Tarikan Maksimal dengan Gear Motor untuk Tanjakan

ngulasmerk

Gear motor merupakan salah satu komponen penting pada motor. Gear motor memiliki fungsi utama dalam membantu menggerakkan roda belakang. Tak hanya itu, gear juga nantinya menjadi penghubung antara mesin motor dengan roda supaya motor bisa melaju cepat.

Anda perlu mengetahui, ada beberapa jenis gear pada sepeda motor yang bisa diamati dari ukurannya, dimana salah satunya adalah gear motor untuk tanjakan. Anda pun harus mengetahui fungsi, jenis serta cara merawat salah satu komponen penting pada motor ini. Berikut pembahasan selengkapnya untuk Anda sekalian.

Beberapa Fungsi Gear Motor

  • Menjadi penggerak roda

Gear pada motor memang memiliki fungsi utama sebagai penggerak roda, seperti halnya pada sepeda. Pabrikan telah mendesain motor menggunakan sistem penggerak roda belakang yang memerlukan media sebagai penghubung dengan roda depan.

Cara kerja gear termasuk gear motor untuk tanjakan adalah dengan menggerakkan roda belakang motor yang terhubung. Lalu tenaga yang dihasilkan karena adanya perputaran itu bisa menjalankan kendaraan agar melaju dengan lebih cepat.

  • Menyeimbangkan roda belakang

Penggerak roda belakang sepeda motor yang dilakukan oleh gear itu tak lain sebagai penyeimbang seluruh roda kendaraan ketika mesin dinyalakan. Dengan demikian, ketika kendaraan berjalan akselerasinya menjadi seimbang dan bisa berjalan dengan baik.

Bila motor ada pada posisi diam ataupun mati, roda belakang ada pada kondisi yang tak lurus. Hal tersebut dapat dibuktikan bila Anda mendorong motor dengan tak menyalakan mesin, laju akan tersendat sebab posisi seluruh roda tak seimbang.

  • Menyalurkan serta mengatur pasokan tenaga

Gear set termasuk gear motor untuk tanjakan adalah komponen yang dapat menghasilkan pasokan tenaga sebagai akselerasi kendaraan. Gear set memiliki mata gear, yaitu engine sprocket (gear depan) dan rear sprocket (gear belakang). Bagian itu bisa menghasilkan panjang-pendek tenaga sebagai jarak perpindahan.

Baca Juga :  Bridgestone Battlax Adventure A41Ej: Ban Motor Adventure Terbaik

Pabrikan telah menghitung standar perbandingan dari kedua jenis mata gear tersebut. Metodenya adalah dengan membagi jumlah mata gear belakang dengan gear depan. Nantinya hasil menunjukkan gear standar bagi motor Anda, sebab masing-masing motor secara umum mempunyai perbedaan pada gear set.

  • Menyalurkan engine break

Fungsi berikutnya yang terakhir yaitu menyalurkan engine break. Gear motor nantinya melakukan tugas dalam menghasilkan tenaga yang seimbang guna melalui medan-medan berat seperti perbukitan ataupun kontur turunan yang tajam.

Dengan keberadaan gear motor, Anda dapat mengatur perpindahan gigi untuk pengereman sesuai kebutuhan. Mengingat penggunaan rem saja terkadang memang tak cukup guna memindah posisi gear dalam menahan laju sepeda motor.

Jenis Gear Motor

Ada dua jenis gear, termasuk pada gear motor untuk tanjakan yaitu gear depan dan gear belakang. Masing-masing gear mempunyai mata gear yang memiliki jumlah tertentu. Mata gear itu bisa berpengaruh terhadap performa motor. Semakin banyak mata gear, nantinya terasa semakin enteng laju dari sepeda motor itu sendiri.

Secara umum, gear depan mempunyai mata gear 10 hingga 18. Sementara gear belakang mempunyai mata gear antara 30 hingga 50. Jumlah tersebut telah dirancang oleh pabrikan sesuai standar kebutuhan dari kendaraan serta tinggi rendahnya performa yang dimiliki motor.

Acuan pada perbedaan dua jenis gear ini adalah perbedaan ukuran. Umumnya gear depan mempunyai ukuran lebih kecil dibandingkan gear belakang. Akan tetapi, Anda dapat mengubah settingnya bila diperlukan, termasuk pada gear motor untuk tanjakan.

