Ini Dia! Rekomendasi 18 Merk Gear Motor Terbaik

ngulasmerk

Demi memberikan performa terbaik pada kendaraan roda duanya, tidak sedikit pemotor yang rela merogoh kocek untuk membeli suku cadang berkualitas, salah satunya dengan memilih merk gear motor terbaik.

Saat ini ada berbagai merk gear motor hadir di pasaran, namun sayangnya tidak semuanya benar-benar memiliki kualitas yang sepadan. Lantas, merk dan jenis mana sajakah yang patut direkomendasikan?

Inilah 18 Merk Gear Motor Paling Direkomendasikan

Pemilihan gear motor tentu menjadi hal yang penting bagi banyak pemotor. Terlebih gear dan rantai yang menjadi satu kesatuan bertugas untuk meneruskan putaran mesin ke roda bagian belakang sehingga jika tidak sesuai, maka mesin tidak akan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Gear dan rantai motor bisa Anda pilih sesuai masing-masing jenis motor, panjang rantai yang diperlukan, kegunaan gear motor tersebut apakah gear motor untuk tanjakan atau tidak, hingga ketebalan dan ukurannya. Harganya pun relatif dan bisa berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Berikut sejumlah rekomendasinya.

1. Honda

Sumber: shopee.co.id

Siapa sih yang tidak mengenal merk Honda? Ya, merk otomotif yang satu ini memang menjadi salah satu brand paling dikenal di dunia, bahkan sering kali menjadi jawara di ajang balapan seperti Moto GP. Hal ini tentu tidak terlepas dari kualitas merk gear motor terbaik yang dimilikinya bahkan sejak lama.

Gear dan rantai motor Honda salah satunya, yang juga memiliki kualitas baik di kelasnya. Dibuat dengan logam yang bermutu bagus dan kuat serta rantai yang tidak mudah putus. Menariknya, gear rantai Honda ini terbilang cukup terjangkau dan banyak dipasarkan di berbagai bengkel sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan stok.

Buat Anda yang menggunakan motor merk Honda, tentu ada baiknya jika mengganti spare part original kepunyaan Honda. Meskipun ada pilihan merk lain misalnya, jika mengganti gear Honda yang rusak pilihlah yang sama merk-nya sehingga seperti motor keluaran pabrik kembali.

2. Yamaha

Sumber: shopee.co.id

Pabrikan Yamaha yang juga menjadi salah satu kompetitor merk Honda juga tidak kalah memproduksi gear dan rantai motor dengan brand sendiri. Terlebih, pengguna merk motor ini memang terbilang banyak di Indonesia maupun mancanegara sehingga spare part original sangatlah dibutuhkan.

Dibuat dari besi yang kokoh dan kuat membuat spare part gear dan rantai Yamaha dikenal memiliki kualitas yang bagus. Harganya juga relatif murah, yakni mulai dari harga Rp170.000 saja dengan pemasangan yang mudah sehingga cukup ramah di kantong.

Baca Juga :  Kipas Radiator Mobil Apv

Menariknya, suku cadang asli Yamaha ini disediakan untuk kalangan umum dan tidak hanya dikhususkan untuk kendaraan motor keluaran Yamaha saja. Dengan begitu, motor Anda yang berbeda merk pun masih tetap bisa memakainya. Tidak mengherankan jika merk ini menjadi salah satu merk gear motor terbaik. Dan sebelum Anda membelinya pastikan kalian tau daftar ukuran gear set motor yamaha, hal tersebut bermanfaat untuk akselerasi optimal dan khususnya pada jalanan yang menanjak.

3. Suzuki

Sumber: shopee.co.id

Setelah Yamaha dan Honda, maka gear dan rantai juga hadir dari Suzuki Genuine Parts. Merk asal Jepang ini juga menyediakan gear dan rantai original yang dapat dibeli di toko otomotif maupun di toko resminya. Bahkan buat Anda yang kesulitan, Anda dapat membelinya secara online di official store-nya.

Harganya juga relatif lebih terjangkau di mana pada beberapa toko, rantai set dan gear Suzuki ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp120.000 saja.

