Batuk Tak Kunjung Sembuh? Inilah 5 Cara Mengobatinya

Indah Sari

Ngulasmerk.com – Ada beberapa cara mengobati batuk yang tak kunjung sembuh. Selain menggunakan obat, Anda juga dapat mengatasinya dengan beberapa langkah di rumah. Batuk kering merupakan salah satu jenis batuk yang membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. Kondisi ini bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Batuk kering adalah kondisi batuk yang tidak menghasilkan dahak atau lendir dari saluran pernapasan. Selain batuk kering, batuk kronis juga menjadi salah satu jenis batuk yang tak kunjung sembuh. Batuk kronis yang tak kunjung sembuh juga dapat menjadi salah satu tanda pengidapnya mengalami masalah kondisi medis tertentu yang lebih serius.

Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh

Cara mengobati batuk yang tak kunjung sembuh

Sebelum mengetahui berbagai cara mengobati batuk yang tak kunjung sembuh. Maka terlebih dahulu Anda perlu mengetahui berbagai penyebabnya. Batuk kronis atau batuk yang tak kunjung sembuh biasanya berlangsung dalam waktu yang lama. Biasanya lebih dari satu bulan. Ada beberapa penyebab batu yang tak kunjung sembuh. Antara lain berikut ini.

  • Polusi udara yang berlebihan.
  • Memiliki kondisi medis tertentu seperti infeksi asma.
  • Penyakit asam lambung.
  • Efek samping pemakaian obat tertentu.

Selain itu, jika batuk yang Anda derita disertai dengan beberapa gejala lain yang lebih parah. Seperti sesak napas, sakit tenggorokan, suara serak, sakit kepala, hidung tersumbat, nyeri dada, demam, hingga batuk berdarah. Maka, perlu mendapatkan penanganan yang tepat dengan memeriksakannya di pusat kesehatan terdekat.

5 Cara Mengobati Batuk yang Tak Kunjung Sembuh

Cara mengobati batuk yang tak kunjung sembuh

Jika batuk yang tak kunjung sembuh tidak disertai dengan gejala lain yang serius. Maka, Anda dapat mengatasi dan mengobatinya sendiri di rumah dengan beberapa cara seperti berikut ini.

Baca Juga :  5 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Cepat dalam 1 Hari

1. Minum Air Hangat

Cara mengobati batuk yang tak kunjung sembuh pertama adalah dengan minum air hangat. Salah satu jenis batuk yang tak kunjung sembuh adalah batuk kering. Dengan memperbanyak minum air putih hangat dapat membantu melegakan tenggorokan sekaligus mencegah dehidrasi. Hal ini juga membantu meredakan gatal di tenggorokan dan mengencerkan dahak.

2. Madu

Bagi anak yang sudah berusia dua tahun ke atas, jika mengalami batuk kering dapat mencoba untuk memberikan madu murni. Menurut beberapa penelitian, madu lebih efektif mengatasi batuk kering di malam hari dibandingkan obat batuk kimia. Hal ini karena madu mengandung sifat anti bakteri dan juga dapat melapisi tenggorokan, sehingga dapat mengurangi iritasi.

3. Jahe

Cara mengobati batuk dengan jahe dan madu

Cara mengobati batuk tak kunjung sembuh selanjutnya adalah dengan jahe yang mengandung sifat anti bakteri dan anti inflamasi. Caranya sangat mudah, Anda hanya cukup menyeduh jahe dengan air hangat. Lalu, tambahkan madu untuk meningkatkan rasa dan meningkatkan manfaat yang diperoleh.

4. Kunyit

Dalam kunyit mengandung sifat anti bakteri, anti virus dan anti inflamasi dan juga mengandung curcumin yang mengandung banyak manfaat. Salah satunya dapat mengatasi batuk kering yang tak kunjung sembuh.

Caranya sangat mudah, cukup campurkan 1 sendok teh kunyit dengan 1/8 sendok teh lada hitam dengan air putih hangat. Konsumsi secara teratur dua kali sehari agar cepat sembuh.

5. Hindari Makanan dan Minuman Pemicu Batuk

Selain menggunakan obat alami, menghindari makanan pemicu batuk seperti makanan berminyak, tinggi lemak, asam dan pedas. Perlu Anda lakukan secara konsisten agar batuk kronis Anda cepat sembuh. Selain itu, kurangi meroko dan menjaga udara di rumah agar tetap lembab juga efektif meredakan batuk yang tak kunjung sembuh.

Baca Juga :  Mudah, Inilah 5 Cara Mengobati Anyang-Anyangan di Rumah

Demikian tadi 5 cara mengobati batuk yang tak kunjung sembuh secara alami tanpa obat kimia. Jika semua cara sudah dilakukan, namun batuk masih belum sembuh dalam waktu yang lama bahkan semakin memburuk. Segera periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Artikel Terkait

Bagikan:

Indah Sari

Indah Sari

Seorang penulis dan blogger yang berdedikasi pada dunia kesehatan dan gaya hidup sehat. Membagikan wawasan dan informasi yang bermanfaat untuk membantu orang lain mencapai keseimbangan dan kesejahteraan dalam hidup.