Ukuran Gear Motor untuk Tanjakan dengan Tarikan Maksimal

Sumber: shopee.co.id

Ukuran gear motor dapat diatur agar mampu menempuh medan tanjakan supaya lebih maksimal. Tentunya semua orang menginginkan motor yang tangguh di segala medan. Untuk Anda yang memiliki motor dengan mesin standar, ternyata ada cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan akselerasi mesin sesuai keinginan.

Baca Juga :  Filter Udara Motor Matic

Anda tak perlu sampai membongkar mesin motor, salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah melakukan sedikit perubahan pada gear motor. Sebenarnya motor telah didesain agar tangkas di medan yang sesuai spesifikasinya.

Akan tetapi, tak menjadi masalah bila Anda menginginkan akselerasi motor yang lebih tangguh dan cepat, khususnya di lokasi yang menanjak. Untuk melakukan hal itu, Anda dapat mengatur ulang ukuran gear motor untuk tanjakan agar mendapatkan akselerasi sesuai keinginan.

Anda harus menghitung jumlah mata gear belakang dibagi jumlah mata gear depan dalam menghitung rasio final gear.

Rasio final gear = mata gear belakang : mata gear depan

Contoh gear standar CBR250R = 38:14 = 2,7

  • Opsi pertama = 40:14 = 2,85 (hasil total lebih besar, meningkatkan akselerasi)
  • Opsi kedua = 36:14 = 2,57 (hasil total lebih kecil, meningkatkan top speed)

Harga Gear Motor

Harga gear motor bervariasi tergantung dari kualitas dan ukurannya. Anda dapat membelinya di beberapa bengkel terdekat di sekitar lokasi tempat tinggal Anda. Selisih harga yang ada kemungkinan tak terlalu besar, masih sesuai dengan range harga pasaran.

Sebagai acuan, umumnya sepaket gear set dibanderol dengan harga mulai Rp 80 ribu, Rp 100 ribu, hingga Rp 500 ribu. Perbedaan harga itu tergantung dari jenis gear set dan penggunaannya untuk motor jenis apa. Bila ingin membeli gear motor untuk tanjakan tanpa paket juga bisa, tentu harganya akan lebih murah.

Ciri-ciri Kerusakan Gear Motor

Sumber: pixabay.com

Komponen motor yang berperan penting ini harus ada pada kondisi terbaik agar dapat digunakan dengan optimal. Bila gear mulai bermasalah, sebaiknya Anda merawatnya dengan rutin atau menggantinya. Nah berikut beberapa ciri-ciri kerusakan pada motor yang disebabkan adanya masalah pada gear.

  • Laju motor akan tersendat
Baca Juga :  Daftar Ukuran Gear Set Motor Yamaha untuk Akselerasi Optimal

Ciri-ciri pertama adalah laju motor tersendat ketika dilajukan. Hal ini bisa dirasakan ketika melaju pada kondisi pelan ataupun cukup cepat. Nantinya laju motor terasa tak stabil seperti terguncang. Hal tersebut disebabkan perputaran rantai dan roda yang tak berfungsi optimal.

Tak hanya itu, masalah yang juga dijumpai pada gear motor untuk tanjakan ini dikarenakan seal penghubung antar mata rantai sudah getas oleh pemakaian. Rantai motor kemungkinan besar mengalami aus, serta gear motor kondisinya sudah lancip karena terkikis.

  • Rantai renggang

Hal ini dapat dilihat pada bagian bawah rantai dengan posisi mengayun. Masalah ini membuat rantai tak lagi presisi dalam menyalurkan tenaga dari mesin pada roda belakang. Anda dapat mengecek kerusakan ini secara kasat mata, dimana rantai posisinya tak lagi kencang. Bila mengalaminya, ganti segera rantai lama Anda dengan yang baru.

  • Rantai sulit untuk disetel

Bila Anda menjumpai rantai motor kendor lalu mencoba memperbaiki posisinya, maka hal itu akan sulit dilakukan bila memang terjadi kerusakan. Rantai kemungkinan besar telah aus, memotong ruas rantai bahkan tak berpengaruh untuk bisa mengencangkan posisinya.

  • Suara berisik

Ciri-ciri kerusakan termasuk pada gear motor untuk tanjakan yang terakhir adalah timbulnya suara berisik seperti rantai copot. Kondisi ini menjadi yang paling mudah dikenali bila terjadi masalah pada gear motor Anda. Suaranya akan terdengar kasar dan tak seperti biasanya.

Itulah beberapa informasi tentang tarikan maksimal dengan gear motor untuk tanjakan, pilihlah merk gear motor terbaik agar kalian mendapatkan gear motor yang berkualitas. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi anda dalam memilih gear motor yang lebih baik.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.

Tags