4. Kawasaki

Sumber: shopee.co.id

Dikenal dengan berbagai jenis motor yang berkapasitas besar membuat Kawasaki juga tidak ketinggalan dalam menyediakan spare part original, terutama yang berkaitan dengan gear dan rantai. Keduanya biasa dijual satu set dengan harga mulai dari Rp200.000-an menyesuaikan dengan jenis motor dan harga jual di tiap daerah.

Kelebihan gear original ini tentu dari segi kualitas material yang dimiliki serta kemudahan dalam mendapatkannya. Sementara salah satu kekurangannya adalah berat yang cukup besar namun sebanding dengan kuat dan kokohnya spare part yang satu ini.

5. D.I.D

Sumber: shopee.co.id

Untuk urusan kualitas, merk gear motor terbaik yang juga diproduksi oleh perusahaan Yamaha ini tidak perlu diragukan lagi. Terlebih, brand tersebut sudah banyak digunakan pada sejumlah motor Yamaha di Moto GP seperti prototype Yamaha M1.

Anda tidak perlu khawatir tidak mendapatkan gear rantai terbaik ini, sebab gear D.I.D sudah dijual secara umum di berbagai toko dan pabrikan Yamaha.

6. Daytona

Sumber: shopee.co.id

Produk asal negeri Sakura, Jepang ini juga dikenal dengan kualitasnya yang mumpuni. Hal ini karena Daytona sudah dikenal lama sebagai salah satu produsen part racing dengan gear yang terbuat dari baja dan diklaim mampu bertahan hingga 2x lipat dari rantai dan gear set standar.

7. TK Racing

Sumber: shopee.co.id

Gear merk ini mungkin kurang banyak dikenal oleh para pecinta otomotif dan spare part motor. Namun siapa sangka, kualitas produk ini bisa dibilang di atas rata-rata dan tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Baca Juga :  Irc Tr12: Ban Sepeda Terbaik Untuk Keperluan Off-Road

Selain dari harga yang terjangkau, gear motor ini juga dapat dibeli dengan cara keteng (satuan) hingga satu set. Anda juga dapat memilih merk gear yang satu ini disesuaikan dengan ukuran dan varian motor yang Anda miliki.

8. TDR

Sumber: shopee.co.id

Berbicara mengenai merk gear motor terbaik, Anda tidak boleh melewatkan merk TDR. Merk ini memiliki kepopuleran yang cukup tinggi, bahkan sering kali tampil pada ajang balap ARRC.

Gear set rantai motor dari TDR dikenal dengan kualitasnya yang bagus dan awet, serta dibuat dengan teknologi heat treatment. Teknologi ini memungkinkan rantai motor lebih tahan panas sehingga dapat meminimalisir rantai kendor yang mudah lepas.

9. Federal

Sumber: shopee.co.id

Jika mendengar nama merk yang satu ini, Anda mungkin akan teringat dengan produk oli. Ya, ternyata selain fokus pada penjualan oli motor, Federal juga aktif dalam dunia aksesoris motor seperti gear set. Bahkan bisa dibilang, rantai Federal mempunyai kelebihan tersendiri di balik harganya yang murah.

Kualitas yang dimaksud tentunya mulai dari bahan material pembuatan hingga pilihan varian. Dari bahan material, tentunya rantai dan gear Federal dibuat dengan logam berkualitas tinggi sehingga tetap awet. Sementara pada rantai, disediakan pada banyak pilihan baik untuk motor bebek maupun motor sport.

10. Yuzaka

Sumber: shopee.co.id

Gear set yang identik dengan warna hitam dan motif serba tajam ini juga dikenal dengan kualitas bahan yang terjamin, bahkan tidak kalah dengan gear bawaan pabrik. Bahkan desainnya terbilang cukup unik karena gear berwarna hitam pekat sedangkan rantainya berwarna emas cerah.

Adapun merk gear motor terbaik ini juga tersedia untuk berbagai jenis motor. Anda yang menggunakan motor bebek maupun motor sport sekalipun tidak akan kehabisan pilihan dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari Rp195.000.

11. Willwood

Sumber: shopee.co.id

Merk yang satu ini juga dikenal dengan rantai yang berwarna emas. Meski demikian, Anda tidak perlu meragukan kualitas gear set dari merk ini karena bisa disesuaikan dengan jenis motor yang Anda miliki.

