8 Merk Alat Bantu Dengar yang Bagus dan Berkualitas

ngulasmerk

Ada kondisi di mana seseorang mengalami gangguan fungsi pendengaran sehingga membutuhkan alat bantu dengar. Bagaimanapun juga telinga merupakan salah satu dari panca indra yang sangat penting sehingga ketika terjadi gangguan fungsi pendengaran maka cukup mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, bisa memilih merk alat bantu dengar yang bagus sesuai dengan rekomendasi.

Alat bantu dengar atau disebut dengan hearing aid kit sengaja didesain khusus untuk orang-orang yang mengalami gangguan pendengaran sehingga dapat mendengar lebih jelas. Dengan begitu komunikasi pun akan lebih nyaman. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai tips memilih alat bantu dengar serta rekomendasi merek yang bagus.

Tips Memilih Alat Bantu Dengar yang Bagus

Sebenarnya semua jenis alat bantu dengar mempunyai fungsi dan cara kerja yang sama. Namun harus tetap memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan merek mana yang paling nyaman digunakan. Di bawah ini merupakan tips untuk membeli alat bantu dengar yang perlu diperhatikan.

Kenali Jenis Gangguan Pendengaran

Lakukanlah konsultasi ke dokter spesialis THT untuk tahu tingkat keparahan serta jenis gangguan pendengaran yang dialami. Alat bantu dengar biasanya digunakan oleh orang-orang yang mengalami gangguan pendengaran sensorineural, ya itu kerusakan saraf pada telinga.

Sedangkan untuk orang-orang yang mengalami gangguan pendengaran konduktif, cara yang paling tepat yaitu mengonsumsi obat-obatan atau melakukan tindakan operasi, alih-alih menggunakan alat bantu dengar.

Menentukan Bentuk dan Ukuran yang Pas

Ketika memilih merk alat bantu dengar yang bagus, tentukan dulu bentuk dan ukuran dengan cara menyesuaikannya dengan telinga. Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis bentuk dari alat bantu dengar, seperti menempel di bagian daun telinga, tertanam pada liang telinga, atau masuk di sebagian liang telinga.

Setiap bentuk dari alat bantu dengar juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. Untuk alat bantu dengar yang terpasang di daun telinga memang sangat terlihat, tetapi lebih stabil untuk menangkap suara.

Sementara alat bantu dengar yang dipasang di dalam daun telinga memiliki ukuran lebih kecil tetapi pemasangannya cukup sulit karena bagian ujungnya harus pas di bagian bukaan liang telinga. Hari ini bertujuan supaya alat bantu dengar tersebut tidak mudah copot.

Baca Juga :  Ketahui 4 Ciri-ciri Kapasitor Mesin Cuci Lemah

Memperhatikan Fitur Tambahan

Fungsi utama dari alat bantu dengar memang untuk membantu para penderita gangguan pendengaran sehingga bisa mendengarkan dengan baik. Namun selain fungsi utama tersebut, beberapa jenis alat bantu dengar juga menambahkan fitur lainnya.

Misalnya yaitu peredam suara berisik, koneksi ke perangkat HP atau laptop, dan isi ulang daya lewat charger. Perhatikan beberapa fitur tambahan tersebut ketika membeli merek alat bantu dengan yang bagus.

Menyesuaikan Anggaran

Setiap jenis alat bantu dengar memiliki harga yang berbeda-beda. Biasanya alat bantu dengar dengan fitur tambahan juga dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang biasa. Untuk itu, sesuaikan anggaran yang dimiliki dengan alat bantu dengar yang akan dibeli.

Seperti halnya ketika memberi barang elektronik lainnya, fasilitas masa garansi juga harus diperhatikan. Pastikan membeli alat bantu dengar yang memberikan garansi sehingga akan mendapatkan jaminan apabila sewaktu-waktu mengalami kerusakan.

Inilah Merk Alat Bantu Dengar yang Bagus dan Berkualitas

Setelah mengetahui tips atau panduan dalam memilih merek alat bantu dengar yang bagus, selanjutnya akan dijelaskan mengenai beberapa merek yang direkomendasikan. Berikut ini merupakan beberapa merk alat bantu dengar yang bagus dan berkualitas untuk kamu yang membutuhkannya.

