DLE Digital Scale

Sumber: shopee.co.id

DLE digital scale sudah pasti menggunakan baterai dalam menggunakannya. Timbangan gantung digital ini lebih hemat dalam penggunaan daya baterai, serta dilengkapi dengan lampu backlight yang secara otomatis dapat menyala dan padam saat timbangan diberikan beban. Produk ini dilengkapi dengan pengunci pengait untuk meminimalisir risiko barang terjatuh maupun tergelincir saat ditimbang.

Timbangan gantung digital ini memiliki berbagai macam kapasitas timbangan, dari berat 75 kg hingga 300 kg. Satuan beratnya pun ada tiga jenis yaitu kg (kilogram), lb dan oz. Ada harga ada rupa, DLE digital scale ini sedikit lebih mahal, yakni mulai dari harga 615.000 rupiah.

6. Timbangan Gantung Dacin 110 kg

Sumber: shopee.co.id

Timbangan gantung ini merupakan jenis manual dengan model yang jadul. Ini merupakan produk dengan merk timbangan gantung yang bagus dan terbaik yang masih sebagai pilihan utama sampai saat ini. Pipa kuat yang bermatrialkan bahan kuningan ini membuat timbangan gantung tidak mudah rusak dan tahan lebih lama. Angka pada timbangan pun terukir sangat jelas dan tidak cepat pudar.

Penggunaannya lebih mudah digunakan bagi para orang tua, biasanya digunakan untuk menimbang berat anak pada saat posyandu, atau menimbang berbagai hasil kebun. Dengan satuan berat kg (kilogram), timbangan ini memiliki kapasitas mencapai 110 kg. Harga belinya mencapai 420.000 rupiah.

7. Timbangan Koper

Sumber: shopee.co.id

Untuk Anda para traveller, timbangan ini merupakan salah satu pilihan dari berbagai merk timbangan gantung yang bagus dan unik yang digunakan untuk menimbang ransel maupun koper Anda, sehingga wajib dimiliki. Ukurannya yang kecil akan memudahkan Anda untuk membawanya kemana pun dan menyimpannya dimanapun saat bepergian. Meski kecil, namun kapasitas timbangan koper digital ini mencapai 50 kg, dengan satuan berat hanya kg (kilogram).

Baca Juga :  10 Merk Matras Protector Terbaik & Berkualitas

Mulai dari harga 49.000 rupiah, Anda dapat memiliki timbangan kecil ini untuk dimasukkan ke dalam saku celana Anda dan digunakan untuk menimbang barang hasil liburan Anda, agar tidak melebihi batas berat.

8. Krisbow Hanging Scale 30 kg

Sumber: shopee.co.id

Ini merupakan produk dengan merk timbangan gantung yang bagus dengan material stainless steel akan lebih higienis dan tahan dari karat. Krisbow hanging scale ini cocok untuk Anda yang membutuhkan timbangan gantung untuk berjualan bahan makanan seperti, sayur dan buah. Dengan adanya mangkuk pada timbangan gantung ini, akan memudahkan Anda meletakkan barang pada saat ditimbang.

Timbangan gantung digital ini memiliki LCD dengan tampilan ganda untuk mengatur harga barang per kilogramnya dan dapat dijumlahkan secara otomatis tanpa perlu menjumlahkan total belanjanya. Kapasitas timbangan gantung ini hanya mencapai 30 kg dengan satuan beratnya hanya menggunakan kg (kilogram). Kekurangannya, harga produk ini cukup mahal yakni mencapai sekitar 1.388.900 rupiah.

9. Nankai Timbangan Gantung Mencapai Satu Ton

Merk Timbangan Gantung yang Bagus 9
Sumber: shopee.co.id

Nankai memang produsen merk timbangan gantung yang bagus dan juga menyediakan berbagai pilihan, mulai yang memiliki kapasitas kecil hingga kapasitas yang besar. Jika Anda sering menimbang sampai ratusan kilogram, Anda dapat memilih Nankai timbangan gantung yang memiliki kapasitas mencapai 1 ton. Timbangan ini dapat digunakan untuk menimbang berbagai barang hasil pertanian maupun hasil perairan yang menggunakan karung dalam penimbangannya.

Produk ini bermatrialkan besi berkualitas yang kuat dan tahan lebih lama. Satuan beratnya hanya kg (kilogram), dan harganya sangat mahal yakni mulai dari harga 2.800.500 rupiah.

10. Prohex Scale 100 Kg

Sumber: shopee.co.id

Prohex merupakan timbangan gantung jenis manual yang biasanya digunakan oleh para pedagang daging maupun ikan. Timbangan gantung yang kokoh ini terbuat dari struktur rangka yang kuat dan bahan berkualitas tinggi, tidak akan rusak jika digunakan untuk menimbang ikan dan daging. Designnya praktis dan mudah dipindahkan.

Kapasitas timbangannya mencapai 100 kg dengan satuan berat kg (kilogram) dan pound. Produk ini memiliki harga 156.000 rupiah, harga yang tidak terlalu mahal untuk para pedagang.

Itulah berbagai merk timbangan gantung yang bagus. Semua merk di atas dapat Anda dapatkan di pasaran, selain itu Anda juga bisa mendapatkannya secara online. Anda tertarik timbangan gantung yang analog manual atau timbangan gantung yang digital?

Lebih Pilih Timbangan Gantung Manual atau Digital?

Kini Anda sudah tahu berbagai merk timbangan gantung. Jadi Anda ingin memilih timbangan gantung manual atau yang digital ? Dari sekian merk timbangan gantung yang bagus telah disebutkan, salah satunya pasti ada yang cocok dengan keinginan Anda.

Meski sama-sama menarik, nyatanya tiap produk dari timbangan gantung ini memiliki karakteristik berbeda. Anda perlu sedikit lebih teliti dalam memilih merk timbangan gantung yang bagus menurut versi Anda, agar mendapatkan produk yang tepat dan pastinya terbaik dengan disesuaikan kebutuhan Anda. Kalau masih ragu sebaiknya Anda membaca artikel lainnya yang menyimpan rekomendasi produk timbangan lainnya yang lebih menarik. Selamat memilih, ya.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.