4 Manfaat VCO untuk Kesehatan dan Kecantikan, Dapat Mempercepat Penyembuhan Luka!

Indah Sari

Ngulasmerk.com – Apa saja manfaat VCO untuk kesehatan? VCO atau virgin coconut oil adalah minyak kelapa yang terbuat dari daging kelapa segar tanpa melalui proses pemanasan dan tanpa menggunakan bahan pelarut. Minyak ini cenderung memiliki aroma yang kuat dan titik panas yang lebih rendah, jika dibandingkan minyak kelapa biasa.

Hal ini lah yang menjadi salah satu alasan, mengapa VCO lebih dianjurkan untuk dipakai menumis daripada menggoreng. Selain untuk memasak, VCO juga kerap menjadi salah satu bahan makanan untuk diet menurunkan berat badan. Selain itu, minyak nabati ini juga kerap dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk merawat kulit maupun rambut.

4 Manfaat VCO untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat VCO untuk kesehatan dan kecantikan ternyata sangat beragam. VCO mengandung asam lemak dan berbagai antioksidan yang berguna untuk menjaga kesehatan. Anda dapat menggunakan VCO ini sebagai minyak pengganti untuk menumis makanan atau sebagai bagian dari perawatan tubuh dan rambut, untuk menjaga kesehatan dan merawat kecantikan Anda.

Berikut ini adalah beberapa manfaat VCO untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu Anda ketahui.

1. Dapat Mengontrol atau menurunkan berat badan

Manfaat VCO yang pertama adalah dapat mengontrol atau menurunkan berat badan. Meskipun hal memerlukan penelitian lebih lanjut, mengonsumsi minyak kelapa, termasuk VCO ternyata mampu membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena minyak ini mampu memberikan efek kenyang sekaligus menekan nafsu makan dengan baik.

Bukan hanya itu saja, kandungan lemak jenuh dalam VCO, yaitu medium-chain triglycerides (MCT). Ternyata juga bermanfaat untuk membakar lemak dan kalori lebih banyak. Sehingga dengan mengonsumsi minyak kelapa, khususnya VCO secara teratur dapat menjaga maupun menurunkan berat badan.

Baca Juga :  Kenali Lebih Dekat Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan Wanita

2. Memperkuat imunitas tubuh

Manfaat VCO untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu memperkuat imunitas tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa terbukti efektif dalam meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini berkat kandungan asam laurat di dalamnya.

Asam laurat dalam VCO bersifat antimikroba, yang bermanfaat melawan dan membunuh bakteri, virus, dan jamur yang masuk ke tubuh. Sehingga membuat imunitas tubuh terjaga dan tubuh tidak mudah terinfeksi atau terserang berbagai macam penyakit.

3. Manfaat VCO untuk Kecantikan

Manfaat VCO untuk kecantikan

Selain manfaat VCO untuk kesehatan, VCO juga bermnafaat untuk kecantikan, khususnya untuk kecantikan kulit. Dengan mengoleskan VCO ke permukaan kulit, dapat menjaga kelembaban kulit sepanjang hari. Bahkan, dengan mengoleskan VCO secara rutin mampu membuat kulit menjadi lebih kenyal dan mampu meningkatkan elastisitas kulit.

Menurut penelitian, kulit wajah yang dioleskan pelembab yang mengandung VCO secara rutin dapat meningkatkan elastisitas kulit sebanyak 2,6%. Selain itu, dengan mengoleskan minyak VCO secara teratur ke rambut Anda dapat melembutkan rambut yang rusak dan kering. Sifat anti jamur dalam VCO juga dapat menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat VCO untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat mempercepat penyembuhan luka. Kandungan asam lemak dalam VCO dapat mengaktifkan fibroblas, yaitu sel yang memproduksi kolagen, yang berperan penting dalam penyembuhan luka.

Selain itu, sifat antibakteri yang dimiliki VCO juga dapat membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri pada luka. Sehingga, akan membuat luka menjadi lebih cepat untuk sembuh.

Demikian tadi 4 manfaat VCO untuk kesehatan dan kecantikan. Gunakan VCO ini secara rutin, baik untuk menumis masakan atau mengoleskan pada bagian tubuh yang memerlukan. Agar kesehatan senantiasa terjaga dan kecantikan senantiasa terawat dengan baik.

Baca Juga :  7 Manfaat Bekam untuk Kesehatan, dapat Mengobati Migrain dan Hipertensi!

Artikel Terkait

Bagikan:

[addtoany]

Indah Sari

Indah Sari

Seorang penulis dan blogger yang berdedikasi pada dunia kesehatan dan gaya hidup sehat. Membagikan wawasan dan informasi yang bermanfaat untuk membantu orang lain mencapai keseimbangan dan kesejahteraan dalam hidup.