1. Axon K-88

Sumber: shopee.co.id

Fiturnya:

  • Bisa isi ulang daya dengan charger
  • Praktis dan simple tanpa kabel
  • Dibekali 4 buah plus

Harga: Rp138.000

Merk alat bantu dengar Axon K-88 sangat praktis karena bisa diisi ulang menggunakan charger, bukan tipe yang menggunakan baterai, sehingga bisa lebih menghemat pengeluaran. Namun harus tetap melakukan pengisian daya rutin supaya alat ini dapat digunakan.

Ukurannya juga tergolong kecil dan praktis karena wireless atau tanpa kabel sehingga lebih leluasa ketika digunakan. Selain itu, produk ini juga dibekali adanya 4 buah earplug yang bentuk dan ukurannya berbeda-beda. Dengan begitu maka dapat menyesuaikan bentuk dan ukuran air peluk mana yang paling cocok di telinga.

Ada juga buku manual untuk panduan dalam melakukan pengaturan pada alat bantu dengar ini sehingga lebih mudah. Alat bantu dengar ini juga dikemas menggunakan case sehingga penyimpanannya bisa lebih rapi.

2. Siemens Pockettio Hearing Aid Poket

Sumber: tokopedia.com

Fiturnya:

  • Bentuk unik seperti MP3
  • Dapat diatur menggunakan obeng
  • Untuk penderita gangguan pendengaran sedang hingga berat

Harga: Rp3.937.500

Alat bantu dengar yang satu ini bentuknya seperti MP3 dan bisa disimpan pada saku pakaian. lain halnya dengan alat bantu dengar yang sebelumnya, yang satu ini menggunakan batu baterai ukuran AA untuk bisa menjalankan fungsinya.

Merk alat bantu dengar yang bagus ini dapat digunakan oleh penderita gangguan pendengaran sedang hingga berat, yaitu 60 hingga 110 desibel. Uniknya lagi, untuk mengatur volume pada alat bantu dengar ini sangat mudah.

Baca Juga :  10 Merk Matras Protector Terbaik & Berkualitas

Ada satu sisi earbud pada produk ini sehingga hanya dapat digunakan di satu sisi telinga saja. Alat bantu dengar ini juga bisa dilakukan pengaturan sendiri menggunakan obeng.

3. Harmed CTS 99

Sumber: shopee.co.id

Fiturnya:

  • Praktis tanpa kabel
  • Volume bisa diatur
  • Ukuran eartrip yang berbeda

Harga : Rp240.100

Merk alat bantu dengar ini sangat cocok untuk kamu yang suka menggunakan alat bantu dengar praktis tanpa kabel. Dengan begitu maka lebih nyaman saat bergerak dan tidak ribet.

Selain itu, merk alat bantu dengar yang bagus ini pun dibekali adanya eartrip yang ukurannya beraneka ragam sehingga dapat disesuaikan dengan telinga supaya lebih nyaman. Alat bantu dengar ini termasuk jenis Behind The Ear (BTE) sehingga tidak akan mengganggu penampilan karena tersembunyi di belakang daun telinga.

Warnanya juga sama dengan warna kulit jadi tidak akan terlihat jelas. Untuk volume dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Alat bantu dengar ini bisa berfungsi dengan menggunakan baterai sehingga tidak perlu melakukan pengisian daya secara rutin.

4. Livotech Bion BTE C-108

Sumber: shopee.co.id

Fiturnya:

  • Model BTE
  • Mengurangi suara noise
  • Bisa digunakan di telinga kiri atau kanan

Harga: Rp425.000

Untuk yang membutuhkan merk alat bantu dengar yang bagus untuk meredamkan suara bising, produk ini sangat tepat dipilih. Produk ini mempunyai tombol pengatur dengan kode H untuk meredakan noise, kode O untuk off, dan kode N untuk mode normal work.

Alat ini bisa berfungsi dengan cara dilakukan pengisian daya menggunakan charger jadi tidak perlu baterai untuk mengoperasikannya. Saat menggunakannya juga tidak akan mengganggu penampilan karena memiliki model BTE yang tersembunyi di belakang daun telinga.

Alat bantu pendengaran ini memang dirancang dalam bentuk yang ergonomis sehingga nyaman ketika digunakan di telinga kanan maupun kiri. Selain itu juga terdapat kotak akrilik untuk wadah penyimpanannya supaya lebih rapi dan tidak mudah hilang.

5. CIC Digital Hearing Aid

Sumber: tokopedia.com

Fiturnya:

  • Dipasang di dalam lubang telinga
  • Dibekali ear plug silikon
  • Terdapat pengaturan volume

Harga: Rp2.450.000

Bagi yang mementingkan nilai estetika produk yang satu ini merupakan produk alat bantu dengar terbaik. Pasalnya, produk yang satu ini merupakan jenis CIC (Completely In Canal) yang bisa dipasang di dalam lubang telinga dan ukurannya paling kecil.