Sebagai contoh, ukuran rantai dari Willwood ini tersedia hingga ukuran 140 dengan ketebalan 428. Ukuran ini tentu cocok dengan pengguna motor trail yang memerlukan rantai panjang dan ukuran gear yang besar.

12. Sunstar

Sumber: shopee.co.id

Dengan varian produk yang dinamakan Sprocket, Sunstar telah banyak memproduksi gear set dan spare part terbaik untuk banyak sepeda motor. Ukuran rantai yang tersedia juga sangat bervariasi, bahkan bisa mencapai ukuran 525 sehingga cocok untuk berbagai tipe motor.

Merk buatan Jepang ini juga dikenal dengan desain yang baik, bahkan dapat memaksimalkan daya tahan antara gigi dengan chain roller. Meski demikian, kualitas merk gear motor terbaik ini sebanding dengan harganya yang memang di atas rata-rata gear set kebanyakan.

13. Choho

Sumber: shopee.co.id

Untuk urusan gear set murah, Anda jangan sampai melewatkan merk dari Choco. Rantai emas dari merk ini juga tidak perlu diragukan, karena meskipun murah, kualitasnya tidak pernah mengecewakan.

Baca Juga :  Karburator Motor Beat

Buat Anda yang ingin tetap bergaya namun dengan budget terbatas, Anda dapat menggunakan merk Choco. Merk ini bahkan juga bisa Anda temukan di berbagai bengkel di pinggir jalan secara mudah.

14. Aspira

Sumber: shopee.co.id

Sama-sama merupakan bagian dari perusahaan Astra Otoparts yang satu rumpun dengan merk pabrikan Honda, jadi bicara mengenai kualitas tentu tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, merk gear motor terbaik ini menyediakan gear set untuk banyak jenis motor sehingga cocok digunakan oleh siapa pun.

Meski kualitasnya bisa dianggap setara dan lebih unggul dibandingkan dengan gear set standar, namun harganya terbilang sangat murah dan terjangkau. Anda dapat membeli spare part ini di berbagai bengkel resmi Astra atau bengkel kebanyakan lainnya.

15. Sinnob

Sumber: shopee.co.id

Gear dan rantai yang satu ini dikenal dengan adopsi teknologi dari Amerika Serikat sehingga tidak perlu diragukan kembali kualitasnya. Meski harganya cukup mahal, namun sebanding kok dengan apa yang dimiliki gear dan rantai ini.

Satu set gear Sinnob umumnya terdiri dari gear belakang, cover gear, gear depan, hingga rantai. Gear set ini sendiri diklaim mampu meredam bunyi yang berisik dan mempunyai masa pakai yang lebih panjang dibanding gear set motor standar lainnya.

16. RK Takasago

Sumber: shopee.co.id

Gear set yang satu ini juga dikenal dengan bobotnya yang ringan dibandingkan dengan merk lainnya. Rantainya juga cenderung senyap dan tidak menimbulkan bunyi yang berisik. Dengan harga sekitar Rp300.000-an, merk RK Takasago bisa menjadi pilihan merk gear motor terbaik.

17. Xtreme

Sumber: shopee.co.id

Kelebihan dari gear yang satu ini mempunyai motif yang beragam. Ada yang menggunakan motif lubang, bahkan ada juga yang mempunyai corak yang cukup abstrak. Selain itu, terdapat dua varian warna yang sangat menarik, yakni silver dan black.

Dari segi kekuatan, gear ini mempunyai ketebalan hingga 428 H. Artinya, tingkat kekuatannya tidak perlu diragukan kembali namun dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan merk lainnya.

18. SSS (triple S)

Sumber: shopee.co.id

Siapa sih yang tidak mengenal merk gear yang satu ini? Ternyata, SSS ini memang sudah tidak asing di telinga para penggila motor modifikasi dengan desain racing look dan kualitas di atas rata-rata. Rantainya juga diberikan variasi warna dengan warna gear silver.

Demikian 18 rekomendasi merk gear motor terbaik yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Semua merk tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi pastikan Anda memilih gear motor yang sesuai dengan kebutuhan ya!

Referensi:

Artikel Terkait

Bagikan:

[addtoany]

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.