Macam-macam Alat Pancing dan Harganya yang Wajib Diketahui Para Pemula

ngulasmerk

Bagi para pemula yang baru mengawali hobi memancing tentu cukup asing dengan macam-macam alat pancing dan harganya. Namun beragam jenis alat pancing ini sangat penting sebab memang hobi memancing dilakukan dengan alat-alat tersebut.

Beragam jenis alat pancing itu mempunyai manfaat dan fungsi masing-masing. Tak hanya itu, macam-macam alat pancing itu juga dibagi lagi ke dalam beberapa varian.

Tips Dalam Memilih Alat Pancing Berkualitas Baik

Sebelum memilih alat pancing yang akan Anda gunakan, sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda dalam memancing. Jangan sampai terlalu berlebihan dan jangan salah dalam memilih.

Berikut beberapa tips dalam memilih alat pancing berkualitas baik yang cocok untuk Anda gunakan dalam memancing.

1. Menyesuaikan dengan lokasi memancing

Tips pertama yaitu menentukan lokasi penggunaan macam-macam alat pancing dan harganya yang ingin Anda beli. Terdapat beberapa lokasi yang memang wajib disesuaikan untuk penggunaan alat pancing itu sendiri, mulai dari saltwater (laut) dan freshwater (air tawar) seperti danau, sungai atau tambak.

2. Menyesuaikan dengan budget yang Anda punya

Berapa budget atau dana yang Anda siapkan untuk membeli alat pancing. Bila Anda memiliki dana tak terbatas maka akan mudah dalam memilih jenis alat pancing. Anda dapat memilih joran, reel hingga senar umpan berkualitas terbaik dengan mudah. Akan tetapi bila budget Anda terbatas maka memilih alat pancing dengan tepat harus dilakukan.

3. Melakukan survey terlebih dahulu

Jika budget Anda terbatas maka tak ada salahnya untuk membandingkan harga terlebih dahulu di satu lokasi dengan lokasi penjualan lainnya. Dengan demikian Anda akan bisa mendapatkan produk berkualitas terbaik dengan harga terbaik pula.

Jangan merasa enggan untuk melakukan survey terhadap macam-macam alat pancing dan harganya yang mungkin ingin Anda beli.

Baca Juga :  Begini! Cara Memancing Udang Galah di Sungai dengan Jitu

Macam-macam Alat Pancing dan Harganya

Bagi Anda terutama para pemula, terdapat 9 macam alat pancing yang wajib diketahui oleh Anda sebelum akhirnya Anda memulai aktivitas hobi memancing ikan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut macam-macam jenis alat pancing yang wajib Anda ketahui.

1. Reel

Sumber: shopee.co.id

Alat pancing satu ini mempunyai fungsi untuk menggulung dan menampung senar. Reel sudah mengalami banyak modifikasi seiring berkembangnya zaman baik dari segi fungsi dan bahannya. Secara umum alat pancing satu ini dibagi menjadi dua jenis yaitu reel overhead dan reel underhand.

Contoh reel overhead seperti reel trolling dan reel baitcasting. Sedangkan reel underhand contohnya seperti reel spinning. Macam-macam alat pancing dan harganya satu ini mempunyai keunggulan dan kelemahannya.

Akan tetapi mencoba kedua jenis reel ini juga bisa menjadi opsi terbaik, sebab Anda bisa menyesuaikan spot tujuan dan teknik agar Anda pun bisa menyesuaikan dalam penggunaan jenis reel sesuai dengan kebutuhan dalam beragam kondisi.

Untuk Reel seperti gambar diatas harganya Rp128.000 – Rp268.000. Anda bisa melihat spesifikasi produk lebih lanjut dibawah ini

2. Joran

Sumber: shopee.co.id

Joran membantu Anda untuk memastikan tangan aman dari gesekan senar ketika menghadapi kekuatan ikan. Joran mempunyai fungsi sebagai alat untuk dudukan reel, lokasi bertumpunya senar atau kenur, hingga fungsi untuk mengarahkan tarikan dari ikan.

Tak hanya reel, joran pun mempunyai fungsi sebagai penentu kenyamanan Anda ketika memancing. Joran yang memiliki spesifikasi tertentu bisa mempermudah Anda dalam melontarkan umpan sejauh mungkin.

Tak hanya itu, dengan dukungan joran Anda bisa melakukan beberapa teknik khusus seperti popping, casting dan jigging. Dengan dukungan macam-macam alat pancing dan harganya satu ini Anda pun bisa melakukan teknik lemparan yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya seperti skipping.

Untuk Joran seperti gambar diatas harganya Rp17.560 – Rp68.000. Anda bisa melihat spesifikasi produk lebih lanjut dibawah ini

3. Kail

Sumber: shopee.co.id

Menjadi hal yang mustahil atau sangat tak mungkin Anda akan mendapatkan ikan dalam memancing tanpa menggunakan alat pancing satu ini. Kail mempunyai fungsi utama sebagai pengait mulut ikan yang telah memakan umpan yang terpasang pada kail itu sendiri.

Baca Juga :  Cup Sealer yang Bagus Merk Apa? Tips Memilih yang Berkualitas

Masing-masing alat pancing kail mempunyai ukuran dan bahan berbeda, serta mempunyai keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Kail atau mata pancing memiliki berbagai jenis salah satunya mata pancing yang berbentuk udang, pastikan Anda memancing sesuai kebutuhan, apakah ingin memancing ikan besar atau ikan kecil dan juga menggunakan merk mata pancing udang terbaik agar kualitas lebih terjamin.

