6 Cara Mengobati Darah Rendah Tanpa Obat, Mudah dan Aman!

Indah Sari

Ngulasmerk.com – Adakah cara mengobati darah rendah tanpa obat? Darah rendah juga memerlukan perhatian, penyakit ini ditandai dengan tekanan darah yang berada di bawah 90/60 mmHg. Pada beberapa kasus, penyakit darah rendah tidak mempunyai gejala.

Namun, jika penyakit ini disertai dengan beberapa keluhan lain, maka harus segera mendapat penanganan. Karena artinya penyakit ini telah membuat aliran darah ke organ tubuh tidak mencukupi. Biasanya orang mengobati darah rendah dengan menggunakan obat yang dijual bebas di apotek. Namun, jika tidak terlalu serius Anda juga dapat mengobati penyakit ini di rumah.

Gejala Tekanan Darah Rendah

Cara mengobati darah rendah

Ada beberapa cara mengobati darah rendah, bahkan Anda juga dapat mengobatinya tanpa menggunakan obat kimia. Orang yang mengalami tekanan darah rendah atau hipotensi, biasanya akan mengalami beberapa gejala atau keluhan. Antara lain berikut ini.

  • Penglihatan kabur.
  • Pusing.
  • Sulit berkonsentrasi.
  • Kelelahan.
  • Mual.
  • Pingsan.

Namun, jika Anda mengalami tekanan darah rendah ekstrem, Anda akan mengalami beberapa keluhan yang lebih parah. Antara lain adalah napas menjadi cepat, kulit lembab, kebingungan, detak jantung menjadi cepat dan denyut nadi melemah. Jika tidak segera mendapat penanganan, akan memicu penyakit yang lebih kronis. Seperti gagal ginjal dan serangan jantung.

6 Cara Mengobati Darah Rendah

Jika Anda mengalami penyakit darah rendah, ada cara mengobati darah rendah yang paling aman. Dengan menggunakan beberapa bahan alami, Anda dapat mengatasi penyakit darah rendah Anda tanpa harus menggunakan obat kimia. Berikut ini langkah-langkahnya.

Baca Juga :  5 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Cepat dalam 1 Hari

1. Duduk Sambil Menyilangkan Kaki

Tahukah Anda jika duduk dengan menyilangkan kaki dapat meningkatkan tekanan darah? Bagi Anda yang memiliki riwayat hipertensi atau darah tinggi, sebaiknya hindari ya. Namun, jika Anda sedang mengalami tekanan darah rendah, cara ini bisa Anda coba.

2. Makan Garam

Cara mengobati darah rendah tanpa obat yang selanjutnya adalah dengan makan garam. Anda pasti tahu, jika terlalu banyak mengonsumsi makanan asin dapat membuat hipertensi. Maka, jika Anda sedang mengalami tekanan darah rendah. Sebaiknya Anda makan makanan yang asin atau mengonsumsi garam untuk menormalkan tekanan darah Anda.

3. Makan dengan Porsi Sedikit Namun Sering

Sama seperti terkena magh dan penyakit asam lambung, cara mengobati darah rendah juga dengan makan sedikit namun sering. Makanan dengan porsi kecil ternyata dapat mencegah penyakit darah rendah. Namun, karena sedikit Anda juga harus sering makan agar tubuh tidak lemas karena perut kosong.

4. Minum Air

Salah satu penyebab darah rendah adalah karena mengalami dehidrasi. Maka, untuk mencegahnya Anda harus mencukupi cairan dalam tubuh Anda dengan minum air putih yang cukup. Disarankan untuk minum air putih minimal 2 liter setiap harinya.

5. Minum Kopi

Cara mengobati darah rendah

Cara mengobati darah rendah yang selanjutnya adalah dengan minum kopi. Kafein dalam kopi ternyata mampu menaikkan tekanan darah. Oleh karena itu, penderita hipertensi tidak disarankan untuk minum kopi secara berlebihan. Dan jika Anda sedang mengalami tekanan darah rendah, Anda dapat minum kopi untuk menaikkan tekanan darah Anda.

6. Konsumsi Susu Almond

Selain kopi, mengonsumsi susu Almond juga dapat mengatasi darah rendah tanpa obat. Susu Almond kaya akan asam lemak omega 3 yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, susu Almond juga tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh, sehingga aman untuk Anda konsumsi setiap hari.

Baca Juga :  Jangan Panik! Inilah 4 Cara Mengatasi Mimisan pada Anak

Demikian tadi 6 cara mengobati darah rendah tanpa obat. Dengan cara ini Anda dapat mengatasi penyakit darah rendah Anda dengan aman tanpa obat kimia. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Bagikan:

Indah Sari

Indah Sari

Seorang penulis dan blogger yang berdedikasi pada dunia kesehatan dan gaya hidup sehat. Membagikan wawasan dan informasi yang bermanfaat untuk membantu orang lain mencapai keseimbangan dan kesejahteraan dalam hidup.