Inilah 4 Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan, Dapat Mempercepat Penyembuhan Luka

Indah Sari

Ngulasmerk.com – Ternyata ada banyak manfaat ikan gabus untuk kesehatan. Ikan gabus atau nama latinnya Channa Striatus atau Snakehead fish adalah salah satu jenis ikan tawar yang sangat populer di Indonesia. Meskipun memiliki bentuk yang agak menyeramkan, karena bentuk kepalanya yang mirip ular. Namun, ikan gabus ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Ikan gabus kaya akan kandungan nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam ikan gabus antara lain ada air, kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi. Selain itu, juga mengandung Natrium, Kalium, Tembaga, Seng, Retinol (Vitamin A), Thiamin (Vitamin B1), Riboplavin (Vitamin B2), dan Niacin (Vitamin B3).

4 Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan

Manfaat ikan gabus untuk kesehatan

Kaya akan protein, ada segudang manfaat ikan gabus untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Salah satu jenis protein yang terkandung dalam ikan gabus adalah albumin, dan albumin ini memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat ikan gabus untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui.

1. Menjaga Cairan dalam Tubuh

Manfaat ikan gabus untuk kesehatan yang pertama adalah mampu menjaga cairan dalam tubuh. Menurut penelitian albumin yang terkandung dalam ikan gabus mampu membantu mempertahankan proses homeostatsis pada tubuh. Proses ini bergantung pada mekanisme transpor dan membran sel, termasuk osmosis, transpor aktif, filtrasi dan difusi.

Dan yang paling menarik, saat konsentrasi air dalam tubuh berlebih, albumin akan bekerja mengurangi kelebihan cairan tersebut. Selanjutnya, cairan tersebut akan masuk kembali ke dalam darah. Atau dengan kata lain albumin ini dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Dan keseimbangan cairan di dalam tubuh ini berperan penting dalam proses metabolisme.

Baca Juga :  Jelajahi Manfaat Kesehatan dari Buah Kundur yang Jarang Diketahui

2. Membantu Penyembuhan Luka Pasca Operasi

Menurut penelitian mengonsumsi suplemen yang mengandung ikan gabus dengan dosis 0,7 gram per desiliter selama 14 hari. Dipercaya mampu mempercepat penyembuhan luka, termasuk luka paska operasi. Hal ini dapat terjadi karena kandungan albumin dalam ikan gabus dapat membantu menaikkan kadar albumin dalam tubuh hingga batas normal.

Sehingga para pasien yang menjalani perawatan insentif di rumah sakit, dianjurkan mengonsumsi ikan gabus. Maupun suplemen yang mengandung ikan gabus untuk mempercepat penyembuhan luka.

3. Dapat Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Manfaat ikan gabus untuk kesehatan

Bagi penderita diabetes juga dianjurkan mengonsumsi ikan gabus secara teratur. Diabetes melitus merupakan gangguan metabolik yang terjadi karena hiperglikemia. Atau tingginya kadar glukosa atau kadar gula dalam darah.

Dengan mengonsumsi ikan gabus yang merupakan jenis ikan tawar yang kaya akan kandungan protein ini. Dapat menjadi sumber antioksidan antihiperglikemik. Bukan hanya itu saja, ikan gabus juga mengandung 15 jenis asam amino, dan 9 di antaranya merupakan esensial asam amino yang diperlukan tubuh.

4. Menyehatkan dan Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat ikan gabus untuk kesehatan yang selanjutnya adalah dapat menyehatkan dan melancarkan sirkulasi darah. Tubuh yang kekurangan albumin akan membuat sistem peredaran darah dalam tubuh menjadi terganggu. Maka, dengan mengonsumsi ikan gabus akan membantu mengatasi segala permasalahan ini.

Selain itu, kandungan albumin dalam ikan gabus juga dapat membantu dalam proses pencernaan vitamin yang larut dalam lemak. Selanjutnya, berbagai vitamin tersebut akan menyebar ke seluruh tubuh. Minyak ikan mengandung albumin dan sangat berperan dalam melancarkan sirkulasi darah dan menyehatkan pencernaan.

Demikian tadi 4 manfaat ikan gabus untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Konsumsi ikan gabus secara teratur untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh Anda agar tubuh senantiasa sehat dan kuat.

Baca Juga :  Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur, Ini Dia 9 Manfaat Biji Pala untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Artikel Terkait

Bagikan:

Indah Sari

Indah Sari

Seorang penulis dan blogger yang berdedikasi pada dunia kesehatan dan gaya hidup sehat. Membagikan wawasan dan informasi yang bermanfaat untuk membantu orang lain mencapai keseimbangan dan kesejahteraan dalam hidup.