Untuk Kail seperti gambar diatas harganya Rp6.000 – Rp11.000. Anda bisa melihat spesifikasi produk lebih lanjut dibawah ini

4. Senar

Sumber: shopee.co.id

Apa jadinya jika memancing namun tak menggunakan senar? Tentunya sangat tak mungkin untuk dilakukan dalam melakukan aktivitas memancing. Senar mempunyai beragam fungsi lainnya selain menjadi alat bantu utama pada alat pancing.

Beberapa fungsi lainnya antara lain menggerakkan lure untuk menghasilkan action terbaik, menyamarkan umpan saat berada di dalam air, memberikan sensasi pada proses tarik ulur dengan ikan, dan beragam fungsi lainnya.

Sekarang ini ada beragam variasi dari macam-macam alat pancing dan harganya mulai dari karakter, bahan, fungsi hingga jenis-jenis itu sendiri.

Untuk Senar seperti gambar diatas harganya Rp60.999. Anda bisa melihat spesifikasi produk lebih lanjut dibawah ini

5. Pelampung

Sumber: shopee.co.id

Tak seperti kail dan senar, alat pancing pelampung bisa digunakan ataupun tidak, tergantung teknik yang dilakukan. Sebenarnya fungsi utama pelampung adalah membantu Anda dalam memberi tanda dan sinyal bila ada ikan yang mendekat ataupun memakan umpan.

Sampai sekarang ini ada begitu banyak bahan dan bentuk dari pelampung yang digunakan untuk memancing. Akan tetapi pada intinya sesuaikan dengan teknik dan kebutuhan memancing itu sendiri.

Untuk Pelampung seperti gambar diatas harganya Rp9.000. Anda bisa melihat spesifikasi produk lebih lanjut dibawah ini

6. Swivel

Sumber: shopee.co.id

Swivel ini mempunyai beragam fungsi, namun fungsi utama macam-macam alat pancing dan harganya satu ini adalah mencegah senar melintir serta kusut akibat putaran dari pergerakan air dan ikan. Senar yang melintir tentu bisa berakibat fatal seperti putusnya senar atau senar kusut di dalam spool.

Baca Juga :  Berbagai Hal untuk Diketahui Cara Menggunakan Timbangan Digital

Fungsi lain swivel adalah mempermudah Anda dalam menghubungkan rangkaian kail dan senar. Dengan adanya swivel tentu senar utama tak langsung terhubung dengan rangkaian pancing.

Untuk Swivel seperti gambar diatas harganya Rp3.800. Anda bisa melihat spesifikasi produk lebih lanjut dibawah ini

7. Snap

Sumber: shopee.co.id

Fungsi dari snap hampir sama dengan swivel, untuk membantu Anda menghubungkan dan memutuskan rangkaian kail dengan senar. Selain itu snap berfungsi untuk menyatukan dan menghubungkan pelampung dengan senar, agar pelampung bisa bergerak sesuai keinginan.

Snap juga sangat berguna pada rangkaian dengan lure, sebab dengan penggunaan snap Anda hanya perlu membuka atau menutup snap ketika Anda mengganti lure dengan rajin sesuai keinginan.

Untuk Snap seperti gambar diatas harganya Rp5.500 – Rp9.900. Anda bisa melihat spesifikasi produk lebih lanjut dibawah ini

8. Timah

Sumber: shopee.co.id

Timah merupakan macam-macam alat pancing dan harganya yang kerap digunakan ketika menggunakan teknik dasaran, mancing pasiran atau surf casting, serta mancing karangan. Fungsi utamanya adalah menjadi pemberat agar lontaran yang dihasilkan saat melempar umpan bisa jauh sesuai lokasi dan target tentunya.

Tak hanya itu saja, timah juga memiliki fungsi sebagai penahan dari rangkaian peralatan pancing agar tetap di titik lemparan Anda yang sebelumnya dituju. Umumnya hal ini akan berguna pada lokasi perairan yang mempunyai gelombang dan arus yang kuat seperti spot tepi pantai.

Untuk Timah seperti gambar diatas harganya Rp1.000. Anda bisa melihat spesifikasi produk lebih lanjut dibawah ini

9. Stopper

Sumber: shopee.co.id

Alat pancing terakhir ini memiliki bentuk bulat dengan ukuran sangat kecil. Fungsi utamanya adalah penyetop laju pelampung untuk rangkaian alat pancing di kedalaman tertentu. Penggunaan stopper membuat Anda bebas untuk mengatur kedalaman umpan.

Contoh Anda menggunakan pelampung dan menyettingnya dengan jarak senar 1 meter, umpan pun akan berhenti menyelam dengan kedalaman 1 meter pula.

Untuk Stopper seperti gambar diatas harganya Rp2.000 – Rp3.000. Anda bisa melihat spesifikasi produk lebih lanjut dibawah ini

Setelah mengenal macam-macam alat pancing dan harganya maka hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah untuk segera mencoba aktivitas memancing. Tak perlu menunggu lagi. Semoga informasi ini bermanfaat, terima kasih dan selamat mencoba!

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.