Simak Untuk Pemula! Ketahui Cara Memelihara Kelinci Dalam Rumah

ngulasmerk

Kelinci adalah hewan mamalia yang bisa dipelihara karena mempunyai bentuk yang menggemaskan. Kelinci memiliki mata yang bulat, telinga yang panjang dan juga mempunyai bulu yang halus membuat terlihat semakin lucu.

Sudah banyak orang yang tertarik memelihara kelinci, mungkin salah satunya adalah Anda. Untuk Anda yang merupakan pemula dalam dunia kelinci maka Anda perlu mengenal cara memelihara kelinci dalam rumah.

Alasan Pelajari Cara Memelihara Kelinci Dalam Rumah

Anda memilih untuk memelihara kelinci sebagai hewan peliharaan di rumah, maka penting sekali untuk mempelajari cara memelihara kelinci dalam rumah. Hal ini dilakukan dengan beberapa alasan yaitu :

  1. Kelinci hewan yang mempunyai tubuh tidak besar, meskipun bisa tumbuh mencapai 1 meter lebih. Sehingga cocok untuk dibawa ke dalam rumah
  2. Kelinci bisa berumur panjang 5 hingga 10 tahun, jika dipelihara dengan baik
  3. Kelinci hewan yang sensitif dalam segi pencernaan, sehingga harus persiapan pengetahuan terkait dunia kelinci

Dengan ketiga alasan tersebut, seharusnya bukan hal yang perlu diragukan jika kita harus mempunyai bekal cara memelihara kelinci dalam rumah. Sebab memelihara kelinci tidak semudah memelihara kucing atau anjing yang biasa dipelihara di dalam rumah.

Perhatikan 7 Cara Memelihara Kelinci Dalam Rumah

Cara Memelihara Kelinci Dalam Rumah
Sumber: pixabay.com

Bagi Anda yang pemula dalam dunia kelinci, tidak perlu risau dan mundur untuk tidak memelihara kelinci. Meskipun kelinci tergolong hewan yang sensitif, kelinci masih bisa Anda pelihara bahkan menjadi hewan rumahan.

Baca Juga :  Bahaya Bread Improver yang Dapat Ditimbulkan

Kami akan memberikan 7 cara memelihara kelinci dalam rumah yaitu :

1. Sediakan kandang untuk kelinci

Cara memelihara kelinci dalam rumah yang harus Anda perhatikan pertama kali adalah sediakan tempat tinggal untuk kelinci yang nyaman. Syarat tempat tinggal untuk kelinci yaitu :

  • Di dalam ruangan
  • Suhu tidak ekstrem baik dingin ekstrem atau panas ekstrem
  • Tidak terdapat hewan buas yang mengancam ketakutan kelinci, sebab kelinci mudah menderita stres
  • Ukuran kandang minimal lima kali dari ukuran kelinci, sehingga kelinci bisa berbaring di kandang maupun berdiri tanpa menabrakkan kepalanya di atas kandang
  • Jika kandang menggunakan kawat, maka lantai harus dilapisi kardus atau bahan alas lainnya

Meskipun kelinci akan nyaman dan senang dengan kandangnya, Anda tetap harus mengeluarkan kelinci dari kandangnya untuk beberapa jam. Hal ini berguna agar kelinci mudah melakukan olahraga seperti berlari dan melompat bahkan melakukan penjelajahan.

Pada saat kelinci melakukan penjelajahan lingkungan bermainnya, saat inilah waktu yang aman dan ideal untuk bermain dan berinteraksi bersamanya.

2. Siapkan kotak untuk kotoran

Setelah kandang sudah siap, maka Anda perlu menyiapkan kotak untuk kotorannya. Kelinci mempunyai naluri alami untuk buang air kecil dan besar di dalam satu area. Sehingga Anda hanya perlu menyiapkan kotak sedang dan dangkal di dekat mangkuk makan atau minumnya.

Jika kelinci sedang bebas berkeliaran di dalam rumah Anda, maka Anda perlu sediakan beberapa kotak kotoran. Pastikan jika kotak yang Anda siapkan berukuran besar sehingga kelinci bisa masuk ke dalam kotak tersebut.

3. Siapkan makanan yang seimbang

Kelinci merupakan hewan yang sensitif, baik dari kesehatan mental dan juga pangannya. Jadi Anda perlu menyiapkan makanan untuk kelinci Anda. Ada dua bagian makanan yang perlu Anda siapkan yaitu :

Baca Juga :  12 Merk Ragi Instan yang Bagus untuk Kue dan Roti

a. Utama

Makanan utama biasanya terdiri dari :

  • Rumput jerami, mampu membantu sistem pencernaan
  • Sayuran dengan kandungan hijau gelap

b. Cemilan

Selain makanan utama, kelinci juga membutuhkan cemilan yaitu :

  • Buah merupakan cemilan yang sehat dan kelinci sangat menyukainya. Informasi umum yang kita ketahui jika kelinci menyukai wortel dan hal tersebut memang benar. Namun terdapat buah lain yang bisa dijadikan cemilan seperti apel atau melon
  • Pelet, pemberian pelet harus sesuai dengan ketentuan. Dan pastikan Anda memberikan merk pelet kelinci yang bagus agar pelet kelinci lebih berkualitas dan terjamin.

