Yuk, Kenali Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan dan Kecantikan

Indah Sari

Ngulasmerk.com – Apa saja manfaat buah bit bagi kesehatan dan kecantikan? Buah bit memiliki daging berwarna merah seperti buah naga. Meskipun masih tergolong dalam jenis buah, ternyata buah naga masih satu keluarga dengan umbi-umbian karena tumbuh di dalam tanah. Buah ini memiliki tekstur lunak dengan rasanya yang manis.

Buah ini termasuk jarang ditemukan di Indonesia. Itulah mengapa banyak orang yang belum tahu secara detail tentang buah ini. Buah bit kaya akan vitamin B3, B6, B2, Vitamin E, K, serta vitamin C. Mengandung senyawa meliputi alkaloid, steroid, glikosida, beta karoten, asam pantotenik, niacimin, thiamin dan riboflavin. Selain itu juga mengandung antioksidan yang sangat bagus untuk tubuh.

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah bit

Dari berbagai kandungan di dalamnya, buah bit mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan wajah. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah bit untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu Anda ketahui.

1. Menjaga Kadar Gula Darah

Kandungan antioksidan berupa asam alpha-liphoic dalam buah bit, efektif mencegah kerusakan sel. Dan membantu menyembuhkan saraf yang rusak pada pengidap diabetes. Menurut penelitian, buah ini juga mampu menjaga kadar gula darah dan berat badan ideal pada penderita diabetes.

2. Menurunkan Tekanan Darah dan Menyehatkan Jantung

Manfaat yang selanjutnya adalah dapat menurunkan tekanan darah dan menyehatkan jantung. Hal ini karena buah bit mengandung antioksidan, nitrat dan juga pigmen merah betasionin yang sangat bagus untuk menjaga tekanan darah.

Baca Juga :  Ketahui 10 Manfaat Rebusan Daun Pandan yang Menakjubkan untuk Kesehatan Anda

3. Meningkatkan Stamina dan Kekebalan Tubuh

Buah ini kaya akan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral yang sangat bagus untuk meningkatkan stamina tubuh. Kandungan antioksidan di dalamnya juga sangat bagus menjaga kekebalan tubuh.

4. Menyehatkan Mata dan Sistem Pencernaan

Kandungan leutin dan vitamin C buah ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan makula dan retina mata. Serta mampu menjaga kelembapan dan mencerahkan penglihatan.

5. Melancarkan Pencernaan

Buah ini juga mengandung berbagai vitamin dan serat yang tinggi yang mampu mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan.

6. Mencegah Anemia

Anemia ditandai dengan tubuh mudah lelah, pusing, sesak napas dan sakit kepala. Kandungan zat besi dalam buah ini dapat membantu mencegah anemia dan defisiensi besi.

7. Manfaat Buah Bit untuk Kecantikan

Buah bit

Selanjutnya adalah manfaat buah bit untuk kesehatan wajah. Kandungan vitamin C di dalamnya membantu mengatasi minyak berlebih di wajah dan mampu mencegah jerawat. Selain itu, vitamin C juga sangat bagus untuk membantu menyehatkan dan mencerahkan kulit tubuh dan wajah.

8. Mencegah Penuaan Dini

Buah ini mengandung antioksidan yang tinggi, vitamin E dan lycopene dalam buah bit mampu mempertahankan elstisitas kulit. Dan mampu melindungi kulit dari pengaruh buruk paparan sinar matahari. Dengan mengonsumsi buah bit secara teratur mampu mencegah penuaan dini dan membuat Anda awet muda.

9. Membantu Mencerahkan Bibir

Kandungan antioksidan dalam buah ini berguna untuk mencerahkan bibir yang gelap dan mengembalikan warna alami bibir. Vitamin C dalam buah ini juga mampu menjadikan bibir lebih lembap dan ternutrisi.

10. Mengatasi Hiperpigmentasi Kulit

Rutin mengonsumsi buah ini akan membantu memberikan racun da kotoran dalam tubuh. Kandungan vitamin C di dalamnya mampu menghambat perkembangan melanin yang menyebabkan bintik hitam dan hiperpigmentasi kulit wajah.

Baca Juga :  Kulit Wajah Lebih Halus dan Cerah? Temukan Manfaat Air Beras Untuk Wajah

Demikian tadi 10 manfaat buah bit untuk kesehatan dan kecantikan kulit tubuh dan wajah. Meski menyehatkan, terlalu banyak mengonsumsi buah ini juga dapat menurunkan kadar kalsium dalam tubuh dan mempengaruhi kinerja organ ginjal.

Artikel Terkait

Bagikan:

Indah Sari

Indah Sari

Seorang penulis dan blogger yang berdedikasi pada dunia kesehatan dan gaya hidup sehat. Membagikan wawasan dan informasi yang bermanfaat untuk membantu orang lain mencapai keseimbangan dan kesejahteraan dalam hidup.