Daftar Ukuran Gear Set Motor Yamaha untuk Akselerasi Optimal

ngulasmerk

Banyak diantara pemilik motor Yamaha yang mengganti ukuran gear motornya untuk bisa mendapatkan akselerasi optimal. Untuk itu mereka pun perlu mengetahui daftar ukuran gear set motor Yamaha.

Salah satu alasan mengganti ukuran gear motor adalah untuk akselerasi optimal, khususnya di jalanan menanjak. Para pemilik kendaraan tentu menginginkan motor yang tangguh untuk melibas semua medan. Anda sendiri juga menginginkannya bukan?

Gear motor mempunyai fungsi untuk memutar rantai yang tersambung dari gear mesin ke gear roda. Gear motor sendiri memiliki bentuk seperti piringan dengan pinggiran yang bergerigi di sekelilingnya.

Gerigi ini digunakan sebagai pengikat rantai agar menempel pada gear motor agar rantai bisa berputar pada dua gear yang terikat.

Kode dan Daftar Ukuran Gear Motor Yamaha

Berikut ini daftar ukuran gear set motor Yamaha khusus untuk Anda.

  • Jupiter Z : gear depan 15, gear belakang 36
  • Jupiter Z 1 : gear depan 13, gear belakang 41
  • Jupiter Z New : gear depan 14, gear belakang 40
  • Jupiter MX 135 : gear depan 15, gear belakang 39
  • New Jupiter MX 135 : gear depan 14, gear belakang 38
  • Vega ZR : gear depan 15, gear belakang 40
  • Vega R New : gear depan 15, gear belakang 35
  • Force 1 : gear depan 14, gear belakang 39
  • F1-ZR : gear depan 14, gear belakang 39
  • RX-King : gear depan 15, gear belakang 37
  • Scorpio : gear depan 15, gear belakang 44
  • Vixion : gear depan 14, gear belakang 42
  • New Vixion : gear depan 14, gear belakang 43
  • Byson : gear depan 14, gear belakang 40
  • R15 : gear depan 15, gear belakang 47
Baca Juga :  Michelin S1: Ban Sepeda Ringan Dan Tahan Lama

Untuk Anda yang ingin mengganti gear motor dikarenakan geriginya sudah aus ataupun penyebab lainnya, maka Anda harus mengetahui ukuran gear motor standar sesuai jenis dan tipe motor. Untuk pengguna motor Yamaha, Anda bisa mengikuti acuan dalam daftar ukuran gear set motor Yamaha.

Oleh sebab itu, kami telah menyiapkan daftar rincian ukuran gear motor khususnya untuk motor Yamaha. Sebelum mengganti gear motor, pastikan Anda paham dan tahu ukuran gear depan serta gear belakang motor Yamaha kesayangan Anda.

Cara Baca Kode Pada Gear Motor

Anda dapat melihat bahwa seluruh ukuran gear motor mempunyai imbuhan huruf T di belakang ukurannya. Hal yang disayangkan adalah tak banyak pengguna motor yang memahami arti dari huruf dalam ukuran gear motor tersebut.

Nah pada pembahasan kali ini kami pun akan menjelaskannya secara detail tentang arti dari imbuhan huruf T dalam detail ukuran gear depan atau belakang, termasuk dalam daftar ukuran gear set motor Yamaha.

Untuk Anda yang mungkin belum mengetahui, hurut T yang ada pada ukuran gear motor depan ataupun belakang adalah suatu singkatan dari kata “Tooth”, yang maksudnya memperlihatkan jumlah gigi yang ada pada gear itu sendiri.

Sebagai contoh, bila Anda ingin mengganti gear depan dan belakang motor Yamaha Vega R, maka ketika membeli ada suatu kode yang bertuliskan 13T. Hal tersebut memiliki arti gear motor itu mempunyai jumlah gigi 13.

Bila dilihat secara kasat mata, semakin besar diameter dari gear motor maka semakin banyak jumlah mata gigi yang terdapat pada gear tersebut.

Efek Penggantian Ukuran Gear Motor

Nah apakah Anda telah memahami dan mengetahui arti pada kode gear motor setelah mengikuti pembahasan sebelumnya? Untuk Anda para pengguna motor Yamaha saat ingin mengganti gear motor maka usahakan untuk mengikuti daftar ukuran gear set motor Yamaha sesuai standar supaya kinerja dan performa motor tetap optimal.