Pemberian cemilan untuk kelinci juga harus diberikan sesuai anjuran dan sedikit. Sehingga kebutuhan makanan lainnya masih bisa dia konsumsi.

4. Pastikan asupan air cukup dan ingat makanan yang harus dihindari

Anda perlu memperhatikan asupan air untuk kelinci Anda. Air yang diberikan juga harus bersih dan cukup. Anda juga perlu melakukan pergantian air kelinci minimal sekali sehari.

Kelinci juga mempunyai makanan yang harus dihindari, yaitu :

  • Tomat
  • Kol
  • Jagung
  • Kacang-kacangan
  • Bawang merah
  • Biji-bijan

Kelinci juga tidak boleh diberikan makanan cokelat, permen dan bahkan makanan berjamur. Makanan ini cepat sekali mempengaruhi kesehatan sistem pencernaan dari kelinci. Bahkan tanaman bunga yang umum seperti lidah buaya juga bisa meracuni kelinci.

Karena kelinci suka melakukan mengunyah, maka saat kelinci dibebaskan maka Anda perlu pastikan jika kabel listrik sudah aman atau diluar jangkauannya. Sangat berbahaya jika kelinci menggigit kabel listrik yang bisa membuat kecelakaan pada kelinci Anda.

5. Pastikan Anda memegang kelinci dengan baik

Anda yang memiliki kelinci, maka Anda juga perlu mengetahui cara memegangnya. Sebab kelinci merupakan hewan yang rapuh sehingga perlu hati-hati dalam memegangnya.

Baca Juga :  Begini! Cara Memberi Makan Kelinci Dengan Pelet Yang Benar

Teori memegang kelinci juga merupakan cara memelihara kelinci dalam rumah, untuk memegangnya maka Anda perlu lakukan letakkan satu tangan di bagian bawah depan kelinci dan tangan lainnya di bawah punggung.

Saat mengangkat kelinci, Anda perlu perlahan-lahan dan berhati-hati dan dengan kedua tangan. Pastikan Anda tidak membiarkan tubuhnya menggantung bebas dan tidak mengangkat bagian perut ataupun telinga.

6. Hindari ada bulu hewan lain di dekatnya

Kelinci tidak bisa memuntahkan benda asing jika ada yang masuk ke dalam mulutnya. Termasuk salah satunya bulu hewan lainnya dan bahkan rambut rontok lainnya. Sehingga Anda perlu memperhatikan keadaan sekitar.

Jika kelinci Anda tidak sengaja memakannya, maka kelinci Anda akan beresiko mengalami gangguan pencernaan dan bisa mudah cepat mati.

7. Jangan pelihara satu, pastikan punya teman

Jika Anda memulai memelihara kelinci, maka pastikan Anda tidak memelihara satu. Sebab kelinci tidak akan hidup lama jika hidup sendirian. Kelinci termasuk hewan sosial yang bisa hidup bahagia jika hidup berpasangan.

Cara memelihara kelinci dalam rumah lainnya adalah Anda perlu menjaga kebersihan dari lingkungan kelinci. Anda perlu melakukan pembersihan kandang kelinci minimal setiap minggunya.

Jika Anda ingin mencuci kandangnya maka Anda perlu menyiapkan air hangat dan bersabun. Kemudian bilas bersih dan harus keringkan. Setelah kering maka Anda bisa meletakan kembali jerami bersihnya.

Cara memelihara kelinci dalam rumah juga perlu memandikan kelinci dengan menyikat badan kelinci dengan sikat yang lembut dan membersihkan bulunya setiap 1-2 hari. Namun biasanya jika kelinci hidup berpasangan, mereka akan saling membantu dalam merawat diri

Dengan begitu, berakhirlah sudah informasi terkait 7 cara memelihara kelinci dalam rumah. Sekilas memang terlihat mudah untuk dijalankan, namun Anda akan merasakan trouble saat sudah prakteknya secara langsung.

Kelinci bisa dipelihara dengan umur panjang dengan catatan Anda tidak membuat hidupnya stress dan tidak mengalami masalah yang berkaitan dengan saluran pencernaannya. Kedua hal tersebut yang menjadi hal vital dan perlu dijaga saat memelihara kelinci.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.