Orang yang bisa menggunakan alat bantu dengar jenis ini yaitu gangguan pendengaran ringan sampai sedang. Selain itu, produk ini bisa dioperasikan dengan cara melakukan pengisian ulang daya menggunakan charger sehingga tidak butuh batu baterai untuk mengoperasikannya.

Baca Juga :  Rekomendasi 10 Merk Bor Duduk Terbaik yang Patut Dicoba

Keunggulannya lagi, produk ini dilengkapi earplug silikon sehingga empuk di telinga dan nyaman digunakan. Terdapat pengontrol volume yang memungkinkan penggunanya untuk mengatur volume dengan mudah.

6. Onemed HA-125 Hearing Aid

Sumber: shopee.co.id

Fiturnya:

  • Harga terjangkau
  • Ukuran earplug berbeda
  • Desain yang nyaman digunakan

Harga: Rp200.000

Untuk merk alat bantu dengar yang bagus selanjutnya yaitu Onemed HA seri 125. Produk ini menggunakan model BTE sehingga bisa dipasang di bagian belakang daun telinga dan tidak akan mengganggu penampilan.

Produk ini di desain sedemikian rupa sehingga memiliki nilai ergonomis, jadi tentunya sangat nyaman ketika digunakan. Untuk pengemasannya menggunakan kotak kecil jadi bisa disimpan rapi di dalam kotak tersebut.

Bagi orang-orang yang menderita gangguan pendengaran yang sangat aktif bergerak maka produk ini sangat cocok digunakan karena didesain tanpa kabel. Dengan begitu tentunya lebih leluasa saat bergerak dan nyaman saat dipakai.

Produk ini memiliki 3 earplug yang ukurannya berbeda-beda sehingga dapat disesuaikan dengan kenyamanan di telinga. Ada berbagai fitur tambahan yang membuat alat bantu dengar ini memiliki fungsi dan kinerja lebih optimal.

7. Cybersonic Hearing Aid

Sumber: shopee.co.id

Fiturnya:

  • Model BTE
  • Pas untuk telinga anak-anak
  • Tombol pengatur volume

Harga: Rp47.500

Perlu diketahui bahwa merek alat bantu dengar yang satu ini mempunyai ukuran kecil sehingga cocok digunakan oleh anak-anak yang menderita gangguan pendengaran. Produk ini merupakan jenis BTE yang tidak mudah lepas dan bisa dipasang secara tersembunyi di bagian belakang daun telinga. Jadi untuk orang-orang yang sangat mengutamakan penampilan, merk alat dengar yang satu ini sangat cocok untuk digunakan.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi adanya tombol pengatur volume yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap orang. Meskipun dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan lainnya produk ini bisa didapatkan dengan harga terjangkau di pasaran.

8. TaffOmicron K-88 Hearing Aid

Sumber: shopee.co.id

Fiturnya:

  • Flexible
  • Dilengkapi pouch mini
  • Suara lebih keras

Harga: Rp210.200

Produk alat bantu dengar yang satu ini merupakan pilihan yang tepat untuk kamu karena memiliki kualitas yang bagus. Bagi yang membutuhkan alat bantu dengar yang dapat menangkap suara lebih baik, produk ini menjadi pilihan pertama karena dapat menghasilkan suara yang lebih keras. Selain itu, merk alat bantu dengar yang bagus ini juga fleksibel karena dirancang tanpa kabel sehingga cocok untuk orang yang suka bergerak aktif supaya lebih leluasa.

Alat bantu dengar ini memiliki ukuran kecil dengan warna beige sehingga tidak akan mengganggu penampilan karena warnanya seperti warna kulit. Untuk tempat penyimpanannya menggunakan pouch mini sehingga dapat dibawa ke mana saja dengan mudah.

Untuk pengoperasian alat bantu dengar ini tidak menggunakan baterai tetapi dengan melakukan pengisian daya rutin. Selain itu, produk ini dilengkapi adanya replacement earbuds sehingga tetap nyaman ketika menggunakan produk ini.

Itulah beberapa merk alat bantu dengar yang bagus untuk orang-orang yang mengalami gangguan pendengaran rendah, sedang, hingga tinggi. Karena ada beberapa produk yang direkomendasikan, maka bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang tersedia.

Referensi

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.