Baca Juga :  Bridgestone Battlax Adventure A41Dq: Ban Motor Adventure Terbaik Untuk Perjalanan Jauh

Sebab bila Anda mengganti ukuran gear motor dengan sengaja tanpa mengetahui perhitungannya maka ada banyak efek dan dampak yang terjadi, baik mengganti dengan ukuran yang lebih kecil atau lebih besar. Lalu apa sajakah efek penggantian ukuran gear motor?

  • Gear depan

Bila Anda melakukan penggantian gear depan dengan jumlah atau ukuran mata gear lebih kecil maka bisa berpengaruh pada meningkatkan akselerasi namun menurunkan top speed.

Bila Anda melakukan penggantian gear depan dengan jumlah atau ukuran mata gear lebih besar maka bisa berpengaruh pada meningkatkan top speed namun menurunkan akselerasi.

Untuk Anda pengguna motor Yamaha pastikan untuk mengikuti daftar ukuran gear set motor Yamaha sebagai acuan.

  • Gear belakang

Bila Anda melakukan penggantian gear belakang dengan jumlah atau ukuran mata gear lebih kecil maka bisa berpengaruh pada meningkatkan top speed namun menurunkan akselerasi.

Bila Anda melakukan penggantian gear belakang dengan jumlah atau ukuran mata gear lebih besar maka bisa berpengaruh pada meningkatkan akselerasi namun menurunkan top speed.

Berdasarkan gambaran tersebut, dapat disimpulkan bahwa mengganti ukuran gear motor juga tak dapat dilakukan secara sembarangan. Sebab untuk mendapatkan kenyamanan berkendara harus seimbang antara akselerasi dan top speed.

Jadi bila memang Anda tak mengetahui rumus untuk mengubah gear motor, kami menyarankan untuk melakukan penggantian sesuai ukuran standar pabrik

Cara untuk Menyetel Gear Motor

Ukuran dari gear motor perlu diperhatikan rasio ukurannya. Untuk rumus rasio ukuran gear motor adalah jumlah mata gear belakang dibagi dengan jumlah mata gear depan. Rasio ini telah disampaikan sebelumnya dalam daftar ukuran gear set motor Yamaha.

  • Rasio final gear = mata gear belakang : mata gear depan
  • Sebagai contoh gear standar satu sepeda motor = 38:14 = 2,7
  • Alternatif pertama 40:14 = 2,85 (hasil total lebih besar, meningkatkan akselerasi)
  • Alternatif kedua 36:14 = 2,57 (hasil total lebih kecil, meningkatkan top speed)
Baca Juga :  Lampu Depan Mobilio: Spesifikasi, Harga, Dan Rekomendasi

Contoh lainnya, motor Yamaha Vega R mempunyai rasio gear 15/35, atau 15 untuk gear depan serta 35 untuk gear belakang. Dengan angka 35 diibagi 15 akan menghasilkan rasio dengan nilai 2,33.

Untuk bisa meningkatkan kecepatan, Anda pun harus mengganti gear depan dengan memakai ukuran 16. Sehingga hasil pembagiannya menjadi 2,19. Hasil perhitungan rasio ini juga bisa dibandingkan dengan daftar ukuran gear set motor Yamaha.

Tips Untuk Perawatan Gear Motor

  1. Rantai dan gear harus rutin dibersihkan minimal satu bulan sekali. Hal ini dilakukan agar debu dan kotoran yang menempel bisa hilang
  2. Jangan memakai oli bekas ataupun oli gardan sebagai pelumas rantai dan gear motor Anda
  3. Rantai dan gear harus disetting pada posisi center agar berkendara lebih aman dan nyaman
  4. Bila gear motor mengalami keausan, ganti segera. Untuk penggantian sendiri harus keduanya
  5. Bila gear terkena air hujan, bersihkan segera dengan air PAM supaya tak berkarat

Nah demikian pembahasan tentang daftar ukuran gear set motor Yamaha untuk akselerasi optimal. Pilihlah merk gear motor terbaik agar dapat meningkatkan performa motor kalian. Terima kasih dan semoga bermanfaat bagi Anda sekalian.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.